Sejarah Perdagangan Indonesia-Singapura

by Mujahid Sahroni
Sejarah Perdagangan Indonesia-Singapura

Hubungan perdagangan  Indonesia-Singapura sudah dimulai semenjak zaman kerajaan medio abad ke-7 dimana wilayah Singapura merupakan bagian dari wilayah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya dan sampai sekarang hubungan itu terus terjalin dengan banyaknya jasa kirim barang ke Singapura.

Melihat dari Kitab Nagarakretagama terdapat sebuah puisi epik Majapahit yang ditulis pada tahun 1365, disebutkan adanya sebuah pemukiman di pulau yang disebut Temasek (‘Kota Laut’ dalam bahasa Jawa Kuno, dieja Tumasik

Kemudian, sekitar tahun 1390-an, seorang pangeran dari Palembang bernama Parameswara, mengungsi ke Temasek pasca kerajaannya diserang oleh Majapahit. Selama abad ke-14, Singapura terkepung dalam persaingan antara Siam (sekarang Thailand) dan Kerajaan Majapahit yang ada di Tanah Jawa.0

Demi mengendalikan wilayah Semenanjung Melayu. Singapura dibawah kendali Prameswara menyatakan bersedia dalam satu serangan bersama Majapahit. AwalnyaParameswara sempat memerintah pulau selama beberapa tahun sebelum akhirnya dipaksa  pindah ke Melaka dan ia mendirikan Kesultanan Malaka.

Perdagangan dan Ekonomi

Wilayah Singapura terletak di jalur perdagangan bahari yang tergolong sibuk di kawasan Selat Malaka. Sebagai salah satu urat nadi perdagangan dunia, hubungan dagang Indonesia dengan Singapura menjadi penting untuk menyediakan jalur perdagangan ke seluruh dunia.

Demikian pula sebaliknya, pengusaha Indonesia juga penting bagi Singapura. Jadi, perdagangan merupakan langkah konkret kedua negara dalam menjalankan hubungan luar negeri. Masing-masing berkoalisi untuk pemenuhan kebutuhan di negaranya.

Jika diperhatikan lebih detail, Singapura merupakan investor luar negeri teratas bagi Indonesia dengan total transaksi US$1,14 miliar pada 142 proyek. Perdagangan antara kedua negara menyentuh angka $68 miliar AS pada tahun 2010. Pada saat yang sama, ekspor non-migas Indonesia ke Singapura adalah yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Originally posted 2021-08-12 12:07:20.

You may also like