Perhatikan Hal ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat

by Mujahid Sahroni
Perhatikan Hal ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat

Perhatikan Hal ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Jaminan Sertifikat – Setiap manusia mempunyai kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya.  Tak jarang hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan sumber dana ataupun financial yang ada.  Pinjaman atau kredit bisa menjadi salah satu solusi untuk hal tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa banyak bank yang menawarkan pengajuan kredit  misalnya pengajuan kredit multiguna atau pinjaman jaminan sertifikat. Namun sebelum mengambil kredit tersebut,  banyak hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang karena jika terjadi kredit macet maka pihak bank akan menyita properti yang menjadi jaminan.  tentunya ini akan sangat merugikan karena biasanya pinjaman tidak lebih tinggi dari harga properti yang dijaminkan.

Berikut ini beberapa kondisi yang bisa menjadi pertimbangan untuk mengambil pinjaman:

Mempunyai Tujuan Jelas

Saat mengambil pinjaman misalnya pinjaman jaminan sertifikat rumah tentunya pemohon  memerlukan dana yang besar. Tentunya dana tersebut harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang penting dan berguna misalnya investasi membuka usaha pendidikan ataupun untuk kesehatan.

Dana yang di akan disalurkan tentunya harus dirancang dengan baik agar tidak sia-sia. Sebaiknya rancanglah baik-baik bagaimana dana akan disalurkan agar pinjaman tersebut tidak sia-sia.  sebaiknya Anda menambah informasi tentang seluk beluk pinjaman misalnya melalui website kreditur.net.

Tidak Digunakan Sebagai Uang Muka Cicilan Lainnya

Kesalahan yang satu ini terkadang dilakukan oleh beberapa orang yang ingin membeli sebuah barang misalkan properti atau kendaraan.  perlu diingat bahwa jika menggunakan uang pinjaman untuk DP maka cicilan yang harus anda bayar akan semakin banyak.  Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk melunasi atau membeli secara kontan sehingga hanya ada satu cicilan saja setiap bulannya.

Mempertimbangkan Kondisi Keuangan

Sebaiknya Anda tidak terlalu mengambil pinjaman dengan cukup besar, Anda perlu menyesuaikan dengan pemasukan yang Anda miliki.  Jaminan seperti rumah tentunya merupakan aset yang berharga jadi sayang jika harus kehilangan jaminan tersebut.  Karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan berapa jumlah yang akan dipinjam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar.

Mengatur Asuransi dari Pinjaman

Musibah bisa terjadi kapan saja, terkadang bisa terjadi saat Anda menjaminkan rumah untuk pinjaman.  Jika demikian belum tentu ahli waris bisa menanggung pembayaran selanjutnya.  Pada kenyataannya banyak juga ahli waris yang harus merelakan rumah yang sudah dijaminkan sebelumnya karena tidak mampu membayar pinjaman.

Salah satu cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan mengajukan asuransi pada kredit yang diajukan. Memang pengeluaran untuk membayar asuransi pinjaman beserta cicilan akan lebih lagi. Namun dapat mengantisipasi  terjadinya musibah.  Selain itu orang yang Anda sayangi akan merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

Itulah beberapa pertimbangan  yang sebaiknya diperhatikan saat akan mengambil pinjaman jaminan sertifikat. Meskipun sudah memiliki sertifikat rumah namun tentu saja pihak bank belum tentu mengabulkan permohonan nasabah.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal agar pinjaman tersebut dapat disetujui.  pertama pastikan bahwa anda tidak memiliki sejarah kredit yang macet sehingga tidak masuk ke dalam daftar hitam Bank Indonesia.  jika memiliki pinjaman yang belum diselesaikan maka tentu saja bank tidak menyetujui pinjaman baru.

Berkas-berkas properti atau rumah yang akan dijaminkan tentunya harus asli lengkap taat pajak dan bukan dalam kondisi sengketa ataupun negosiasi jual-beli.  Selanjutnya Anda harus jujur mengenai alasan mengajukan pinjaman tersebut dan untuk apa penggunaannya.  Hal ini dapat menjadi pertimbangan bank untuk menyetujui kredit tersebut atau tidak.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting diatas dan beberapa pertimbangan saat akan mengajukan, maka pinjaman dan pembayarannya dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar kredit di situr kreditur.net. Semoga dapat bermanfaat.

 

 

Originally posted 2020-12-21 01:48:45.

You may also like