Rahasia Entrepreneurship Dari Kimin Tanoto

by Mujahid Sahroni
Rahasia Entrepreneurship Dari Kimin Tanoto

Tidak mudah menjadi seorang pengusaha. Telah banyak sekali orang yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan menjadi pengusaha. Namun, kenyataannya tidak seindah yang terlihat. Walaupun menjadi pengusaha tidak memiliki jam kerja yang pasti, atau bahkan sering dianggap pekerjaan yang memiliki penghasilan yang besar. Padahal, menjadi pengusaha adalah pekerjaan yang tidak mudah dan banyak sekali orang yang gagal.

Ada banyak aspek yang harus dipersiapkan untuk menjadi pengusaha yang sukses. Mulai dari persiapan skill dan mempelajari strategi serta metode yang tepat bagi perusahaan yang sedang dibangun. Ketika menjadi pengusaha, Anda akan dihadapkan oleh banyak tantangan, kegagalan dan penolakan. Tahapan demi tahapan menjadi pengusaha lah yang tidak semua orang mampu menjalaninya.

Sebelum menikmati puncak kesuksesan, tentu ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi dan akan menentukan apakah perusahaan Anda berhasil melewatinya. Pengusaha yang sukses tentu akan mencari cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dan tantangan. Bahkan, mereka menikmati proses kegagalan dan belajar dari kegagalan tersebut. Salah satu pengusaha sukses yang berhasil melewati proses pelik menjadi pengusaha adalah Kimin Tanoto.

Sebelum menjadi sosok yang sukses di berbagai industri yang berbeda, Kimin Tanoto harus melewati berbagai permasalahan yang pelik sebagai seorang pengusaha sehingga menjadi pengusaha sukses di industri aset, baja dan semen. Kisah Kimin Tanoto menjadi inspirasi bagi pengusaha muda yang sedang berusaha menaklukan segala tantangan sebelum menjadi orang yang sukses.

Pebisnis Sukses Gunung Raja Paksi

Perusahaan Gunung Raja Paksi dikenal sebagai produsen baja terbesar di Indonesia dengan pabrik baja yang dapat menghasilkan baja berkualitas tinggi sehingga proyek-proyek pun tepat waktu. Tetapi, sejak ditunjuk sebagai komisaris Gunung Raja Paksi pada tahun 2019, Kimin Tanoto semakin membuat perusahaan ini melaju pesat di industri manufaktur baja secara global.

Kimin Tanoto sangat memperhatikan strategi untuk menjembatani perusahaan dengan investor asing. Seorang pengusaha yang sukses tentunya harus cermat membaca peluang dan memilih strategi apa yang cocok untuk diimplementasikan. Jika tidak, bagaimana perusahaan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya? Sedangkan saat ini Gunung Raja Paksi telah memiliki pelanggan yang tersebar di 40 negara di seluruh dunia. Kimin Tanoto melihat strategic partnership sebagai strategi yang tepat dan akan menguntungkan kedua belah pihak dalam jangka waktu yang panjang. Tanpa menjalin hubungan baik dengan investor, perusahaan akan kesulitan menaikan nilai ekonomi.

Rahasia Kesuksesan Kimin Tanoto

Tidak hanya menjadi bagian dari dewan komisaris Gunung Raja Paksi saja, tetapi Kimin Tanoto juga merupakan Founder dan Chairman dari Pabrik Semen Kalimantan. Sudah sejak lama, Kimin Tanoto memperhatikan siapa saja yang akan menjadi bagian dari tim manajemennya. Menurut Kimin Tanoto, dengan tim yang terampil dan berpengalaman, perusahaan akan semakin membangun bisnisnya ke sektor manufaktur yang lebih luas.

Maka dari itu, Kimin Tanoto selalu menerapkan strategic partnership, tahapan rekrutmen tim dan flow manajemen operasional yang akan menjadi tumpuan keberhasilan bisnis apapun. Hasilnya, Kimin Tanoto berhasil menghadapi rintangan dan tantangan sebagai seorang pengusaha.

Selain itu, Kimin Tanoto juga memberikan rahasia bagi pengusaha muda agar senantiasa berhubungan baik dengan orang lain dan menyelesaikan proyek tepat waktu. Seorang pengusaha yang sukses harus ambil andil dalam mengembangkan skill tim nya, karena kualitas pengusaha sukses juga diukur dari tim nya yang cerdik.

Memang tidak mudah menjadi pengusaha, namun jika Anda senantiasa mengutamakan pelanggan. Selalu cermat mengidentifikasi permasalahan yang dialami pelanggan dan berikan solusi kepada mereka. Jangan lupa untuk mengintropeksi segala pekerjaan yang sedang dilakukan. Setelah mendapatkan rahasia dari Kimin Tanoto, apakah Anda siap menjadi pengusaha yang sukses?

 

Originally posted 2021-08-23 06:54:51.

You may also like