Persyaratan Pinjaman Dengan Menggadaikan BPKB

by Mujahid Sahroni
Persyaratan Pinjaman Dengan Menggadaikan BPKB

Menggadaikan  BPKB  Merupakan salah satu usaha yang dilakukan masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan pinjaman uang atau dana secara tunai dalam jumlah yang besar dengan jaminan buku Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) motor atau mobil yang diterbitkan oleh satuan  Lalu Lintas Polri yang membuktikan bahwa kendaraan itu adalah milik pihak yang akan melakukan permohonan gadai BPKB. Cakupannya sendiri sudah seluruh Indonesia baik itu gadai BPKB motor Bandung, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya.

Ada banyak lembaga keuangan  yang menyediakan jasa gadai BPKB seperti Koperasi, Bank, pembiayaanbpkb.com dan Pegadaian. Aturan untuk menggadaikan Surat BPKB ini juga dibuat khusus yang berlaku untuk semua calon penggadai BPKB. Aturan yang berlaku adalah:

  1. Mempunyai usaha atas nama pemohon dengan usia usaha yang sudah berjalan minimal satu tahun.
  2. Mempunyai legalitas usaha SIUP/SITU atau surat keterangan usaha lainnya.
  3. BPKB motor atau mobil yang di bawa harus atas nama pribadi dan masih aktif.
  4. Usia maksimal untuk melakukan pengajuan adalah 20 tahun.
  5. Kendaraan yang dipakai sebagai persyaratan gadai BPKB maksimal berusia 18 tahun.
  6. Surat legalitas kendaraan BPKB, STNK, Faktur dan Kwitansi atas nama pribadi/ pemohon.
  7. Bawa Fotocopy KTP dan Kartu Keluarga yang masih berlaku.

Syarat atau ketentuan di atas wajib disepakati atau diikuti oleh calon peminjam dana tunai ini. Bila ada satu persyaratan yang tidak dipenuhi, proses gadai BPKB ini bisa dibatalkan. Masyarakat memang ada banyak yang memilih untuk menggandaikan Surat BPKB karena selain akan memperoleh dana tunai dalam jumlah yang besar sebagai modal usaha dengan proses yang tidak repot sama sekali. Cukup datang ke lembaga yang melayani gadai BPKB saja lalu ajukan pinjaman dengan persyaratan yang disebutkan di atas. Bila syarat dan kesepakatan sudah terjalin, proses gadai BPKB akan segera dilakukan dan pihak peminjam akan memperoleh dana di hari itu juga. Jangan lupa untuk membawa kendaraan yang BPKB-nya akan digadai karena pihak pemberi pinjaman akan memeriksa tahun aktif kendaraan dan menyalin nomor kendaraan sebagai kode BPKB yang pemohon gadaikan pada pihak pemberi pinjaman.

Originally posted 2022-07-02 04:59:18.

You may also like