Teknologi 5G Kian Berkembang, Kabar Baik Dunia Digital di Indonesia

by Mujahid Sahroni

Kemajuan dalam telekomunikasi dimulai dengan menggunakan telepon umum ataupun telepon rumah, yang mana menjadi sebuah ide bisnis dengan mendirikan wartel dan memudahkan dalam bertukar informasi. Selanjutnya berkembang handphone dengan harga mahal, namun seiring berjalannya waktu dan munculnya kompetir dan situs review dunia teknologi semacam kdk produk, harga handphone makin terjangkau. Selanjutnya teknologi 3G yang terdapat debuah fitur untuk melakukan video call. Lalu lebig dimudahkan dengan kemajuan jaringan 4G yang sudah bisa streaming video dan berbagai fitur. Sekarang marak jaringan 5G yang memudahkan dalam komunikasi.

Layanan 5G sekarang sudah disebarkan secara komersil oleh pemerintah di seluruh Indonesia pada tahun 2021 silam. Teknologi 5G adalah layanan sistem informasi yang memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi ini maka Anda dapat dengan cepat mentransfer data dengan praktis dan nyaman, memiliki koneksi yang dapat disambungkan dengan perangkat lain seperti mobil, atau bahkan peralatan rumah tangga, memiliki kecepatan tinggi hingga satu mili per detik.

Uji coba teknologi 5G sudah dilakukan sebanyak 12 kali dimulai di tahun 2017 sampai tahun 2020. Namun di dalam sistem 5G membutuhkan jaringan 4G sebagai salah satu basis dalam operasional. Sistem yang digunakan sama seperti jaringan generasi sebelumnya yang memerlukan gelombang radio yang dibagi menjadi beberapa frekuensi berbeda. Besaran frekuensi disesuaikan dengan platform komunikasi sesuai dengan tipe. Dengan beberapa keunggulan yang dimiliki maka dapat mendorong lemajuan digital di Indonesia. Layanan ini tidak hanya dapat membantu manusia untuk berkomunikasi terhadap sesama, namun dapat mengintegrasikan jarigan komunikasi dari manusia ke mesin, dan jaringan mesin ke mesin.

Dengan beberapa keuntungan telah menggunakan teknologi 5G membantu dalam tranformasi terutama sosial dan ekonomi. Selain itu dapat menyebarkan budaya dengan cepat melalui perangkat digital. Dengan keunggulan transfer data yang cepat memudahkan untuk mengunduh serta streaming menjadi lancar dan instan serta lebih prkatis. Hingga kini teknologi ini sudah banyak membantu dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga mendorong pemerintah untuk memberi wadah seperti perangkat dan juga ekosistem jaringan ini.

You may also like