Satelit Starlink Elon Musk Jadi Beroprasi di Indonesia dan Akan Layani Telkom Group

by Mujahid Sahroni
Satelit Starlink Elon Musk Jadi Beroprasi di Indonesia dan Akan Layani Telkom Group

Perusahaan satelit milik Elon Musk, yaitu Starlink dikabarkan telah mendapat izin dari Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk beroperasi di Indonesia dan akan melayani kebutuhan internet milik Telkom Group. Starlink sendiri adalah layanan internet yang langsung terhubung dengan satelit sehingga kecepatan internet milik perusahaan di bawah naungan SpaceX milik Elon Musk yang berbasis kantor di Amerika ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi yaitu sampai dengan 1 GBPS. Bisa dibayangkan seberapa cepatnya?

Layanan Starlink Elon Musk yang diberikan bukanlah layanan akses internet yang terhubung langsung dengan Starlink melainkan layanan backhaul. Backhaul adalah suatu jalur yang menghubungkan suatu stasiun pemancar ke stasiun pemancar yang lain atau jalur yang menghubungkan suatu stasiun pemancar ke pusat pengelolaan jaringan untuk mengambil lalu lintas internet dari stasiun pemancar tersebut.  Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyatakan bahwa hak labuh khusus NSGO tersebut akan dievaluasi setiap tahunnya dan harus memenuhi semua syarat yang telah ditetapkan dalam undang-undang. Salah satu syarat yang diajukan adalah Starlink akan beroperasi setelah gateway station selesai dibangun oleh Telkomsat. Gateway station tersebut yang nantinya akan berfungsi untuk melayani backhaul Telkomsat.

Sebagai informasi, Starlink memang telah melebarkan sayapnya untuk masuk ke wilayah Asia Tenggara setelah pemerintahan Filipina sudah terlebih dahulu memberikan izin untuk layanan di bawah naungan perusahaan SpaceX beroperasi di negara mereka. Selain Filipina, Starlink juga sudah mengantongi izin beroperasi di negara Nigeria dan Mozambik. Sementara dikutip dari situs resmi milik Starlink, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan wilayah pengembangan layanan ini di masa depan dan dalam keterangan yang diberikan, layanan Starlink akan mulai hadir dan bisa dinikmati di Indonesia mulai tahun 2023. Tentu saja kita sangat menunggu untuk dapat menikmati layanan intenet super cepat dari Starlink ini, akses internet yang cepat pastinya juga akan sangat  mendukung dan melancarkan semua pekerjaan dan kegiatanmu yang membutuhkan layanan internet sebagai penunjangnya.

Dirumorkan pula jika Elon Musk siap melebarkan portofolio investasinya ke ranah dunia game yang akan meramaikan dunia investasi teknologi di dunia seperti yang tersaji di situs marlinbooking.co.id, disitu ada banyak referensi games yang patut untuk dicoba seperti Mobile Legends, Free Fire hingga higgs domino rp.

You may also like