SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Sekolah Terbaik yang Menghasilkan Lulusan Bermental Juara

by Mujahid Sahroni
SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Sekolah Terbaik yang Menghasilkan Lulusan Bermental Juara

Liburan hampir usai bestie, namun kamu masih bingung kemana mau melanjutkan sekolah? Mengapa kamu tidak mencoba untuk mendaftar sekolah di SMA Muhammadiayah 2 (SMAMDA) Sidoarjo saja. Mengapa harus disana?

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa kamu harus memilih sekolah khusus para juara ini. Penasaran, apa saja alasan-alasan yang dimaksud? Kamu bisa mengetahuinya sebentar lagi pada pembahasan selanjutnya dibawah ini.

Namun bukan hanya itu saja, melalui artikel ini juga, kamu bisa mencari tahu mengenai sejumlah informasi lainnya mengenai salah satu sekolah menengah atas unggulan di kabupaten Sidoarjo ini. Termasuk diantaranya mengenai program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun 2022 ini. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk kita simak sejumlah informasi penting berikut ini!

SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Sidoarjo, Sekolah Khusus untuk Para Juara

SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo atau yang lebih dikenal dengan SMAMDA, merupakan salah satu sekolah lanjutan atas di Sidoarjo yang telah berdiri sejak tahun 1976. Meskipun mungkin di awal berdirinya, sekolah lanjutan atas yang mengedepankan pendidikan spritual, emosional, ketangguhan dan juga kecerdasan intelektial ini hanya memiliki jumlah pendaftar yang terbilang sedikit.

Dimana pada tahun tersebut, jumlah pendaftar SMAMDA hanya sevanyak 6 orang saja. Namun seiring dengan bertambahnya usia, sekaligus dengan banyaknya program-program baru yang dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, memungkinkan SMAMDA kini dikenal sebagai salah satu sekolah lanjutan atas paling favorit yang banyak melahirkan para juara. Khususnya yang berada di kawasan Sidoarjo dan sekitarnya.

Bukan hanya itu saja, dalam 4 tahun terakhir ini saja, jumlah pendaftar di sekolah ini bisa dikatakan cukup banyak, bahkan melebihi dari jumlah kuota yang disediakan oleh pihak sekolah. Dengan alasan itu pula, maka sejak beberapa tahun terakhir, SMAMDA mulai menerapkan program seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). wow harus buruan daftar nich

Meskipun demikian, kamu tidak perlu pesimis. Karena pada umumnya, seleksi PPDB ini tidak seketat jika dibandingkan dengan seleksi PPDB yang diadakan oleh sekolah lanjutan tingkat atas lainnya. Hingga saat ini, jumlah peserta didik di sekolah lanjutan atas kebanggaan warga Sidoarjo ini berjumlah 1.380 siswa, yang terbagi ke dalam 40 rombongan belajar.

Pendaftaran PPDB SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo

Untuk tahun ini, SMAMDA telah mulai membuka pendaftaran PPDB, yang terbagi ke dalam 2 golongan. Dimana untuk golongan pertama telah berlangsung sejak tanggal 10 Januari 2022 hingga 10 April 2022 kemarin.

Sementara untuk gelombang kedua ini telah resmi dibuka sejak tanggal 11 April 2022, yang akan berlangsung hingga 9 Juli 2022 nanti. Dengan kata lain, bagi kamu yang belum melakukan pendaftaran PPDB SMAMDA untuk gelombang pertama, bisa langsung mulai melakukan pendaftaran di gelombang kedua ini.

Hanya saja, karena periode pendaftaran untuk gelombang kedua ini juga akan berakhir tak lama lagi, maka ada baiknya jika kamu mulai menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, dan lakukan pendaftaran PPDB secepatnya. Baik itu yang dilakukan secara online, maupun dengan mendatangi  lokasi SMAMDA.

Apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran PPDB ini? Kamu bisa mengetahuinya sebentar lagi, dalam pembahasan khusus, yang bisa kamu temukan di akhir artikel. Pastikan kamu untuk terus menyimak artikel ini ya!

