Waspada Bahaya Mengancam Pengguna GB Whatsapp

by Mujahid Sahroni
Waspada Bahaya Mengancam Pengguna GB Whatsapp

Aplikasi Mod Whatsapp yang paling banyak dipakai saat ini adalah GB Whatsapp. Banyak sekali fitur menarik yang sangat berbeda dengan whatsapp originalnya, seperti bisa mengetahui pesan yang telah dihapus, bisa menyembunyikan status online, dan fitur menarik lainnya. Namun waspadalah bahaya yang mengancam pengguna GB Whatsapp sebagaimana dijelaskan sentravaksincimahi.id berikut ini.

Bahaya Mengancam Pengguna GB Whatsapp

Aplikasi media sosial whatsapp yang dikembangkan oleh pihak ketiga yaitu GB Whatsapp mengandung beberapa bahaya yang mengancam penggunanya. Hal ini dikarenakan aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi dan memerlukan pihak ketiga untuk mengolah datanya. Secara tampilan dan performa sebenarnya fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini sangatlah menarik dan tidak ada dalam versi orisinalnya.

Selain percakapan juga ada fitur tambahan seperti mengirim pesan terjadwal, mematikan koneksi internet, membaca pesan terhapus, menghilangkan status online dan masih banyak yang lainnya. Namun sederet fasilitas gratis ini tentu menyimpan bahaya karena pihak ketiga tidak bertanggung jawab terhadap fungsinya.

Beberapa bahaya yang mungkin bisa mengancam pengguna WA GB adalah sebagai berikut :

1. Tidak adanya enkripsi

Ketika memakai Whatsapp versi original ada suatu sistem yang biasanya diberlakukan yaitu end-to-end encryption (enkripsi data) sehingga menyebabkan seluruh pecakapan di dalam aplikasimu tidak bisa silihat siapapun. Keamanan dan kenyamanan inilah yang ditawarkan oleh whatsapp dan tidak dimiliki oleh aplikasi modifikasinya.

Pada umumnya aplikasi Whatsapp modifikasi tidak mempunyai fasilitas enkripsi end-to-end sehingga memungkinkan data bocor ke pihak ketiga dan menjadi ancaman keamanan terutama privasi dari para penggunanya.

2. Tidak bisa melakukan pembaharuan

Bila pada versi orisinalnya program pembaruan aplikasi akan secara otomatis dilakukan. Pembaruan lewat update sering kita temui dari pop up yang muncul. Namun pada aplikasi Whatsapp modifikasi cenderung akan sulit karena tidak bisa dilakukan otomatis. Pengguna biasanya diharuskan masuk ke berbagai link tautan yang bisa saja mengandung malware dan membahayakan ponselmu.

3. Pemblokiran oleh versi orisinal

Bila menggunakan aplikasi modifikasi, maka kemungkinan besar akan membuat akun Whatsappmu terblokir. Versi original ini telah berkomitmen bahwa mereka akan menindak tegas para pengguna Whatsapp ilegal dengan melakukan pemblokiran akun mereka mulai sementara hingga permanen. Mereka juga menyatakan tidak akan bertanggung jawab atas tidak berfungsinya aplikasi di gawai karena validasi keamanan tidak ada.

4. Bisa membahayakan ponselmu

Whatsapp modifikasi juga menyimpan bawaan virus dan malware yang bisa saja menyerang ponselmu. Aplikasi ini bisa saja menyuntikkan spyware dan malware karena jaringan pengamanan tidak ada dan memakai pihak ketiga. Mereka tidak akan bertanggung jawab apabila banyak virus yang merusak ponselmu dan merusak kemanan privasi penggunanya.

5. Iklan yang sering muncul

Salah satu hambatan nyata ketika menggunakan aplikasi whatsapp modifikasi satu ini adalah banyaknya iklan yang muncul secara tiba – tiba. Para pengembang aplikasi ini biasanya memperoleh pendapatan tambahan dari berbagai macam iklan yang dipasang pada aplikasinya. Keberadaan iklan ini juga sangat mengganggu penggunanya saat sedang menjalankan aplikasi.

Iklan yang kerap muncul tersebut menguasai mayoritas penggunaan aplikasi. Bahkan tidak jarang iklan tersebut mengandung virus serta menggiring para penggunanya untuk memasuki situs yang berbahaya. Inilah yang menjadikannya harus dipertimbangkan lagi sebelum kamu menggunakannya.

Setelah mengetahui bahaya yang bisa mengancam bila menggunakan GB Whatsapp diatas, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Berbagai fitur menarik yang ditawarkan memang sangat menggoda untuk dicoba namun sepertinya tidak sebanding dengan resiko yang akan diterima. Tetapi bila kamu tetap penasaran dengan aplikasi satu ini, maka kamu bisa mencobanya untuk sekedar bersenang-senang.

Originally posted 2022-09-30 07:39:01.

You may also like