Tips Melamar Pekerjaan yang Perlu Diketahui

by Mujahid Sahroni
Tips Melamar Pekerjaan yang Perlu Diketahui

Melamar pekerjaan tentu hal yang sangat penting. Dengan demikian, mengirim lamaran kerja harus memperhatikan berbagai ketentuan yang ada. Hal ini, supaya seseorang dapat diterima pada perusahaan dengan posisi yang diinginkan. Adapun, ada beberapa tips melamar pekerjaan yang bisa diterapkan ketika melamar. Mau tahu apa saja? Berikut uraiannya dikutip laman Jooble :

1. Memakai Alamat Email yang Sesuai

Pertama, agar seseorang dapat diterima pekerjaan pada suatu tempat yang diinginkan, maka pastikan nama emailnya sesuai. Email yang sesuai disini maksudnya adalah sesuai dengan nama pelamar. Hindari nama-nama email yang susah untuk dibaca.

Sebab, hal ini berpengaruh pada proses rekrutmen. Sebab, tidak jarang HRD yang menilai dari nama emailnya. Jadi jangan sampai, pelamar tidak diterima perusahaan, hanya karena nama email yang susah dibaca atau tidak sesuai.

2. Sosial Media Pelamar

Untuk tips melamar pekerjaan yang selanjutnya yakni mengenai profil dari sosial media pelamar. Tips sukses yang satu ini, yakni pelamar harus membuat profil sosial media yang berkesan bagi HRD. Sebab, tidak jarang sekarang para HRD mengintip suatu profil dari para pelamarnya.

Dengan demikian, HRD akan mempertimbangkan mengenai rekrutmen tersebut. Jadi, apabila ada perusahaan yang diharuskan para pelamarnya untuk melampirkan alamat media sosial. Maka, pelamar harus memastikan bahwa apapun yang ada di sosial medianya, harus baik setidaknya tidak ada unsur yang akan mengurangi penilaian.

3. Buat CV yang Relevan dan Menarik

Suatu CV memang sangat penting keberadaannya yang berkaitan dengan melamar pekerjaan. Maka dari itu, pelamar harus sangat memperhatikan CV, buatlah semenarik mungkin tapi tetap relevan. Pelamar bisa lihat pada contoh surat lamaran kerja, agar bisa membuat CV yang sesuai. Paling penting membuat CV harus bisa membuat pembaca memahami mengenai jati diri seseorang tersebut.

Sebenarnya, untuk membuat CV bisa diawali dengan perkenalan diri dengan singkat. Kemudian, disertakan dengan pengalaman, Pendidikan, keahlian dan lainnya. Namun, pastikan bahwa itu sesuai dengan apa yang dilamar. Jangan mencantumkan informasi yang tidak berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

4. Pilih Bidang Pekerjaan yang Sesuai

Agar bisa berhasil diterima, maka tips melamar pekerjaan yang berikutnya yakni pilih bidang pekerjaan yang sesuai. Sebaiknya, ketika akan melamar pekerjaan, pilih bidang yang sama. Dimana pelamar pernah punya pengalaman di bidang tersebut.

Sebab, hal ini akan bisa membuat HRD merasa terkesan sekaligus jadi nilai plus. Tidak hanya itu, memanfaatkan pengalaman kerja yang sebelumnya akan membuat pelamar bisa menduduki posisi tersebut pada perusahaan yang akan dilamar selanjutnya. Sebab, tidak jarang para HRD merekrut pegawai yang sudah memiliki pengalaman di bidang tersebut.

Itulah tadi beberapa tips melamar pekerjaan yang bisa diperhatikan dan diterapkan. Supaya nantinya, pelamar bisa berhasil diterima, namun pastikan kelengkapan data yang akan dikirim. Selain itu, jika menggunakan email, pastikan pada bagian isi diberikan sebuah kalimat, tidak hanya mencantumkan file berkas saja.

You may also like