Perlunya Menjaga Kebersihan Jamban Dan Lingkungan Agar Tetap Sehat

by Mujahid Sahroni
Perlunya Menjaga Kebersihan Jamban Dan Lingkungan Agar Tetap Sehat

Kebersihan jamban dan lingkungan adalah satu paket lengkap yang harus dilakukan. Saat ini pengguna jamban ataupun kamar mandi tidak hanya untuk kebutuhan pribadi saja. Tak jarang jika ada di tempat umum maka kita akan memanfaatkan fasilitas umum yang ada di dalamnya. Hal ini yang membuat kita juga turut untuk bertanggung jawab dengan kebersihan tempat tersebut. Menjaga kebersihan ini sangat lah penting. Walau termasuk hal yang sepale dan umum akan tetapi kadang malah lebih sering disepelekan oleh pihak lain. Oleh karena itu lah kebersihan di dalam fasilitas umum adalah tanggung jawab bersama.

Pada fasilitas umum biasanya banyak pihak yang menolak untuk turut menjaga kebersihan. Hal itu karena mereka tidak merasa wajib untuk menggunakan hal tersebut padahal untuk kebersihan jamban cukup dipasrahkan pada layanan sedot WC Surabaya. Karena hal ini lah di tempat-tempat umum jamban bisa terlihat sangat kotor. Hal ini bukan hanya merugikan orang-orang yang akan menggunakan akan tetapi kita sendiri jika sewaktu-waktu ingin memanfaatkan hal tersebut.  Dengan adanya kebersihan yang jelas dan juga aman pastinya akan membuat pengguna lebih nyaman. Kebersihan yang ada di dalam fasilitas umum sering kali diabaikan oleh orang-orang. Mereka merasa ini bukan tanggung jawab mereka.  Karena sudah ada yang membersihkan sendiri maka mereka enggan untuk ikut menjaga. Dan akan membuat lama kelamaan fasilitas jamban di lingkungan atau fasilitas umum akan cepat rusak.

Fasilitas umum yang berupa jamban ini secara tidak langsung juga akan sangat mempengaruhi kesehatan. Mencari data yang tertera di banyak sumber, banyak hal atau penyakit yang muncul dari fasilitas umum. Karena itu lah sangat lah penting untuk menjaga kebersihan. Berbagai kotoran dan virus bahkan bakteri bisa datang dan berkembang. Jika ada masyarakat yang menggunakan tempat ini maka mereka bisa saja terkena bakteri. Dan jika bakteri ini menular ke orang lain melalui kontak atau orang yang menggunakan kamar mandi selanjutnya lah yang akan memicu penyakit berantai. Hal ini perlu untuk dihindari dan dicegah dengan menjaga jamban tetap bersih.

You may also like