Sejarah Blogger Dahulu Sampai Saat Ini

by Mujahid Sahroni
Sejarah Blogger Dahulu Sampai Saat Ini

Perkembangan blog boleh jadi belum banyak diketahui oleh para blogger itu sendiri. Sekitar tahun 90an, blog sudah mulai diperkenalkan ke internet dengan adanya jurnal pribadi yang dibuat oleh Justin Hall dengan tampilan yang masih sangat sederhana sampai Justin Hall kemudian dinobatkan sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Kemudian, sekira tahun 1997an, muncul istilah weblog yang diperkenalkan oleh Jorn Barger, dirinya jadi orang pertama yang mengenalkan konsep kronologi pada weblog berdasarkan waktu posting tulisan. Sampai akhirnya Peter Merholz pada tahun 1999 mulai memperkenalkan kata blog yang dianggapnya lebih nyaman diucapkan dibandingkan weblog dan dibarengi dengan kemunculan variasi blog seperti Blogger, Xanga, ataupun LiveJournal.

Blog berkembang secara signifikan sekitar tahun 2003 setelah Google mengakuisisi blog dari Pyra Labs yang merupakan pemilik Blogger sebelumnya. Bersamaan dengan itu, muncul pesaing Blogger yaitu WordPress dimana keduanya merajai dunia blog sampai detik ini dan kemunculan blog-blog modern macam galileo.id juga tumbuh subur.

Indonesia sendiri juga mengalami demam blog seiring dengan masuknya teknologi dan jaringan internet.  Awalnya para blogger generasi awal ini menulis blog dengan tema jurnal pribadi. Para blogger generasi pertama ini menggunakan tools dari livejournal.com ataupun blogger.com. Dahulu mereka menggunakan search engine msn dan sekarang tidak beroprasi lagi.

Medio tahun 2001-2002 mulai bermunculan komunitas blogger di Indonesia. Yang berkumpul di kota-kota besar seperti Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta. Konten yang disajikan masih berkutat seputar jurnal pribadi. Namun periode ini menandai jumlah blogger yang meningkat dengan pesat.

Memasuki tahun 2004 hingga saat ini perilaku blogger lebih modern dan menguasai teknologi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tema blog pun sudah mulai bergeser dari jurnal pribadi menjadi tema umum yang banyak dicari oleh pengguna internet, mereka biasa menggunakan tools dari WordPress dan juga blogspot.

Kalau kita perhatikan, blog bukan lagi soal penyeluran kegemaran dalam menulis, melainkan menjadi sumber pendapatan baik sampingan maupun utama. Dalam 1 blog saja bisa dimonetize mulai dari adsense, guest post, e-book, e-course dan banyak hal lainnya.

Diprediksi perkembangan blog kedepan kian menantang mengingat situs-situs berita turut mengoptimasi keyword-keyword yang selama ini menjadi idaman para blogger.

You may also like