Mengenal Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa

by Mujahid Sahroni
Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa

Mengenal Perkembangan Gadget dari Masa ke Masa – Mungkin anak milenial tidak akan pernah merasakan bagaimana sulitnya dulu menggunakan gadget. Jangankan untuk merasakan, bahkan mungkin tahu saja tidak tentang bagaimana penampakan gadget pada zaman dahulu. Nah, kali ini akan diulas mengenai bagaimana awal mula terciptanya gadget dan juga perkembangannya hingga sampai sekarang.

Pada tahun 90-an, disebutkan bahwa ada yang menciptakan gadget untuk pertama kalinya, diberi julukan dengan nama IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon ini bukanlah telepon seluler, melainkan sudah bisa dikategorikan sebagai smartphone. Hal ini dikarenakan, perangkat tersebut memang sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email dan juga faks.

Perkembangan gadget pertama kali ini sudah menggunakan layar sentuh tetapi dengan jenis monokrom, dan juga menggunakan stylus, serta mempunyai charging base station. Konsepnya pada saat itu adalah apabila Anda sudah menggunakan IBM Simon dalam waktu 60 menit menggunakan data, maka setelah itu Anda harus melakukan pengisian daya.

Pada saat perdana launching, IBM Simon ini berhasil dijual sebanyak 50 ribu unit dengan harga jual sekitar 14 jutaan. Namun, tidak lama perusahaa tersebut mengalami krisis sehingga harus gulung tikar dan rencana penjualan IBM Simon versi keduanya pun batal. Dari sana, mulailah muncul gadget baru yaitu Nokia yang meluncurkan Nokia 9000 communicator dengan tebal 1,5 inci dan beratnya sekitar 379 gram.

Gadget dari Nokia ini mempunyai layar monokrom, tombol navigasi, tombol dial, dan juga sudah menggunakan keyboard qwerty. Perkembangan gadget pada saat itu hanya sebatas sampai mengirim email, melakukan browsing di internet, dan juga mempunyai memori yang hanya mempunyai ukuran sebesar 8 mb. Tidak berapa lama, Ericsson pun menyusul dengan mengeluarkan gadget yang mirip dengan Nokia 9000 communicator.

Kemudian pada tahun 2000-an, sudah mulai bermunculan sistem operasi untuk gadget seperti Blackberry, Symbian, Plam OS, dan juga Windows mobile. Namun, yang paling banyak diminati adalah Blackberry, hal ini terbukti dari meningkatnya pengguna gadget Blackberry. Tidak lama dari itu, tepatnya pada tahun 2007, industri lain juga mengeluarkan perangkat gadget terbaru yaitu iPhone atau Apple.

Berbeda dengan gadget-gadget sebelumnya, iPhone ini menawarkan perangkat dengan tombol navigasi yang lebih minim, yaitu hanya ada satu tombol di layarnya. Apple juga menghadirkan sistem baru bernama OS dan iOS yang bisa disebut lebih modern dari sistem-sitem sebelumnya.

Perkembangan gadget pada saat itu semakin tumbuh pesat, sehingga Google pun meluncurkan gadget untuk bersaing dengan iPhone, yaitu android. Hingga sampai saat ini, perkembangan dari semua gadget pun tidak ada hentinya. Setiap tahunnya, selalu ada pengembangan baru untuk setiap gadget yang diluncurkan.

Nah, untuk melihat kemajuan mengenai hal ini, maka Anda bisa melihatnya langsug di info gadget di jalantikus.com. Mulai dari perkembangan spesifikasinya, desainnya, ruang penyimpanannya, kemampuan pemroresannya, kamera, speaker, baterai, dan yang lainnya.

Bahkan sekarang, perkembangan gadget sudah sampai pada tahap untuk mengembangkan layar lipat yang paten, mengisi daya baterai secara wireless, gadget tanpa bezel, dan lain-lain.

Canggih bukan? Dari yang awalnya hanya sekadar untuk mengirim email, tetapi sekarang perkembangannya sudah sampai sejauh ini. Berbicara mengenai perkembangannya, maka perlu diketahui pula mengenai harga yang ditawarkannya, maka Anda bisa melihat sendiri mengenai review dan harga ponsel pintar sebagai bahan referensi Anda ke depannya apabila berniat untuk membeli gadget yang baru.

You may also like