Sejumlah Alasan Mengapa Kamu Harus Bersekolah di SMAMDA

Agar kamu semakin yakin untuk melanjutkan sekolah SMAMDA, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa keunggulan dari sekolah lanjutan atas yang satu ini. Dimana keunggulan tersebut tentunya menjadi sejumlah alasan yang bisa membuatmu tertarik untuk bersekolah disini. Untuk itu, yuk simak beberapa keunggulan yang dimiliki oleh SMAMDA ini! Diantaranya:

1.Sekolah yang Melahirkan Banyak Juara

Hingga kini, SMAMDA dikenal sebagai sekolah lanjutan atas di Sidoarjo yang banyak melahirkan banyak juara. Dimana beberapa diantaranya yaitu:

  • Juara 1 dan juara 2 pada lomba simulasi pertolongan pertama physiotheraphy Umsida safety competition 2022
  • Mendapatkan medali emas dan perak pada lomba karya tulis global internasional
  • Juara 2 lomba debat teknik industri expo saintek 2022 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Juara 1 lomba pengembangan produk pangan lokal Expo saintek 2022 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Duta anti narkoba Sidoarjo 2022 dan yang lainnya

2. Salah Satu Sekolah Lanjutan Atas di Sidoarjo yang Memiliki Segudang Prestasi 

Selain banyak melahirkan siswa yang memiliki mental juara, SMAMDA juga dikenal sebagai salah satu sekolah lanjutan atas terbaik yang ada di Sidoarjo, yang memiliki segudang prestasi. Khususnya yang berkaitan dengan pengembangan dan pembaharuan pendidikan (develop and reform). Beberapa diantaranya yaitu:

  • Mendapat predikat RSBI pada tahun 2016, dengan akreditasi A, yang meraih nilai 93
  • Mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, yang diperoleh pada tahun 2011 hingga 2017
  • Mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dari tahun 2017 hingga saat ini
  • Mendapatkan status baru sebagai the outstanding school of Muhammadiyah
  • Meraih penghargaan education & educator Indonesia award 2013 untuk kategori as the best educator & education of the year, dan sejumlah penghargaan yang lainnya

3. Menerapkan Pola Pendidikan yang Menyeluruh (Holistic Education)

SMAMDA merupakan salah satu sekolah lanjutan atas di Sidoarjo yang bukan hanya menerapkan pola pendidikan berbasis kecerdasan intelektual (intelectual quotion) saja, namun juga mengajarkan berbagai ilmu yang berkaitan dengan pola pendidikan yang menyeluruh (holistic education).

Beberapa diantaranya terdiri dari kecerdasan intelektual (intelectual quotion), kecerdasan spiritual (spritual quotion), kecerdasan emosional (emotional quotion), dan juga kecerdasan ketangguhan (adversity quotion)

4. Menjalin Kerjasama dengan Lembaga-Lembaga Lainnya

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, SMAMDA mulai menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lainnya, yang mana kerjasama tersebut masih berlanjut hingga saat ini. Lembaga-lembaga yang dimaksud merupakan sejumnlah lembaga pendidikan, baik itu yang ada di Indonesia, maupun di luarnegeri.

Beberapa lembaga pendidikan yang ada di luar negeri, khususnya di negara gajah putih Thailand yaitu Phetchabun College of Agriculture and Technology, Lopburi Vocational College of Thailand, serta Petchabun Pollytechnic College.

5. Tenaga Pengajar yang Berkompeten

Keberhasilan seorang siswa sudah pasti tergantung dari tenaga pengajar yang mendidiknya. Dimana tenaga pengajar yang berkompeten, pastinya akan turut membantu proses belajar mengajar menjadi lebih bermutu, dan bisa menghasilkan para siswa yang berprestasi, namun juga yang memiliki akhlak yang baik.

Begitu juga dengan tenaga pengajar yang ada di SMAMDA ini. Hampir semua tenaga pengajar di sekolah kebanggaan warga Sidoarjo ini merupakan tenaga pengajar yang berkompeten, yang merupakan lulusan dari berbagai universitas terbaik di Indonesia.

6. Fasilitas yang Lengkap

Selain faktor-faktor lainnya, fasilitas yang ada di sekolah juga merupakan faktor penting yang seringkali menjadi pertimbangan bagi para calon peserta didik baru. Begitu juga dengan kamu sendiri, bukan? Dimana memilih sekolah dengan fasilitas yang lengkap, kiranya menjadi salah satu poin penting yang akan kamu pertimbangkan.

Jika memang demikian adanya, maka kamu tidak keliru jika memilih SMAMDA ini. Karena selain memiliki ruangan kelas yang memadai, sekolah lanjutan atas yang satu ini juga memiliki beragam fasilitas lainnya. Seperti diantaranya ruang olahraga, asrama, auditorium, kantin, perpustakaan, laboratorium IPA, laboratorium komputer, masjid, TRCC, dan yang lainnya.

