Sejarah Andalusia sebagai Tonggak Sejarah Islam di Eropa 

by Mujahid Sahroni
Sejarah Andalusia sebagai Tonggak Sejarah Islam di Eropa 

Agama Islam memiliki sejarah panjang di berbagai negara-negara. Terdapat sejarah tersendiri di masing-masing negara, termasuk juga yang terjadi di Andalusia. Dalam hal ini, bahkan bisa dibilang bahwa Andalusia adalah salah satu tempat penting dalam perkembangan agama Islam di negara-negara dunia, khususnya di negara yang ada di Benua Eropa. Andalusia ini menjadi salah satu tonggak masuknya agama Islam di Benua Biru ini dan kemudian berkembang dengan sangat pesat. Andalusia sendiri berada di negara Spanyol. Kejayaan dan sejarah penting dalam perkembangan Islam di Andalusia itu terjadi di masa Dinasti Ummayah. Berdasarkan sejarah, pengaruh Islam bisa masuk ke Andalusia dengan berasal dari Afrika Selatan dan ini diperkirakan terjadi di sekitar tahun 711 Masehi. 

 

Andalusia memang menjadi tempat berpengaruh dalam sejarah Islam di Eropa, dan khususnya di Spanyol. Negara yang sebenarnya kental dengan agama Katoliknya ini ternyata memiliki sejarah tersendiri juga dengan agama Islam dan tempat-tempat penting serta situs sejarah yang ada masih bisa ditemui sampai saat ini. Oleh karena itu, banyak jasa wisata menyediakan https://www.hayatuntour.com/paket/rihlah-peradaban-maroko-spanyol-portugal-16-hari/. Di masa itu, bisa dibilang bahwa Andalusia menjadi suatu poros dan tempat yang sangat penting di mana perkembangan terjadi dengan sangat pesat dalam berbagai aspek, baik itu dalam bidang ekonomi, arsitektur, hingga ilmu pengetahuan. Andalusia ini menjadi tempat istimewa dalam perkembangan teknologi dan pengetahuan dan bahkan menjadi rumah bagi para umat muslim dari dari berbagai wilayah yang ingin menimba ilmu dan memperdalam pengatahuan mereka. 

 

Ada banyak bidang keilmuwan yang berkembang di wilayah Andalusia ini di masa itu. Ini terjadi karena sistem pendidikan yang sangat bagus di mana semua terintegrasi, baik itu dari segi ilmu pengetahuan dan juga ilmu agama. Ada banyak tokoh-tokoh besar yang muncul dalam masa kejayaan Andalusia ini. Nama seperti Abu Ali Muhammad al-Hasan bin al-Haitsam atau yang juga dikenal dengan Alhazen dan Abu Ishaq Ibrahim Ibnu Yahya Al-Zarqali atau Arzachel adalah dua tokoh yang dikenal dengan penelitiannya di bidang astronomi. Ada pula penelitian di bidang biologi, kesehatan, dan bidang keilmuwan lainnya. Sejarah Andalusia menjadi bagian penting di masa kejayaan wilayah Andalusia dengan pengaruh Islamnya yang sangat kuat.

Originally posted 2021-12-23 15:44:28.

You may also like