Thermoplastics yang Umum Digunakan di Pabrik Plastic Injection

by Mujahid Sahroni
Pabrik Plastik Injection

Cetakan injeksi termoplastik adalah cara paling umum untuk membuat bagian-bagian plastic di pabrik plastic injection. Termoplastik adalah polimer yang dapat dilebur atau dilunakkan berulang kali dengan pemanasan dan dipadatkan dengan pendinginan. Penting untuk membedakan jenis termoplastik apa yang harus digunakan untuk jenis produk yang ingin Anda ciptakan. Di bawah ini adalah termoplastik yang paling umum digunakan dalam cetakan injeksi.

Acrylonitrile Butadiene Styrene
Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) adalah polimer termoplastik dan amorf yang buram. Ini adalah terpolymer (kopolimer yang terdiri dari tiga monomer berbeda) dari Acrylonitrile, Butadiene, dan Styrene. Bersama-sama mereka menciptakan produk yang fleksibel dan ringan yang dapat dicetak menjadi banyak item yang kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.
ABS biasanya dalam pembuatan sistem pipa penyaringan, klarinet plastik, kepala klub golf, suku cadang otomotif, peralatan umum di dapur, balok LEGO, dan banyak produk lainnya.

Polyethylene
Polyethylene adalah polimer termoplastik dengan struktur kristal variabel dan berbagai aplikasi yang sangat besar tergantung pada jenis tertentu. Ini adalah salah satu plastik paling fleksibel dan paling populer di dunia sejak 1950-an ketika dikembangkan oleh ilmuwan Jerman dan Italia. Penggunaan utama Polyethylene di pabrik plastic injection adalah kantong plastik, film plastik, wadah termasuk botol, dan geomembran.

Polikarbonat
Plastik polikarbonat (PC) adalah termoplastik amorf transparan secara alami. Plastik ini digunakan untuk menghasilkan berbagai bahan dan sangat berguna ketika resistensi dampak dan transparansi merupakan persyaratan (misalnya kaca anti peluru). PC umumnya digunakan untuk rumah kaca, disk digital seperti DVD, lensa kacamata, peralatan medis, komponen otomotif, dan telepon seluler.

Poliamida (Nilon)
Bahan nilon digunakan di pabrik plastic injection dalam berbagai aplikasi yang berbeda karena sifat kelistrikannya, ketangguhannya, ketahanan aus dan ketahanan kimia yang cukup mengesankan. Nilon memiliki tingkat stabilitas yang tinggi (membantu dengan kekuatan) dan tahan terhadap banyak faktor eksternal seperti abrasi, benturan, dan bahan kimia. Bahan ini menghasilkan komponen plastik yang digunakan di banyak industri seperti Produk medis, Produk otomotif, Peralatan olahraga, Pakaian dan alas kaki, beserta Komponen industri.

High Impact Polystyrene (HIPS)
High Impact Polystyrene (HIPS) adalah plastik yang populer dan tangguh yang ada di keluarga Polystyrene. Polystyrene rapuh dan dapat dibuat lebih tahan benturan jika dikombinasikan dengan bahan lain (dalam bentuk ini dikenal sebagai HIPS). Bahan ini memiliki biaya rendah, memiliki stabilitas dan kekakuan dimensi yang baik. Ada nilai-nilai FDA yang tersedia karena tidak beracun dan digunakan sebagai bahan pembuatan wadah untuk banyak makanan di pabrik plastic injection.

Polypropylene
Ini adalah plastik yang sangat umum yang dikenal karena fleksibilitasnya. PP (polypropylene) adalah plastik yang sangat dinamis dan telah diperparah untuk berbagai sifat. Beberapa karakteristik dari plastik ini adalah titik lelehnya yang tinggi, ketahanan yang tinggi terhadap stres dan retak, kekuatan impak yang luar biasa, dan tidak mudah hancur akibat reaksi dengan air, asam, dan deterjen.
PP aman untuk digunakan sebagai wadah makanan karena tidak larut bahan kimia ke dalam produk makanan. Bahan ini dapat ditemukan dalam barang-barang rumah tangga seperti peralatan, pakaian atletik, karpet, dan suku cadang otomotif seperti baterai mobil.

Ada banyak lagi dasar-dasar dan ilmu pengetahuan tentang teknologi cetakan injeksi pabrik pabrik plastic injection yang bisa dibahas dalam website Dinamika Polimerindo berikutnya.

PT Dinamika Polimerindo adalah perusahaan injeksi plastik dan bengkel cetak yang tumbuh pesat di Tangerang, Indonesia. Kami menawarkan layanan cetak injeksi komponen plastik mulai dari komponen plastik desain 3D, pembuatan cetakan, komponen cetakan injeksi plastik dan perakitan komponen plastik.
Kami telah menjaga kemitraan yang kuat dengan beberapa korporasi terbesar di Indonesia sebagai pemasok bagian komponen otomotif, bagian makanan dan minuman, bagian konsumen yang baik, bagian agribisnis serta produk elektronik dan kabel sejak tahun 1996.

You may also like