Sudah Tahu Kota Terpanas Di Indonesia ? Simak Disini

by Mujahid Sahroni
Kota Terpanas Di Indonesia

Indonesia menjadi negara tropis, yang dikenal memilikii 2 musim saja setiap tahunnya. Namun dalam beberapa tahun belakangan, cuaca semakin sulit ditebak maunya. Terkadang matahari terlalu terik walaupun sudah memasuki musim penghujan, dan begitu pula sebaliknya.

Bahkan di beberapa kota, terserang sengatan matahari tinggi tiada henti. Kota manakah yang menyandang kota terpanas di Indonesia ? Berikut ulasannya.

 

Data Cuaca Menurut BMKG

Nampaknya matahari tiada hentinya menyinari tanah air denagn teriknya. Bahkan masyarakat Indonesia pun bisa merasakan, suhu udara panas telah melanda sejumlah daerah.

Seperti ditulis situs harapanrakyat.com, BMG telah mencatat rekor baru, mengenai suhu tinggi yang sedang melanda negaranya. Kota Semarang yang terletak di Jawa Tengah, rupanya mencetak rekor baru sebagai kota terpanas dalam 17 tahun.

Tidak tanggung tanggung, suhu udara di ktoa tersebut bisa mencapai 39,4 derajat celcius. Suhu tersebut sampai pada puncaknya, ketika memasuki pukul 13.00 WIB hingga sekitar pukul 15.00 WIB.

Dengan rekor barunya tersebut, ibu kota Jawa Tengah ini tercatat sebagai kota terpanas yang ada di Indonesia pada tahun 2019. Kondisi ini tidak bisa dikatakan sebagai rekor yang perlu dibanggakan, karena warganya merasa gerah untuk melakukan aktifitas apapun.

Sebelum memasuki suhu 29,5 derajat celcius, ternyata kota terpanas di Indonesia ini sudah lebih dulu merasakan suhu sekitar 28,5 derajat celcius pada bulan Oktober lalu. Bahkan pada bulan yang sama, suhu terus meningkat di hari berikutnya menjadi 28,7 derajat celcius.

Kemudian suhu puncak telah terjadi pada tanggal 18 Oktober 2019 lalu, dengan mencapai suhu 38,5  derajat celcius. Nampaknya kota ini telah mengalami kenaikan suhu secara perahan, namin pasti.

 

Penyebab Kota Semarang Menjadi Kota Terpanas

Peningkatan suhu yang terlalu tinggi, membuat warga Semarang sendiri merasa kualahan. Namun menurut BMKG, fenomena ekstrim ini menjadi hal yang cukup wajar terjadi disetiap tahunnya.

Suhu tinggi ini sempat trending di berbagai media sosial Indonesia, dan banyak dibicarakan oleh warganet. Dari perbincangan yang terjadi, bisa dikatakan bahwa suhu panas tidak hanya terjadi di Semarang saja.

BMKG juga menyebutkan jika bulan Oktober pada tahun 2019 ini, bisa disebut sebagai bulan terpanas sepanjang perjalanan tahun 2019. Bertambahnya suhu secara ekstrim ternyata memiliki penyebab, yaitu terjadinya gerak semu matahari.

Jalur gerak semu matahari yang terjadi Oktober lalu, nampaknya menuju Selatan garis Khatulistiwa. Sehingga tidak mengherankan bila, cuaca di berbagai wilayah Indonesia menjadi sangat panas daripada bulan bulan lalu.

Pada bulan September lalu, matahari telah sampai di sekitar wilayah khatulistiwa. Perlahan namun pasti, matahari melakukan pergerakan menuju bumi di bagian selatan hingga bulan Desember mendatang.

Oleh karena itulah pada bulan Oktober lalu, posisi gerak semu matahari berada di sekitar wilayah Indonesia pada bagian selatan. Matahariyang terus berjalan ke arah selatan, menyebabkan radiasai matahari di kota terpanas di Indonesia.

Efek yang paling bisa dirasakan akibat gerak semu matahari, siang hari matahari akan bersinar terang. Dalam kondisi tersebut, matahari menjadi lebih panas dan bersinar terik sekana berada di atas kepala.

Apabila tubuh tidak siap terhadap perubahan cuaca ekstrim, ada kemungkinan mengalami dehidrasi. Penyebab tersebut, menyebabkan wilayah Indonesia bagian selatan mengalami suhu tinggi.

Sebenarnya BMKG telah mencatat suhu optimum, dimana suhunya berkisar 24 derajat celcius dengan suhu maksimal sekitar 37,5 derajat celcius.

Sedangkan suhu di Kota Semarang pernah mencapai suhu 39,5 derajat celcius, yang jauh dari suhu optimum yang ditetapkan BMKG. Melebihi batas optimum yang ditetapkan, membuat kota Semarang dijuluki sebagai kota terpanas saat ini.

Dilihat dari kacamata sejarah tahun 1988 hingga 2017, gerak semu matahari yang terjadi masih dianggap dalam tahap normal. Pada rentan tahun tersebut, Indonesia pernah mengalami suhu udara tinggi.

Rekor suhu terpanas di Indonesia,terjadi pada tanggal 18 Oktober 2002.Sebab padatanggal tersebut, suhu panas tidak hanya terjadi di kota terpanas di Indonesia, namun di seluruh bagian selatan. Penyebanya karena kondisi atmosfer yang relatif kering.

Perubahan cuaca semakin tidak bisa diprediksi, dari tahun ke tahun. Bahkan di beberapa wilayah di Indonesia, tengah diserang dengan panas matahari yang cukup menyengat. Kota Semarang, menjadi kota dengan suhu tertinggi pada tahun 2019 ini. Mencapai suhu 29,5 derajat celcius, angka tersebut sudah melebihi batas optimum yang dicatat oleh BMKG.