Tak Hanya Asap Pabrik, Berikut 5 Penyebab Pencemaran Udara Yang Perlu Anda Tahu

by Mujahid Sahroni
Tak Hanya Asap Pabrik, Berikut 5 Penyebab Pencemaran Udara Yang Perlu Anda Tahu

Jika anda salah satu orang yang bekerja di kota kota besar, polusi udara atau pencemaran udara adalah hal yang sering kali anda temukan. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab pencemaran udara. Salah satunya adalah asap pabrik. Namun tak hanya itu saja, berikut beberapa penyebab yang harus anda ketahui.

 

Berbagai Hal Yang Menyebabkan Udara Tercemar

  1. Pembakaran

Pembakaran sampah yang biasanya dilakukan ternyata merupakan salah satu hal yang menyebabkan udara tercemar. Pencemaran tersebut sering kali disebut dengan pencemaran udara primer. Jenis pencemaran satu ini biasanya ditimbulkan secara langsung dari sumbernya.

Sehingga dapat dikatakan ketika seseorang atau sekelompok orang melakukan pembakaran sampah akan menyebabkan timbulnya karbon monoksida yang merupakan hasil dari pembakaran. Salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan menjalani hidup dengan lebih bijak dan dengan mengurangi pembakaran sampah.

Untuk itu, sebaiknya anda bisa mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan anda. Prosedur yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan metode 3R. Reduce yakni mengurangi, reuse yakni menggunakan kembali serta recycle yang memiliki arti mendaur ulang sampah.

 

  1. Limbah Rumah Tangga

Penyebab pencemaran udara yang lainnya adalah limbah rumah tangga. Hal ini dikarenakan beberapa kegiatan yang anda lakukan di rumah pun ternyata juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan udara tercemar. Diantaranya seperti mengecat rumah dengan menggunakan bahan bahan kimia dan mampu untuk mencemari udara yang ada di lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, sebagai warga yang baik anda juga perlu untuk menjaga lingkungan agar tidak menjadi penyebab polusi udara. Dengan begitu, udara yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal anda pun akan lebih terjaga. Hal ini tentu saja akan memiliki dampak yang lebih baik kedepannya.

 

  1. Asap Pabrik

Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab pencemaran udara adalah asap pabrik. Jika anda bekerja atau bertempat tinggal di lingkungan yang dekat dengan kawasan industri, pastinya udara yang tercemar akan menjadi salah satu dampak negatif yang sering anda rasakan. Bahkan hingga setiap harinya.

Hal tersebut dikarenakan asap yang berasal dari pabrik tersebut merupakan penyebab utama dari pencemaran udara. Terlebih lagi, jika anda tinggal berdekatan dengan pabrik yang banyak dan dalam skala besar. Umumnya, jika anda tinggal di sekitar pabrik, anda akan menemukan cerobong dengan ukuran yang besar.

Adanya cerobong tersebut merupakan tempat dimana asap pabrik dikeluarkan atau dibuang. Hal tersebut tentu saja akan menghasilkan gas karbon ketika telah berada di udara. Tak hanya menyebabkan udara menjadi tercemar, asap dari pabrik ini juga bisa menyebabkan hujan asam.

 

  1. Asap Rokok

Selain asap pabrik, salah satu penyebab pencemaran udara lain yang dekat dengan kehidupan kita adalah asap rokok. Penyebab satu ini kerap kali anda temui, bahkan di rumah hingga di tempat tempat umum. Sering kali, perokok aktif tersebut tidak memperhatikan dan justru mengabaikan bahwa asap yang disebabkan karena merokok akan memiliki dampak yang sangat buruk.

Hal ini dikarenakan asap tersebut tidak hanya menyebabkan udara menjadi tercemar, melainkan memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh. Bahkan efek tersebut tidak hanya dirasakan oleh perokoknya saja, orang yang menghirup asap rokok tersebut juga akan merasakan dampak buruknya.

Oleh karena itu, jika anda merupakan perokok aktif,  ada baiknya anda mulai mengurangi untuk merokok sembarangan. Hal ini dikarenakan efek negatif yang ditimbulkan akan merugikan orang lain dan juga diri anda sendiri. Sehingga, jika anda terpaksa ingin merokok pastikan anda melakukannya di smoking room.

 

  1. Asap Kendaraan Bermotor

Sudah bukan hal yang baru jika asap kendaraan bermotor menjadi salah satu penyebab pencemaran udara yang sering anda temui di jalan. Meskipun hadirnya kendaraan bermotor menjadi salah satu penunjang kegiatan manusia setiap harinya, namun saat ini banyak orang yang memiliki lebih dari satu jenis kendaraan.

Hal ini tentu saja menyebabkan udara menjadi tercemar dan polusi. Bahkan zat yang dihasilkan pun cenderung memiliki dampak buruk untuk kesehatan dan udara. Sebut saja seperti karbon monoksida, oksida nitrogen, oksida fotokimia, hidrokarbon, suspended particulate matter, dan juga timbal atau timah hitam.

Oleh karena itu, ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan. Seperti mengurangi menggunakan kendaraan pribadi apabila anda ingin pergi ke tempat yang memiliki jarak cukup dekat. Sehingga anda hanya perlu berjalan kaki ataupun bersepeda. Kemudian, anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Beberapa penyebab dari pencemaran udara tersebut dapat menimbulkan efek yang buruk bagi tubuh dan juga lingkungan. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai sekarang anda mulai menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Salah satunya seperti Solar Panel Indonesia yang dimiliki oleh Sun Energy.

You may also like