Serba-Serbi Pulsa yang Patut Kamu Ketahui

by Mujahid Sahroni
Serba-Serbi Pulsa yang Patut Kamu Ketahui

Pulsa sekarang menjadi kebutuhan pokok, jika dulu hanya sandang, pangan, papan. Sekarang dimulai dengan pulsa, sandang, pangan papan. Setiap orang yang memiliki ponsel tentunya membutuhkan pulsa. Dahulu wartel menjadi salah satu tempat pelayanan jasa telkomunikasi publik yang banyak ditemukan di pinggir jalan, saat ini fix wartel sudah punah tergerus perkembangan zaman kecuali family pulsa.

Kita yang hidup millenium tahun 2022 sudah tidak pernah lagi melihat wartel beroperasi, minimal hanya melihat tulisan wartel pada rumah maupun toko yang saat ini beralih fungsi. Buat generasi yang lahir tahun 90an pasti mengalami suasana telepon di wartel.

Nah, adanya pulsa dan sistem postpaid atau pakai dulu bayar belakangan telah diterapkan pada awal berdirinya Telkomsel sekitar tahun 1995. Tak lama kemudian, muncul produk bernama ProXL. Dan mulailah terlihat persaingan yang mencoba mengambil market share dari Telkomsel. Barulah di tahun 1997 kartu prabayar diluncurkan oleh Telkomsel sebagai terobosan. Isi ulang pun dilakukan dengan pembelian voucher gosok sehingga mulai berdiri konter-konter pulsa yang menjual berbagai pernak-pernik terkait pulsa dan gadget.

Hal ini pula yang menjadi awal mula bermunculannya outlet-outlet pulsa. Operator lain yakni Indosat pun mencoba melirik potensi bisnis seluler ini. Pada tahun 2001 lahirlah Mentari, produk dari anak perusahaan PT Indosat Multi Media Mobile. Pengisian ulang mentari menggunakan Short Code yang distribusinya lewat beberapa dealer.

Tidak berhenti disitu, Telkomsel mengeluarkan Autorefill atau B2B berupa EDC (Electronic Data Capture) yang khusus mengisi ulang saldo simpati tepatnya pada bulan Maret 2002. Ini memungkinkan pengisian pulsa tanpa kode gosok dan tentu mempermudah pembeli.

Pada perkembangannya setiap dealer mengangkat sub-sub dealer untuk mendistribusikan lagi produk seluler. Spanduk, voucher fisik dll menjadi perlengkapan umum bagi sub-sub dealer. Apalagi dealer saat ini tidak hanya melayani soal pulsa, melainkan jasa service, accecoris, ponsel, dan masih banyak lagi beragam-pernak-pernik gadget. Bahkan, sektor ini memiliki segmentasi khusus dengan marketcap yang aduhai. Jadi bagaimana? Kamu tertarik terjun ke bisnis pulsa? Belajar dulu ya.

Originally posted 2022-01-18 02:11:19.

You may also like