Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Teori, Ciri dan Elemen

by Mujahid Sahroni
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Teori, Ciri dan Elemen

Pada dasarnya, belajar sendiri merupakan sesuatu perubahan yang sifatnya    permanen. Dimana hal tersebut berlaku pada suatu perilaku tertentu yang mana nantinya akan memberikan hasil dari pengalaman  maupun latihan dari yang sebelumnya. Dalam artikel ini kita akan bahas pengertian belajar menurut para ahli, teori, ciri dan elemen. Dengan kata lain, proses belajar sendiri merupakan akibat dari hasil interaksi dari respons maupun stimulus. Salah satu definisi belajar menurut ahlinya yaitu seluruh proses kegiatan yang mencakup aktivititas mental dan juga psikis. Semua itu nantinya juga saling berinteraksi secara aktif dalam sebuah lingkungan.

Sehingga nantinya akan menghasilkan suatu perubahan yang mana berlangsung saat proses  pemahaman sedang dikelola. Jenis teori belajar sendiri ada 3 jenis yang pertama yaitu behaviorisme. Dimana teori ynag satu ini menekankan pada perubahan tingkah laku manusia sebagai hasil dari penglaman. Adapun teori kedua yaitu kognivtivisme yang menekankan cara pemrosesan dari informasi yang ditangkap oleh manusia. Terakhir yaitu model teori belajar konstruktivisme yang bersifat membangun tatanan hidup yang jauh lebih berbudaya dan juga modern tentunya.

Ciri dan juga elemen  ini begitu penting, dimana beberapa hal tersebut masih berkaitan dengan definisi dari belajar. Ada empat buah ciri dan elemen yang tergabung menjadi satu.  Pertama yaitu belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada dalam diri maupun tingkah laku manusia. Kedua yaitu belajar merupakan suatu proses perubaham yang terjadi secara naluriah karena latihan dan jgua pengalaman yang dilakukan masa lampau.

Ketiga yaitu belajar harus bisa didapatkan dalam sebuah kecakapan yang baru. Dengan begitu baru bisa disebut proses belajar apabila mengalami hal tersebut. Dimana proses berperilaku tersebut tentunya dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Terakhir yaitu belajar merupakan tingkah laku yang mengalami perubahan tertentu. Hal ini tidak lain karena proses belaajar itu sendiri masih berkaitan erat dengan berbagai macam aspek kebribadian dalam diri setiap orang. Baik aspek kebribadian yang berupa fisik dan juga psikis, keduanya sama-sama penting untuk membentuk proses belajar tersebut. Namun harus digaris bawahi lagi bahwa semua proses tersebut   pastinya mempunyai pertumbuhan yang berbeda bagi  setiap orang.

Originally posted 2022-08-04 12:59:00.

You may also like