Pengertian Fiber Optik dan Fungsinya Untuk Menghasilkan Energi Listrik di Mobil

by Mujahid Sahroni
Pengertian Fiber Optik dan Fungsinya Untuk Menghasilkan Energi Listrik di Mobil

Pada dasarnya, pengertian fiber optik ini sering disingkat dengan kabel FO dimana definisinya sendiri yaitu sebuah media transmisi yang terbuat dari serat kaca. Dimana serat kaca dari kabel fiber optik ini mempunyai tekstur yang begitu halus dimana campuran bahannya sendiri ternyata digabung dengan beberapa plastik yang sudah menggunakan pembiasan cahaya.

Dimana pembiasan tersebut terjadi pada saat transimi kabel fiber optik tersebut berlangsung. Sumber cahaya yang dimiliki oleh kabel fiber optik ini berupa laser karena mempunyai ukuran sprektrum yang begitu kecil. Selain itu, ada dua jenis kabel fiber optik pertama yaitu single mode. Sedangkan yang kedua yaitu mmulti mode yang kerap digunakan untuk media LED.

Dimana kabel fiber optik dengan jenis single mode ini sering memanfaatkan cahaya laser untuk media transmisinya sendiri. Umumnya, kedua jenis kabel ini kerap digunakan untuk instalasi jaringan. Baik itu dari instalasi jaringan di kelas menengah maupun yang sudah kelas atas sekalipun.

Fungsi dari kabel fiber optik sendiri tidak lain sama dengan yang lainnya yaitu untuk menyalurkan komunikasi data. Tetapi satu hal yang membedakan kabel fiber optik ini dengan yang lainnya yaitu kemampuannya dalam mengakses data dengan kecepatan yang begitu tinggi. Maka dati itu jangan salah jika transfer data dari kabel fiber optik ini juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Bahkan tidak heran apabila kabel yang bernaama fiber  optik  ini kerap digunakan untuk operator jaringan dan juga telekomunikasi. Di bagian rangkaian mobil ynag telah modern sekalipun, penggunaan kabel fiber optik ini juga turut diaplikasikan. Mengingat fungsinya sendiri ynag begitu canggih dan juga menawarkan transmisi data yang begitu cepat. Dimana kabel fiber optik ini kerap dipakai pada sistem kelistrikan sebuah mobil modern.

Tentunya tingkat transfer data dari mobil modern tersebut juga jauh lebih tinggi. Dengan kata lain tidak hanya melakukan komunikasi sensor menuju ECU saja, namun melebihi hal itu pastinya. Bahkan, mobil modern juga sudah menggunakan GPS dengan bantuan fiber optik ini.

You may also like