Persiapan Sebelum Kuliah Di Jerman Yang Harus Anda Ketahui

by Mujahid Sahroni
Persiapan Sebelum Kuliah Di Jerman

Setiap orang tentu saja memiliki mimpi untuk bisa kuliah di negara Jerman. Untuk anda siswa atau sudah berstatus sebagai mahasiswa yang mungkin mempunyai minat dan juga mimpi untuk bisa kuliah di Jerman.

Dan salah satu persiapan yang perlu diperhatikan adalah kursus bahasa Jerman dan ada baiknya mengikuti kelas kursus bahasa Jerman di Upstory.

Selain itu ada persiapkan lainnya adalah anda harus mengikuti Studienkolleg. Lalu apa itu yang disebut dengan Studienkolleg? Studienkolleg sendiri merupakan suatu program dan juga persiapan untuk persamaan orang asing yang ingin menempuh pendidikan di Jerman.

Dimana tentu saja sistem pendidikan di Jerman berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia. Jika di Indonesia, pendidikan wajib hanya 12 tahun. Sementara di Jerman pendidikan wajibnya adalah 13 tahun. Jadi untuk lulusan SMA di INdonesia tidak bisa disamakan dengan lulusan Abitur atau SMA di Jerman.

Sehingga dengan adanya Studienkolleg ini menjadi salah satu bagian dari Universitas, tujuan diadakannya Studienkolleg sendiri adalah untuk bisa memastikan jika mahasiswa asing yang ingin menempuh jalur pendidikan di Jerman memang mempunyai level pendidikan yang sama dengan Jerman.

Persiapan Sebelum Kuliah Di Jerman

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan juga persiapkan sebelum kuliah di Jerman. Tentu saja persiapan-persiapan ini berguna untuk anda yang ingin menempuh jalur pendidikan di Jerman.

Nah agar semuanya sudah siap, berikut dibawah ini adalah beberapa persiapan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum kuliah di Jerman.

2 Sampai 1 Sebelum Ke Jerman

Langkah pertama adalah tahap 1 sampai 2 tahun sebelum ke Jerman. Dimana anda harus mengambil kursus bahasa Jerman Level A1 atau dasar sampai B1 atau menengah yaitu di Upstory.

Di eropa sendiri mempunyai standar berupa CEFR atau Common European Framework of Reference For Languages yang bisa mengukur bagaimana kompetensi dari bahasa seseorang.

Dimana di dalam standar CEFR ini terdapat enam level mulai dari A1-A2, hingga C1-C2 yang menjadi kompetensi tinggi.

Kemampuan bahasa Jerman tentu saja sangat penting untuk anda yang ingin menempuh jalur studi dan juga hidup di negara Jerman. Untuk dapat melamar visa pelajar, anda bisa melakukannya di Kedutaan Besar Jerman dan juga mendaftar di sekolah bahasa untuk bisa memperoleh sertifikat bahasa Jerman level B1.

1 Tahun Sampai 6 Bulan Sebelum Berangkat Ke Jerman

Berikutnya ini mendekati keberangkatan anda ke Jerman, dimana anda harus menentukan jurusan studi yang akan anda ambil. Saat anda mendaftar di Studienkolleg, maka anda akan diwajibkan untuk menentukan jurusan studi yang akan anda ambil nanti di kampus.

Hal ini sebab jurusan yang berada di Studienkolleg harus sesuai dengan jurusan program sarjana yang akan anda ambil nantinya.

Beberapa pilihan jurusan studi yang bisa anda ambil adalah seperti jurusan kedokteran, biologi, farmasi, matematika, IPA dan teknik, Ekonomi, IPS, Pengetahuan budaya dan ilmu bahasa.

Di Jerman sendiri ada dua jenis dari Studienkolleg, yaitu Studienkolleg swasta dan juga negeri. Dimana perbedaanya berada di biaya serta jumlah tempat yang ada.

Sebelum anda memulai Studienkolleg, tentu saja ada ujian yang harus anda lewati. Ujian ini disebut dengan Aufnahmepruefung. Ujian ini akan dilakukan di Jerman.

6 Bulan Sebelum Ke Jerman

Terakhir adalah 6 bulan sebelum ke Jerman, dimana anda harus mempersiapkan dan juga menulis surat motivasi, daftar riwayat hidup. Semua dokumen ini wajib dilampirkan untuk menjadi syarat utama saat anda mengajukan visa dan juga melamar pendidikan di Studienkolleg atau Universitas di Jerman.

Anda juga harus mengambil tes bahasa Jerman level B1, dimana salah satu lembaga terpercaya yang menyediakan layanan kursus serta tes bahasa Jerman di Indonesia adalah GI atau Goethe Institut.

Untuk anda yang ingin berangkat di Jerman, anda paling tidak harus memiliki sertifikat lulus tes bahasa B1. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan visa dan lolos seleksi masuk ke Studienkolleg dengan mudah.

Nah itulah beberapa persiapan sebelum kuliah di Jerman yang harus anda ketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

 

You may also like