Mengulas Pondak Pesantren Nurul Firdaus yang Terbaik di Jawa Barat

by Mujahid Sahroni
Pondak Pesantren Nurul Firdaus yang Terbaik di Jawa Barat

Salah satu dari berbagai pondok pesantren yang sudah terkenal dan pesantren terbaik di Jawa Barat adalah Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Namun masih banyak orang yang tidak tahu tentang pondok pesantren ini. Di artikel ini kamu akan mendapatkan beberapa info tentanghal apa saja yang bisa kamu lakukan dan dapatkan di Pondok pesantren Nurul Firdaus.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan dapatkan di Ponpes Nurul Firdaus

  1. Pendidikan Persantrian

Tentu saja jika berbicara tentang pondok pesantren, satu hal yang pasti adalah kegiatan persantrian. Kegiatan persantrian seperti adalah kegiatan yang lebih mengarah ke kegiatan keagamaan Islam. Di dalam pendidikan persantrian atau gampangnya disebut kegiatan pesantren, para santri-santri dituntut untuk ikut serta dalam kegiatan agama islam seperti sholat rutin berjamaah, sholat tahajud, mengaji dll.

Contoh kegiatan pesantren umumnya adalah : Diawali dengan melaksanakan sholat sunnahTahajud sebelum datang waktu shalat shubuh, diikuti dengan shalat wajib Shubuh secara berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan membaca al-quran bersama, dan tahfidz. Kemudian para santri akan menghadiri kegiatan di sekolah, dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat.

Kegiatan pesantren dilanjutkan seusai kegiatan sekolah dan istirahat. Kegiatan seperti mempelajari kitab, shalat berjamaah, belajar tentang ilmu agama dll. Kegiatan akan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah.

  1. Pendidikan Formal

Di pondok pesantren Nurul Firdaus ini kamu juga bisa mempelajari pendidikan umum. Lembaga Pondok pesantren ini mempunyai berbagai lembaga pendidikan dari jenjang paling rendah Raudhatul ulama (RA) dan Paud hingga ke jenjang yang paling tinggi SMA dan SMK. Apa yang akan kamu pelajari disini adalah pelajaran yang selayaknya diberikan di sekolah-sekolah formal umum lainnya.

Kegiatan belajar mengajar akan dibimbing oleh guru-guru dan juga mahasiswa yang akan mententor kalian di setiap mata pelajaran umum. Ponpes Nurul Firdaus mengklaim bahwa untuk menghasilkan lulusan yang terbaik, sehingga mampu mengangkat Ponpes Nurul Firdaus menjadi pesantren terbaik di Jawa Barat. Semua santriwan dan santriwati yang ada di ponpes ini adalah santri-santri terpilih.

Mereka yang bisa masuk ke ponpes ini adalah mereka yang memiliki prestasi baik di dalam atau luar sekolah.Bukan hanya itu, memiliki prestasi yang baik pada kelas sebelumnya akan memperbesar kemungkinan untuk mendapat beasiswa penuh untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

  1. Hypnosis, Hypnotherapy, dan metode rehabilitasi mental

Pondok pesantren ini cukup dikenal dengan praktek hypnosis, hypnotherapy dan rehabilitasi mentalnya. Dipandu oleh si pendiri pondok pesantren ini Dr. Gumilar, S.PD,MM., CH., CHt., PNNLP dan beberapa jajaran terapis lainnya, membantu mereka yang memiliki gangguan baik, mental atau pun spiritual agar kembali normal.

Metode yang digunakan untuk merehabilitasi disebut sebagai metode gabungan antara Hypnotherapy atau cuci otak dengan ruqyah syariah. Setelah melakukan terapi, para pasien akan diberi ilmu agama tentang cara mengobati penyakit mereka. Yang kemudian dilanjutkan dengan ruqyah syariah. Terapi ini berlangsung selama 4 bulan.

Beberapa kegiatan seperti rehabilitasi remaja yang kecanduan game, pengobatan korban sihir, gangguan kejiwaan bipolar, bahkan gangguan mental dan kejiwaan dll. Dilakukan di ponpes ini. Berbagai macam pasien dari berbagai kalangan dan juga berbagai kota dikatakan datang untuk berobat.

  1. Pendidikan non-formal

Pesantren terbaik di Jawa Barat, ini juga memiliki beberapa lembaga pendidikan non-formal. Lembaga pendidikan terebut adalah Pusat kegiatan belajar belajar masyarakat (PKBM), life skill, kelompok belajar umum (KBU), lembaga kursus dan pelatihan (LKP) dll. Lembaga pendidikan seperti PKBM didirikan sebagai langkah untuk menunjang pencapaian Angka Melek Huruf (AMH) di Cimahi.

  1. Tahfidz Qur’an dan pesantren kilat

Di ponpes ini kamu juga mendapat kesempatan untuk belajar Tahfidz Qur’an.Pada saat bulan ramadhan ponpes ini juga mengadakan kegiatan pesantren kilat. Untuk para siswa berprestasi kegiatan ini tidak dipungut biaya. Di kegiatan ini, peserta akan belajar tentang istiqomah, menjaga akhlak mulia, dan nilai-nilai baik lainnya.

Demikian beberapa informasi singkat tentang apa yang bisa kamu pelajari atau lakukan di ponpes Nurul Firdaus ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberi gambaran tentang seperti apa kegiatan para santri di pondok pesantren ini.Terima kasih

You may also like