Bagaimana Cara Melakukan Pendaftaran dan Mengikuti Seleksi PPDB SMAMDA?

Setelah menyimak keunggulan dari sekolah lanjutan atas yang satu ini, tak mungkin kiranya jika kamu tidak tertarik untuk bersekolah di sini. Meskipun demikian, hingga kini, mungkin saja kamu masih bertanya-tanya mengenai bagaimana cara untuk mendaftar sekolah disini.

Jika memang kamu adalah salah satu diantaranya yang memang belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi PPDB di SMAMDA, maka kamu bisa melakukan sejumlah langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

1.Menyiapkan Sejumlah Persyaratan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk bisa bersekolah di SMAMDA ini yaitu dengan menyiapkan sejumlah persyaratan yang diperlukan. Dimana persyaratan yang dimaksud meliputi:

  • Syarat umum, yang mana pendaftar diharuskan berusia maksimum 20 tahun, memiliki nomor induk siswa nasional (NIS), dan juga membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000,-
  • Syarat khusus tiap jalur. Dimana untuk jalur ini, berlaku sejumlah persyaratan yang berlaku untuk 3 jalur inden. Beberapa diantaranya yaitu persyaratan untuk jalur inden yaitu siswa SLTP/MTS yang masih aktif, jalur reguler bagi lulusan SLTP/MTS, dan jalur kerjasama yang diperuntukkan bagi setiap siswa SLTP/MTS Muhammadiyah yang ada di provinsi Jawa Timur
  • Syarat jalur bidik misi. Untuk jalur ini, beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi adalah surat keterangan kurang mampu dari kelurahan, KTP orangtua dengan domisili kabupaten Sidoarjo, slip gaji orangtua, nilai rata-rata semester minimal 86, bisa membaca alquran, memiliki surat rekomendasi dari pimpinan cabang/daerah/ranting Muhammadiyah, serta bersedia aktif untuk mengikuti kegiatan Ortom Muhammadiyah di sekolah
  • Syarat jalur prestasi. Sedikitnya ada 3 jalur prestasi yang bisa kamu ikuti untuk masuk ke SMAMDA ini. Diantaranya jalur prestasi akademik, tahfidz dan juga atlet. Sebagai bukti prestasi, maka kamu perlu menyertakan sejumlah sertifikat prestasi yang pernah diperoleh

2. Melakukan Pendaftaran

Jika sejumlah syarat tersebut telah kamu siapkan dengan lengkap, maka kini tiba saatnya bagi kamu untuk melakukan pendaftaran. Kamu bisa mendaftar langsung di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, jalan Majapahit nomor 666B Sidoarjo, maupun dengan melakukan pendaftaran online di situs PPDB SMAMDA

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan seleksi PPDB ini, maka kamu bisa menghubungi sekretariat SMAMDA melalui telepon di nomor (031) 8921591, maupun di nomor (031) 8957099. Sementara bagi kamu yang ingin menghubungi pihak SMAMDA melalui pesan chat, maka kamu bisa mengirimkan whatsapp ke nomor 0821 4200 9570.

3. Melakukan Pembayaran

Setelah melakukan kedua cara diatas, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan melakukan pembayaran. Dimana pembayaran pertama terdiri dari pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000,-, yang diikuti dengan pembayaran SPP, DPP, dan dana non tunai, yang bisa dibayarkan lunas serta diangsur.

Untuk yang terakhir, kamu bisa melakukan pembayaran secara diangsur dengan ketentuan, pada tahapa awal, kamu harus melakukan pembayaran Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) 1 sebanyak 30%, dana non DPP, dan SPP untuk bulan Juli 2022. Barulah sisanya bisa kamu angsur, dengan rincian sebanyak 5 kali angsuran.

Bukan hanya bisa dibayar secara diangsur saja, pihak SMAMDA juga biasanya akan memberikan potongan pembayaran, yang berlaku untuk pembayaran DPP dan juga SPP. Besaran potongan tersebut biasanya diberikan antara 10% hingga 25%.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai besaran biaya yang harus kamu persiapkan di tahun pertama bersekolah di SMAMDA ini, kamu bisa DOWNLOD BROSUR PPDB SMAMDA 2022.

Nah tunggu apalagi, segera lakukan pendaftaran PPDB di SMAMDA, dan persiapkan dirimu untuk menjadi salah satu dari sekian banyak juara yang mencetak prestasi di sekolah ini!

Originally posted 2022-07-05 05:04:21.

You may also like