Tips Memulai Bisnis Toko Listrik

by Mujahid Sahroni
Tips Memulai Bisnis Toko Listrik

Anda bingung harus bisnis apa pada saat ini? Sempat terbersit keinginan menjalankan bisnis toko listrik? Secara teknis bisnis ini jelas susah-susah gampang seperti bisnis pada umumnya. Tidak ada yang instan, perlu membekali informasi baik media cetak maupun elektronik. Sumber-sumber informasi sangat mudah didapat, tinggal kunjungi situs thecityfoundry.com atau bertanya kepada praktisi yang sudah berpengalaman. Hal-hal semacam itu sudah lumrah dan harus dilewati, sebelum anda memulai perjalanan bisnis anda ini, ada baiknya mempelajari tips dan strategi dalam memulai bisnis toko listrik. Berikut ini merupakan beberapa langkah-langkah atau tips bisnis toko listrik, sebagai berikut :

1. Perhatikan modal usaha

Anda sebagai pemilik toko usaha, pastinya harus memikirkan berapa yang harus anda keluarkan untuk modal awal anda. Modal awal pada toko listrik biasa, pada umumnya berupa sewa tempat usaha, persediaan barang yang akan di jual, etalase atau rak, listrik tempat usaha anda, air di tempat usaha anda, gaji karyawan jika anda memiliki karyawan, pembuatan papan nama atau spanduk, periklanan, dan lain sebagainya. Kemungkinan modal awal usaha anda untuk membuka toko listrik biasa tidaklah terlalu besar biayanya dibandingkan anda membuka usaha toko listrik yang berupa barang-barang elektronik seperti AC, kipas angin, rice cooker, kulkas, televisi, dan alat elektronik lainnya.

2. Menentukan dan menjalin kerja sama dengan Supplier

Jika anda ingin menjalankan bisnis toko listrik, maka anda harus memiliki kerja sama dan komunikasi yang baik dengan supplier penyedia barang peralatan listrik bagi usaha anda. Namun jangan lupa, anda juga harus memilih atau menentukan supplier yang berkualitas. Bagaimana pun pelanggan pastinya akan mencari barang yang berkualitas bukan? Maka dari itu, anda membutuhkan partner bisnis supplier yang memiliki kerja kualitas dan barang yang berkualitas pula. Setelah memilih supplier untuk partner bisnis anda, jalinlah komunikasi dan juga kerja sama yang baik.

3. Menentukan harga jual

Anda harus menentukan harga jual yang tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah juga. Anda bisa melakukan riset mengenai harga yang di jual oleh beberapa kompetitor anda dan juga dari modal pembelian stok barang anda tersebut. Ciptakan keuntungan secara perlahan dan bertahap.

4. Menyediakan barang lengkap

Dengan anda menyediakan barang yang dibutuhkan konsumen secara lengkap, hal ini akan membuat anda mendapatkan konsumen tetap. Dan beberapa konsumen anda, bisa saja mempromosikan toko listrik anda ke kerabat terdekat anda.

You may also like