Mengenal Solder Uap Portable serta Kelebihan dan Kekurangannya

by Mujahid Sahroni
Solder Uap Portable

Perubahan zaman memang harus diakui, juga merubah teknologi yang sejak dulu ada. Namun perubahan teknologi juga tidak selalu buruk, seperti hadirnya solder uap portable dapat mempermudah kehidupan kamu.

Kemajuan teknologi tidak hanya berdampak positif pada alat komunikasi, pada alat elektronik seperti solder juga mengalami perubahan cukup signifikan. Penggunaan blower hot air memang umum digunakan, oleh teknisi atau usaha-usaha service lainnya.

Solder uap memiliki ragam jenis, ada yang bekerja secara manual dan digital. Meskipun begitu, kedua alat ini tetap memiliki manfaat sama. Hanya solder uap portable bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan tidak berat.

Bagi kamu yang masih asing dengan alat ini, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai blower hot air portable. Serta apa saja kelebihan dan kekurangan yang alat ini miliki.

Mengenal Solder Uap Portable dengan Lengkap

Blower hot air portable memang memiliki fungsi serupa dengan solder uap konvensional, yaitu merubah energi listrik menjadi uap panas yang keluar dari mata solder. Uap panas pada solder uap bisa mencapai hingga 500 derajat celcius.

Berbeda dengan solder biasa, yang mengalirkan panas pada besi solder. Blower hot air portable mengalirkan uap panas, dan dapat diatur sesuai dengan keinginan kamu. Namun tentunya setiap komponen memiliki suhu berbeda-beda, tergantung pada ukuran.

Serta waktu pencairan komponen juga berbeda-beda, pada umumnya penggunaan alat ini tidak hanya untuk mencairkan komponen, melainkan bisa juga untuk mengeringkan dan melepas atau memasang kembali komponen.

Penggunaan alat ini memang lebih diperuntukkan untuk teknisi ahli atau orang yang memang sudah berpengalaman menggunakan alat ini. Sebab cukup berisiko, bila penggunaan alat ini tidak diawasi oleh seseorang yang ahli.

Uap panas atau percikan panas dari alat ini, bisa saja melukai tangan atau anggota tubuh lainnya. Penggunaan alat keselamatan seperti sarung tangan, serta komponen pelindung seperti pinset, juga perlu dipersiapkan.

Kelebihan dan Kekurangan Solder Uap Portable

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kembali lagi kepada para pembeli yang menentukan. Apakah mereka memutuskan untuk membelinya, atau mencari produk dengan manfaat lebih besar.

1. Bermanfaat untuk Memperbaiki Alat Elektronik

Blower hot air portable memang lebih sering digunakan pada perbaikan alat elektronik, entah memperbaiki komponen rusak atau bisa juga sebagai menempelkan kembali komponen yang terlepas.

Uap panas yang dihasilkan, memang terbukti efektif dalam memperbaiki suatu barang. Komponen SMD atau Surface Mounting Devices, juga bisa kamu lepas atau memasangnya kembali untuk proses perbaikan.

2. Mempermudah dalam Mencairkan Patrian atau Timah

Uap panas pada blower hot air portable ini memang efektif untuk mencairkan biji timah, bahkan timah berukuran besar juga dapat dilelehkan. Tergantung pada suhu yang telah kamu tentukan, bila mengaturnya di suhu yang tepat maka timah dapat mencair.

3. Memiliki Harga yang Cukup Mahal

Spesifikasi pada alat ini terbilang cukup banyak, dan bisa digunakan untuk banyak perbaikan komponen. Dengan kualitas tinggi tersebut, tentunya harga yang dipatok pada solder uap portable cukup mahal.

4. Memangkas Daya Listrik Cukup Besar

Suhu yang dicapai pada alat ini bisa mencapai 100 hingga 500 derajat celcius, sehingga juga memerlukan energi listrik cukup tinggi. Sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya periksa terlebih dahulu daya listrik rumah kamu.

Karena penggunaan daya listrik pada alat ini terbilang besar dan cukup boros, maka kamu harus bisa memaksimalkan alat ini pada saat menyalakannya.

Setelah kami paparkan apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh solder uap portable, maka kamu bisa menentukan apakah tetap membelinya atau tidak.

Originally posted 2021-08-03 04:48:07.

You may also like