Sebelum Alphard, Carry Futura Mengawali Captain Seat

by Mujahid Sahroni
Carry Futura

Salah satu daya tarik saat MPV premium muncul dan kemudian berjaya adalah karena menggunakan captain seat sebagai minibus. Namun sebenarnya sebelum mobil tersebut berjaya sudah ada Suzuki Carry Futura yang sudah menggunakan captain seat terlebih dahulu lho. Carry Futura sebagai minibus itu memang awalnya dipersiapkan untuk mobil keluarga yang cukup mewah lho.

Carry Futura sendiri memang sempat mengeluarkan minibus dengan sistem captain seat yang tidak sembarang mobil miliki masa itu. Di masa itu hanya ada mobil-mobil MPV premium saja seperti Alphard yang menggunakannya, dan ini memang sangat kontras dengan pandangan masyarakat terhadap Carry Futura ini. Carry Futura sendiri sempat mengeluarkan beberapa tipe mulai dari pickup dan minibus.

Versi Captain Seat Suzuki Carry Futura, Jarang Yang Tahu

Memang untuk Suzuki Carry Futura sendiri memiliki banyak tipe, namun tipe yang umum itu adalah tipe dengan 9 penumpang. Jadi konfigurasinya itu ada 3 kursi di tengah dan di belakang ada kursi yang saling berhadapan dan muat sampai 4 orang. Ini adalah konfigurasi untuk Suzuki Carry Futura yang umum dan memang yang banyak digunakan di angkot yang menggunakan spesifikasi ini.

Nah salah satu versi yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah yang mempergunakan captain seat, namun hanya muat 7 penumpang. Karena pada versi ini yang diutamakan itu adalah kenyamanan dalam perjalanan, dan konfigurasi kursi sudah menghadap depan semua. Jadi di bagian depan 2 kursi, tengah 2 kursi, dan belakang 3 kursi dan sudah menghadap ke depan.

Konfigurasi captain seat dari Suzuki Carry Futura ini memang tidak banyak diketahui orang, dan merupakan salah satu kelas premium. Dan versi seperti GRV dan GX itu sendiri memang sudah dilengkapi dengan double blower untuk kursi bagian tengah dan belakang. Sehingga sangat meningkatkan kenyamanan dalam perjalanan, karena semua baris mendapat angin sejuk.

Desain Carry Futura

Untuk bagian desain mungkin memang terlihat sederhana dan juga sangat identik dengan mobil angkot, karena banyak dipakai sebagai angkot. Namun untuk versi Indomobil sendiri memang memiliki tampilan sudut lebih sleek dan juga ramping, terlihat proporsional. Namun ada kelemahan untuk versi Indomobil ini, yakni adalah lampu belakang horizontal yang diletakkan di bumper.

Letak lampu belakang yang seperti ini memang sangat khas dengan kebanyakan mobil Suzuki yang lainnya juga. Akan tetapi hal tersebut membuat pengendara lain yang ada di belakang akan kesulitan melihat lampu tersebut apabila jaraknya terlalu dekat. Berbeda dengan buatan karoseri luar yang memang menggunakan lampu belakang vertikal yang tentunya akan terlihat lebih proporsional.

Perawatan Mobil Carry Futura

Untuk sisi perawatan mobil Carry Futura ini memang bisa jumawa, karena mesinnya itu tidak mudah untuk mengalami overheat. Selain itu dari sisi sparepart yang dibutuhkan oleh mobil ini pun terbilang tidak sulit untuk didapatkan, dan sampai sekarang masih mudah didapatkan. Karena banyak digunakan sebagai angkot, maka kebutuhannya pun jelas banyak dan tentunya ketersediaannya terjamin.

Harga dari sparepart pun cukup murah, apalagi kalau sparepart atau pun komponen OEM yang jelas akan jauh lebih murah lagi. Selain itu untuk sisi mekanikal dari mesin mobil Carry Futura ini pun juga tidak terlalu rumit dan juga simpel. Hal ini membuat mobil ini pun jadi bisa ditangani di berbagai bengkel dan berbagai mekanik, karena memang simpel dan mudah.

 

Originally posted 2022-05-31 10:21:47.

You may also like