Mengenal 5 Jenis Bahasa Pemrograman Website Paling Populer

by Mujahid Sahroni
Bahasa Pemrograman Website

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membawa kita beralih ke zaman serba digital. Atas alasan inilah semakin banyak orang tertarik untuk mempelajari dan mendalami bahasa pemrograman. Baik untuk tujuan pembuatan website, aplikasi, atau yang lainnya. Nah, salah satu kegunaan bahasa pemrograman yang paling populer yaitu untuk pembuatan website bisnis atau perusahaan.

Dalam membangun sebuah website, maka hal utama yang sangat perlu diperhatikan adalah pemilihan bahasa pemrograman website. Mengingat bahwa fungsi website sangat penting di era digital seperti sekarang ini, maka tidak heran jika semakin banyak pihak yang menawarkan jasa pembuatan website. Meskipun demikian, tentu saja Anda tetap perlu mempelajari apa itu bahasa pemrograman.

Baca juga : tempat beli Domain murah Indoensia

Mengapa perlu mempelajari bahasa pemrograman? Tentu saja, ini berguna agar kita bisa mengelola website sendiri dengan baik dan benar. Apalagi bagi pelaku bisnis, pastinya harus bisa mengelola website untuk mengembangkan bisnis yang dibangun. Lantas, apa saja jenis bahasa pemrograman untuk bisnis yang paling populer?

 

Ini Dia, Pilihan Bahasa Pemrograman untuk Website Bisnis

Bahasa pemrograman diartikan sebagai bahasa komputer yang fungsinya untuk memberikan perintah serta mengatur perangkat lunak pada komputer agar dapat menjalankan tugas-tugas tertentu. Jadi, bahasa pemrograman sebenarnya dibuat untuk membangun sebuah sistem pada komputer.

Saat kita membuat sebuah website sendiri dengan mengaplikasikan salah satu bahasa pemrograman yang sudah dikuasai, maka kita bebas membuat tampilan website sesuai dengan kebutuhan dan selera. Tentu saja, pemilihan jenis bahasa pemrograman menjadi hal yang paling penting. Nah, berikut ini ada 5 jenis bahasa pemrograman website paling populer yang bisa dipelajari:

1. PHP

PHP adalah jenis bahasa pemrograman yang menggunakan sistem script server-side dalam pembuatan situs website. PHP juga dikenal sebagai bahasa pemrograman umum yang lebih mudah dipelajari dan digunakan oleh siapa saja. Keunggulan PHP yaitu bisa digunakan tanpa biaya sedikit pun alias gratis karena bersifat Open Source.

Bahasa pemrograman ini akan membantu kita untuk membuat website dengan tampilan konten sesuai dengan keinginan. Website yang dibuat dari bahasa pemrograman PHP sangat bersifat dinamis. Tidak heran jika jenis bahasa pemrograman ini sangat populer hingga saat ini.

2. Python

Python merupakan jenis bahasa pemrograman yang bersifat sangat multi guna. Phyto dikenal memiliki sintaks yang cukup sederhana. Bahasa pemrograman yang satu ini sering digunakan untuk menulis sebuah aplikasi website. Instagram, Youtube, dan Google adalah beberapa contoh perusahaan yang memanfaatkan Python sebagai bahasa pemrograman yang dipilih.

Untuk para pemula, Phyton termasuk jenis bahasa pemrograman yang tidak terlalu sulit untuk dipahami dan dipelajari. Hal ini karena struktur sintaks Phyton yang dikenal rapi. Oleh karena itu, untuk pemula yang baru ingin belajar tentang coding, maka Python ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Phyton juga banyak dipilih karena bisa memberikan kecepatan serta meningkatkan kualitas website yang dibangun. Ini karena Phyton didukung oleh modul-modul standar dan tambahan, seperti NumPy, SciPy, dan lainnya.

3. Java

Hingga saat ini, java masih menduduki posisi sebagai bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Penggemar Java memang sangat banyak mengingat bahwa bahasa pemrograman yang satu ini tergolong sangat multifungsi. Bukan hanya bisa diaplikasikan pada pembuatan website, Java juga bisa kita gunakan dalam pembuatan software hingga membangun aplikasi. Menurut para pengguna bahasa pemrograman, Java dikenal lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan jenis bahasa pemrograman lainnya.

4. JavaScript

JavaScript sudah sangat populer digunakan untuk membuat situs website baru. Pada awal kehadirannya, Javascript bernama Mocha, lalu berganti nama menjadi LiveScript dan kemudian menjadi Javascript. Berbeda dengan bahasa pemrograman Java, Javascript lebih fokus pada pembangunan dan pengembangan situs website.

Awalnya, Javascript dibuat hanya untuk berjalan pada browser. Namun, kini Javascript juga bisa digunakan untuk IoT, Server, Desktop, Game, dan lain-lain. Penggunaan JavaScript akan menghasilkan tampilan website yang semakin dinamis serta interaktif.

5. Ruby

Ruby adalah jenis bahasa pemrograman yang cukup dinamis dengan berbasis skrip yang mengutamakan orientasi objek. Ruby disebut-sebut sebagai bahasa pemrograman yang menggabungkan hampir semua kelebihan dari jenis bahasa pemrograman skrip lain yang tersedia di dunia.

Ruby sangat disukai karena memiliki struktur sintaks yang cukup sederhana. Dibandingkan bahasa pemrograman lain, Ruby juga menawarkan kelebihan lainnya, yaitu mempunyai exception handling yang sangat baik, menggunakan konsep single inheritance, dan sifatnya Open Source.

Itu dia, jenis-jenis bahasa pemrograman website paling populer yang bsia Anda pilih. Sebenarnya, bahasa pemrograman yang terbaik tergantung dari bagaimana kebutuhan kita. Hal ini karena setiap jenis bahasa pemrograman menawarkan kelebihan dan fungsinya yang berbeda-beda. Maka dari itu, jika Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman secara  tepat, maka akan memberikan hasil yang terbaik sesuai dengan keinginan.

You may also like