Ternyata Ini Penyebab BAB Bayi Berwarna Hijau dan Berlendir

by Mujahid Sahroni
Ternyata Ini Penyebab BAB Bayi Berwarna Hijau dan Berlendir

Memang tidak dapat dimungkiri bahwa untuk merawat bayi, setiap Ibu perlu memperhatikan setiap hal dengan lebih teliti termasuk warna BAB. Misalnya saja, saat ini pun banyak ditemukan kondisi seperti BAB bayi berwarna hijau dan berlendir yang bisa menimbulkan rasa khawatir. Belum lagi jika kondisi tersebut dilengkapi dengan gejala yang lainnya.

Untuk perempuan yang baru pertama kali menjadi seorang Ibu, sebenarnya tidak perlu merasa khawatir lagi karena ada beberapa penjelasan terkait kondisinya. Kondisi seperti warna BAB dari bayi kesayangan yang hijau dan tidak terlihat normal bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin terjadi. Mari kenali beberapa contoh penyebabnya dalam uraian lengkap berikut ini:

1. Sedang Alami Diare

Jenis penyebab yang pertama yang bisa menyebabkan kondisi berupa warna BAB bayi yang hijau adalah bayi tengah mengalami gejala diare. Kondisi yang pertama ini sebenarnya tidak perlu membuat sangat khawatir dan bisa diatasi dengan cukup mudah dengan memberikan cairan oralit. Jenis cairan tersebut juga bisa mengatasi dehidrasi yang mungkin terjadi.

2. Ada Gigi Tumbuh

Kemudian ada juga hal yang bisa menyebabkan BAB dari bayi menjadi hijau bahkan berlendir yang sebenarnya tidak perlu membuat gelisah. Kali ini, tandanya bayi tengah mengalami pertumbuhan gigi yang baru yang membuat bayi lebih rewel dan BAB menjadi mengalami perubahan. Namun pertumbuhan gigi pada bayi ini termasuk hal yang wajar.

3. Pengobatan Penyakit Kuning

Sementara itu, jika menemukan kondisi BAB pada bayi yang memiliki warna hijau bahkan sampai kehitaman, maka bisa saja efek samping. Pada umumnya, setiap bayi yang tengah menjalani proses perawatan penyakit kuning akan memiliki BAB berwarna hijau dan sayangnya lebih berair. Sebaiknya Ibu lebih rajin mengganti popok untuk menghindari adanya iritasi.

4. Suplemen Zat Besi

Ternyata ada juga faktor yang menyebabkan BAB dari bayi yang berubah menjadi warna yang lebih hijau yang disebabkan oleh nutrisinya. Beberapa Ibu mungkin sudah tidak asing dengan suplemen susu khusus yang mengandung tambahan zat besi dalam skala yang cukup besar. Bahkan biasanya suplemen diberikan melalui botol susu bayi baru lahir.

5. Baru Selesai Vaksinasi

Penyebab yang terakhir yang bisa memungkinkan munculnya BAB dari bayi kesayangan yang berwarna hijau adalah bayi baru saja selesai vaksinasi. Nantinya biasanya ada perubahan ruang pada usus yang mempengaruhi BAB. Kali ini, setiap Ibu hanya perlu menunggu selama beberapa hari dengan memberikan nutrisi air yang lebih banyak dan nutrisi tambahan.

Uraian mengenai beberapa hal yang bisa menyebabkan warna dari BAB bayi menjadi hijau di atas tentu saja wajib diketahui dahulu. Apalagi ternyata ada beberapa kondisi yang wajar seperti adanya efek samping dari perawatan penyakit kuning yang menyebabkan perubahan warna BAB.

Sementara itu, untuk membantu dalam memberikan nutrisi yang tepat bagi bayi kesayangan, sebaiknya gunakan botol susu yang memang kualitas terbaik. Bahkan bisa untuk mengatasi kondisi kolik pada bayi, para Ibu disarankan menggunakan produk dari Dr.Brown’s dengan berbagai pilihan yang menarik.

Originally posted 2022-03-22 03:52:46.

You may also like