Meningkatkan Brand Awareness di Dunia Digital

by Mujahid Sahroni
Meningkatkan Brand Awareness di Dunia Digital

Brand awareness adalah tingkat kesadaran konsumen terhadap produk dan layanan dari suatu bisnis. Kesadaran tersebut nantinya mampu membuat calon pelanggan mengenali citra suatu produk, serta mampu mengaitkan produk tertentu dengan brand produk lain. Calon pelanggan biasa mengenali suatu produk dengan melihat warna, logo, tagline, atau kalimat-kalimat promosi lainnya. 

Brand awareness merupakan salah satu hal yang penting untuk meningkatkan penjualan produk. Dengan mengingat produk kita, tentu pelanggan dan calon pelanggan akan lebih muda tergerak untuk membeli produk yang kita tawarkan. Oleh karena itu, kita sebagai pelaku bisnis perlu menggunakan strategi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Memang bukan hal yang mudah untuk meningkatkan brand awareness, namun begitu tetap ada tips-tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness. Mari kita simak tips-tips berikut ini.

Tips Meningkatkan Brand Awareness

1. Membuat Konten yang Menarik

Konten adalah salah satu hal penting untuk membuat produk kita menjadi terkenal. Konten yang kita buat bisa dalam bentuk artikel, gambar, ataupun video yang relevan, bermakna, dan menarik sesuai dengan produk yang kita punya. Konten untuk meningkatkan brand awareness adalah konten yang bisa memberikan informasi kepada pelanggan maupun calon pelanggan seinformatif mungkin.

Kita bisa menggunakan metode story telling sebagai salah satu metode untuk membuat konten yang bertujuan memperkenalkan produk kita secara detail dan menyeluruh. Dengan cara itu, para pelanggan atau calon pelanggan akan memiliki pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi terkait sebuah produk. Akibatnya, mereka akan lebih mudah mengingat produk yang kita tawarkan.

2. Social Media Marketing

Penggunaan media sosial bukanlah hal baru lagi di era saat ini. Hampir semua masyarakat menggunakannya, baik untuk alasan pribadi maupun untuk keperluan bisnis. Meningkatkan brand awareness dengan media sosial adalah salah satu pilihan yang tepat. Kita bisa menunjukkan produk yang tengah kita tawarkan di platform-platform media sosial yang mempunyai banyak pengguna.

Tentu dalam memilih platform media sosial mana yang akan kita gunakan, kita harus melihat kembali produk yang kita miliki. Kita bisa menyesuaikan produk yang kita punya dengan pasar-pasar pengguna sosial media. Melalui platform ini, para pelanggan atau calon pelanggan akan lebih mudah melihat produk kita. Kita bisa mengunggahnya dengan gambar, video, serta redaksi yang menarik minat para pelanggan atau calon pelanggan.

3. Menggunakan Teknik SEO

Untuk membuat produk kita bisa terus teringat di kepala para pelanggan atau calon pelanggan, maka kita perlu membuat produk kita terus menerus muncul di bagian atas pencarian. Untuk membuat produk kita seperti itu, kita membutuhkan teknik SEO. Cara untuk tingkatkan brand awareness menggunakan teknik SEO cukup mudah. 

Kita bisa menulis konten yang berisi informasi-informasi penting dan menarik yang harus ada dalam konten tersebut. Kita juga bisa menggunakan beberapa kata kunci yang mungkin saja akan sering dipikirkan pelanggan atau calon pelanggan. Tentu kata kunci tersebut haruslah yang berkaitan dengan produk yang kita tawarkan. Menggunakan teknik SEO ini mungkin sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan metode lainnya, misalnya saja beriklan. Namun, hal ini akan membuahkan hasil jika dilakukan dengan benar dan konsisten.

4. Influencer Marketing

Sesuai dengan namanya, influencer marketing adalah cara marketing dengan melibatkan para influencer yang berkarya di platform-platform tertentu. Biasanya, para influencer memiliki pengikut yang banyak dan menjadi cukup berpengaruh di mata para pengikutnya. Hal ini tentu bisa dijadikan ajang kerjasama untuk memasarkan produk yang kita miliki.

Produk yang kita punya akan ditawarkan oleh para influencer menggunakan konten yang mereka buat dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Hal ini tentu mampu meningkatkan brand awareness dari produk kita. Rasa percaya masyarakat terhadap influencer biasanya lebih besar daripada kepada produk itu sendiri, karenanya berkolaborasi dengan influencer adalah salah satu cara yang bisa dicoba. 

5. Membuat Website yang Menarik

Selain cara-cara di atas, ada satu cara yang juga tidak kalah efektif. Tentu sebagai pelaku bisnis kita sudah memikirkan untuk mempunyai website pribadi. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap bisnis yang kita jalankan. Meskipun begitu, lebih dari sekadar memiliki website pribadi, kita juga perlu untuk mengelola dan memanfaatkan website yang kita punya.

Kita perlu membuat tampilan yang menarik juga memberikan informasi-informasi yang berguna. Website yang kita punya juga harus dipastikan mudah digunakan oleh pengguna sekalipun itu orang awam. Gunakan kalimat-kalimat yang mudah dipahami bila itu terkait tentang detail dan informasi produk, diskon produk, ataupun promosi yang tengah berlangsung. Dengan mengelola website secara tepat, kita bisa meningkatkan brand awareness dari produk yang kita miliki.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan brand awareness. Mungkin di antara teman-teman ada yang sedang berbisnis dan sedang berusaha mengenalkan produknya? Seperti salah satu cara di atas, teman-teman bisa memanfaatkan website pribadi untuk meningkatkan brand awareness. Tapi apakah teman-teman sudah tahu akan membuat website di mana? Jika masih bingung, kami, Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain murah siap membantu proses pembuatan website teman-teman sekalian. Teman-teman bisa menyesuaikan jenis website apa yang sesuai kebutuhan. Informasi lebih lanjut terkait hosting dan domain, silakan kunjungi laman kami sekarang

You may also like