Regulator Australia Mengeluarkan Peringatan Tentang Bisnis Crypto yang Tidak Berlisensi

by Mujahid Sahroni
Regulator Australia mengeluarkan peringatan tentang bisnis crypto yang tidak berlisensi

Berdasarkan laporan dari investor Australia, ASIC mengatakan bahwa warga telah menderita kerugian yang signifikan karena “leverage yang berlebihan, gangguan pada platform, atau likuidasi yang tidak adil.”

Ketika crypto sudah melanggar keuangan arus utama, pihak berwenang sudah mulai mengeluarkan peringatan kepada warga terhadap bisnis crypto yang tidak terdaftar.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh ASIC, regulator menyarankan warga Australia untuk melakukan investasi terkait aset kripto melalui lembaga keuangan yang memegang lisensi Layanan Keuangan Australia atau mekanisme Anti Pencucian Uang.

ASIC mengatakan telah menerima laporan dari investor di seluruh Australia tentang warga yang mengalami kerugian signifikan setelah memperdagangkan produk keuangan kripto seperti opsi, futures, token leverage, dan opsi biner. Namun, kerugian dikaitkan dengan “leverage yang berlebihan, gangguan pada platform, atau likuidasi yang tidak adil.”

Berita lainnya : Belajar Dari Kasus Envy, Investor Harus Hati-Hati

Pengumuman lebih lanjut menyoroti bahwa platform crypto tanpa izin di seberang perbatasan juga telah berinvestasi dalam fitur-fitur seperti pemblokiran geografis dan peringatan eksplisit untuk membantu mencegah masuknya orang Australia. ASIC mendukung langkah ini dengan menyatakan: “Entitas berlisensi tunduk pada kerangka peraturan yang bertujuan untuk menjaga integritas, kualitas, dan reputasi sistem keuangan Australia.”

Sebagai nasihat untuk bisnis crypto, ASIC menyoroti bahwa bisnis yang tidak berlisensi dapat mendaftar dengan skema penyelesaian sengketa eksternal seperti Otoritas Pengaduan Keuangan Australia, yang kemudian akan memungkinkan investor Australia untuk mengajukan keluhan.

Blockchain Australia, sebuah perusahaan lokal yang mengadvokasi industri crypto dan blockchain, percaya bahwa narasi “wild west” crypto saat ini menghambat inovasi crypto Australia. Pada tanggal 26 Juli, asosiasi Australia mendesak Komite Pemilihan Senat untuk merilis kerangka peraturan untuk bisnis kripto dan menyediakan pelabuhan yang aman untuk bisnis semacam itu sampai undang-undang ditetapkan.

Berita lainnya : Trading Dengan Modal Minim Di FBS

Baru pada hari Selasa, Komisi Pasar Sekuritas Nasional Spanyol mengeluarkan peringatan serupa terhadap 12 bisnis kripto yang tidak terdaftar yang beroperasi di dalam yurisdiksinya. Daftar tersebut termasuk pertukaran crypto Bybit dan Huobi, yang tidak sah untuk menawarkan layanan investasi di negara tersebut.

You may also like