Tips Memilih Apartemen Murah di Jakarta Barat

by Mujahid Sahroni
Tips Memilih Apartemen Murah di Jakarta Barat

Permintaan hunian yang semakin tinggi di daerah Jakarta Barat tidak sebanding dengan ketersediaan lahan. Hal inilah yang mengakibatkan semakin menjamurnya keberadaan apartemen. Selain merupakan tipe hunian yang pas untuk dibangun di daerah yang padat seperti Jakarta, keberadaan apartemen juga disambut baik oleh orang-orang yang menganut gaya hidup praktis. Nah, berikut ini akan diberikan beberapa tips memilih apartemen murah di Jakarta Barat. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Pertimbangkan Lokasi Yang Strategis

Kebanyakan apartemen memang dibangun di lokasi yang strategis seperti dekat dengan perkantoran, sekolah, Mall, dan berbagai fasilitas publik lainnya. namun, tetap saja faktor yang satu ini tidak bisa disepelekan.

Ketika hendak memilih apartemen murah di Jakarta Barat, pertimbangan jarak apartemen dengan kantor atau berbagai fasilitas umum lainnya. jika dirasa terlalu jauh dari kantor, maka tentu akan membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama.

Selain itu, memilih lokasi apartemen yang dekat dengan berbagai fasilitas publik tentu saja dapat lebih memudahkan akses dan aktifitas sehari-hari.

2. Mengecek Kelengkapan Fasilitas Utama Maupun Penunjang

Serupa dengan lokasi, hampir seluruh apartemen dibangun dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang menarik. Mulai dari pusat perbelanjaan, arena olahraga, hingga taman rekreasi.

Tak ada salahnya untuk mengecek kelengkapan fasilitas tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sangat disarankan untuk tidak mudah tergiur dengan berbagai fasilitas menarik namun ternyata tidak terlalu dibutuhkan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir pengeluaran yang berlebihan.

Beberapa fasilitas penting yang harus menjadi fokus utama adalah ketersediaan layanan keamanan baik itu security maupun perangkat keamanan seperti CCTV. Selain itu, ketersediaan lahan parkir juga harus diperhatikan terlebih apabila memiliki kendaraan.

Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah ketersediaan pusat perbelanjaan kebutuhan harian. Sebab, akan merepotkan jika sewaktu-waktu membutuhkan persediaan bahan makanan namun lokasi tempat tinggal cukup jauh dari pusat perbelanjaan.

3. Memperhatikan Harga Beli Maupun Biaya Lainnya

Beberapa orang beranggapan bahwa saat membeli atau menyewa apartemen, maka biaya yang dikeluarkan hanya berdasarkan harga yang ditawarkan. Padahal, sebenarnya tidak demikian. Sebab terdapat biaya lain yang jumlahnya tidak sedikit.

Seperti misalnya biaya pemeliharan dan iuran-iuran tambahan lainnya yang dikeluarkan rutin setiap bulan. Semakin rinci hitungan yang dibuat, maka tentu akan semakin baik. Sehingga orang yang akan menyewa apartemen dapat menyesuaikan pengeluaran dengan budget yang ada.

Selain itu, biasanya harga sewa apartemen di Jakarta Barat juga berbeda-beda. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah posisi unit dengan pemandangan atau view yang berbeda-beda. Kemudian terkait sistem pembayaran juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

Ketika hendak membeli apartemen, usahakan membayar secara tunai. Sebab, membayar secara tunai akan mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, biasanya terdapat potongan harga yang lumayan besar.

Sementara untuk cara pembelian tunai bertahap biasanya memakan waktu hingga 5 tahun. Atau alternatif lainnya dapat mencoba kredit kepemilikan apartemen guna mendapatkan tempo cicilan lebih lama, hingga 15 tahun.

4. Memilih Pengembang Yang Terpercaya

Agar proses transaksi lebih aman dan lancar, pilihlah pengembang yang sudah pasti rekam jejaknya. Hal ini dapat dicek melalui internet. Pastikan bahwa developer memiliki tanggung jawab yang baik.

Akan   menjadi poin plus apabila setiap proyek yang dikembangkan oleh developer dapat menarik minat pasar. Hal ini merupakan salah satu jaminan bahwa developer dapat dipercaya dan memiliki produk yang berkualitas.

5. Pertimbangkan Peluang Investasi

Hal terakhir yang dapat menjadi pertimbangan adalah gambaran investasi. Sebaiknya, ketika membeli atau menyewa apartemen, jangan hanya berpikir untuk dihuni sementara saja. Tak ada yang tau suatu saat nanti kebutuhan sudah berbeda, dan mengharuskan untuk pindah ke tempat baru.

Ketika hal itu terjadi, unit apartemen yang lama dapat disewakan atau dijual kembali. Sehingga akan lebih memudahkan apabila sebelumnya memilih unit yang strategis dan lengkap.

Nah, itulah beberapa tips memilih apartemen murah di Jakarta Barat. Dalam membeli atau menyewa apartemen, sebaiknya mempertimbangkan 5 hal diatas. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

You may also like