Yuk Pahami Apa Itu Speech Delay Pada Anak?

by Mujahid Sahroni
YuK Pahami Apa Itu Speech Delay Pada Anak?

Setiap orang tua pastinya tidak ingin anak mereka mengalami keterlambatan baik dalam hal bicara dan hal lainnya. Ini sering jadi momok yang cukup menakutkan bagi orang tua. Terlebih untuk mereka yang waspada pada semua perkembangan anak. Sering kali terjadi adalah speech delay yang terlambat disadari oleh orang tua. Apa itu speech delay dan apa penyebabnya yang perlu untuk diketahui oleh parents? Speech delay sendiri adalah keterlambatan bicara pada anak yang sudah memasuki usia di atas 3 tahun. Penyebabnya yang berbeda-beda juga membuat kasus yang dialami orang tua pastinya berbeda. Berikut ini beberapa tanda umum anak mengalami Speech Delay :

1. Tidak mencari sumber suara

Pada umumnya anak usia satu tahun ke atas akan selalu mencari suara di dekat mereka. Bahkan jika ada suara pintu tertutup atau terbuka mereka akan mencari sumber suara. Jika anak abai pada suara di sekitar ini juga bisa jadi tanda anak mengalami keterlambatan berbicara.

2. Kosa kata tidak bertambah

Kata-kata yang anak ucapakan umumnya baru “ma” atau “pa” namun seiring dengan berkembangnya usia maka kosa kata yang dimiliki juga akan ikut bertambah. Jika kosa data ini tidak bertambah dalam waktu beberapa bulan maka perlu untuk waspada dan melihat perkembangan anak.

3. Tidak bisa mengikuti perintah sederhana

Pemahaman seorang anak pada perintah sederhana yang diberikan orang tuanya juga bisa jadi salah satu ciri anak yang mengalami keterlambatan. Ini harus jadi pertimbangan orang tua jika anak usianya sudah cukup besar tapi tak bisa memahami perintah sederhana.

4. Bahasa yang tidak dipahami orang lain

Di atas usia 3 tahun sering kali bahasa anak masih bercampur. Namun mereka sudah dapat mengucapkan kata demi kata secara jelas. Patut diperhatikan jika di usia lebih dari 4 tahun bahasa anak masih belum bisa dipahami orang disekitarnya. Ini dapat juga menjadi tanda anak mengalami masalah pembahasaan yang harus segera diatasi oleh orang tua. Dengan lebih perhatian pada anak dan dibantu dengan Aqqlio, maka speech delay bisa segera diatasi.

You may also like