Miliki Logo Dengan Kriteria Ini Demi Suksesnya Branding

by Mujahid Sahroni
Miliki Logo Dengan Kriteria Ini Demi Suksesnya Branding

Logo sebuah produk bukan hanya sekadar gambar, logo harus merepresentasikan perusahaan sehingga orang yang melihatnya mampu mengenali sebuah merk hanya dari melihat logonya. Tidak heran jika logo menjadi salah satu strategi branding yang paling diandalkan oleh banyak pemilik bisnis.

Dalam sebuah bisnis, logo memiliki makna, visi dan ideologi dari perusahaan yang mereka jalankan. Apapun brand Anda, sebuah logo yang baik dapat menyampaikan pesan dan berkomunikasi dengan pelanggan. Untuk membuat sebuah logo, kebanyakan perusahaan membutuhkan waktu yang lama agar logo dapat merepresentasikan perusahaan tersebut. Tidak jarang, para pemilik bisnis memilih untuk menggunakan jasa branding. Logo yang tepat biasanya memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Sederhana agar mudah diingat

Logo yang baik dan efisien haruslah memorable atau mudah diingat. Logo yang sederhana akan memberikan sebuah kesan yang baik bagi siapa saja yang melihatnya. Jika logo yang Anda buat terlihat rumit maka kebanyakan orang akan sangat sulit untuk mengingatnya. Logo yang rumit juga akan sulit untuk diartikan dan dikaitkan dengan kesan dan identitas brand tersebut.

2. Timeless

Logo yang tidak termakan waktu atau timeless bisa merepresentasikan perusahaan Anda dalam jangka waktu yang lama. Sebuah logo yang baik haruslah mudah diingat dan tidak tergerus oleh jaman. Salah satu logo yang sukses bertahan tanpa tergerus jaman adalah Coca-Cola. Karakter khas pada font telah ada sejak 1885 dan masih digunakan hingga sekarang. Orang dengan mudah mengingat font  dan warna merah terang yang mereka gunakan.

3. Mudah dideskripsikan

Logo harus deskriptis dan mampu menceritakan esensi dari sebuah brand perusahaan. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah buatlah sebuah nama brand yang mudah diingat dan buat logo yang tidak jauh dari nama brand tersebut. Temukan warna khas dari merk Anda dan gunakan pada logo.

4. Original

Logo haruslah bersifat original sehingga orang yang melihat logo tersebut hanya akan mengingat perusahaan atau brand Anda. Mungkin Anda akan dengan mudah mengingat merk sepatu dengan logo ceklis yang khas. Nike berhasil membuat logo yang sederhana namun diingat oleh banyak konsumennya. Jika Anda melihat logo serupa dari merk sepatu lain, maka Anda juga akan dengan mudah menilai merk sepatu tersebut plagiat. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebuah logo haruslah original.

Pembuatan logo sebuah merk biasanya harus melewati waktu yang panjang, banyak juga perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa digital marketing agency Jakarta untuk mengerjakan logo perusahaan atau brand mereka.

 

You may also like