Pengertian Struktur Baja Beserta  Kelebihannya

by Mujahid Sahroni
Pengertian Struktur Baja Beserta  Kelebihannya

Belakangan ini penggunaan struktur baja atau konstruksi baja untuk konstruksi suatu bangunan semakin diminati. Artinya, struktur dari baja mampu menggeser penggunaan struktur konstruksi yang sebelumnya lebih banyak memakai struktur beton dan juga kayu. Mengapa bisa demikian? Lalu, sudahkah Anda paham apa yang dimaksud dengan struktur dari material baja tersebut?

 

Pengertian Struktur Baja dan Tipe-Tipenya 

Mendirikan sebuah bangunan diperlukan beberapa komponen dasar, salah satunya adalah struktur bangunan. Jenisnya sendiri ada beberapa, dulunya orang lebih mengenal struktur kayu dan juga struktur beton. Namun kini, masyarakat mulai melirik struktur dari baja. Jadi, struktur baja sendiri merupakan struktur dari material logam jenis baja yang kemudian tersusun secara terstruktur yang berfungsi baik sebagai penahan beban.

Sesuai dengan namanya, memang struktur dari material baja ini tersusun secara simetris dan rapi. Karakter ini kemudian membuatnya lebih kuat dan juga kokoh. Sehingga struktur dari baja ini paling sering digunakan untuk bangunan modern dan juga model bangunan yang bertingkat-tingkat.

Namun, penggunaannya juga tidak kalah cocok untuk konstruksi bangunan standar seperti bangunan rumah pribadi. Justru menjadi sebuah investasi, karena meskipun biaya di awal cenderung tinggi namun kedepannya justru semakin hemat. Sebab berbagai kelebihan yang dimiliki oleh struktur dari baja tersebut memberi efisiensi dari segi biaya.

Tipenya sendiri ada beberapa yang tentunya bisa disesuaikan dengan desain dari bangunan yang akan dibangun. Tipe tersebut adalah:

  • Tipe portal.
  • Tipe rangka bidang (plane truss).
  • Tipe gantung (suspension).
  • Tipe rangka ruang (space truss).
  • Tipe masted structure.
  • Tipe shell system.

Struktur pada sebuah bangunan akan membantu memaksimalkan desain sekaligus kekuatan dari bangunan tersebut. Terutama dari material baja yang kemudian menawarkan lebih banyak kelebihan.

 

Kelebihan yang Ditawarkan

Berikut adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh struktur baja yang tentunya tidak akan diberikan oleh struktur kayu maupun beton:

1. Kekuatan yang Lebih Baik

Material baja tentu lebih baik dibandingkan dengan material kayu, karena lebih kuat dan kokoh. Sehingga memakai struktur dari material baja akan meningkatkan kekuatan bangunan. Bangunan pun memiliki umur lebih panjang dan juga meminimalkan kerusakan. Bagi yang tidak suka sering melakukan renovasi, maka struktur bangunan satu ini layak untuk dipilih.

2. Elastis dan Juga Ringan

Material baja memiliki ciri khas elastis dan juga ringan, namun tetap kuat dan kokoh. Sifatnya yang elastis membuat bangunan dengan struktur baja lebih tahan gempa dan bencana lainnya. Selain itu dengan karakternya yang ringan maka bangunan akan lebih kokoh, karena beban pada pondasi tidak berlebihan.

3. Proses Pembangunan Menjadi Lebih Cepat

Struktur bangunan dari  bahan baja adalah struktur produksi pabrik yang dibuat menggunakan mesin. Sehingga memiliki ukuran yang sama dan tingkat ketebalan yang sama. Fisik yang simetris ini kemudian membuat penggunaannya menjadi mudah dan cepat. Sehingga membuat proses pembangunan suatu gedung atau rumah bisa lebih cepat.

4. Minim Sampah

Memakai struktur bangunan dari baja juga menjadi solusi untuk memiliki bangunan yang ramah lingkungan. Sebab baja yang menjadi struktur bisa dipakai berulang kali berkat sifatnya yang elastis tadi. Sehingga saat bangunan dibongkar, maka strukturnya masih bisa dipakai kembali.

5. Memberi Kesan Lapang

ingin memiliki hunian yang ruangan di dalamnya terlihat lapang? Maka bisa memakai struktur dari baja ketika mendirikan bangunan tersebut. Sebab, struktur dari baja ini memiliki bentuk lebih ramping jika dibandingkan dengan struktur kayu maupun beton. Hasilnya, ruangan di dalam bangunan menjadi lebih lapang.

 

Melalui kelebihan tersebut, maka tidak mengherankan jika struktur baja lebih banyak dipilih. Jika Anda juga memiliki rencana untuk membangun rumah, kantor, dan bagunan jenis lain. Tidak ada salahnya mempertimbangkan penggunaannya, sebab menjadi investasi yang menguntungkan.

Originally posted 2021-03-06 01:47:50.

You may also like