Memahami Apa itu Spoofing dan Dampak nya dalam Bisnis

by Mujahid Sahroni
Memahami Apa itu Spoofing dan Dampak nya dalam Bisnis

Deskripsi : Dunia serba teknologi ini sudah banyak kejahatan dunia maya, salah satunya adalah spoofing. Di sini akan dijelaskan apa itu spoofing dan dampaknya pada bisnis.

===

Memahami Apa itu Spoofing dan Dampak nya dalam Bisnis

Sumber: undraw.co

 

Berselancar di dunia maya tidak senyaman berselancar di atas arus ombak. Dunia maya sudah dipenuhi banyak tindak kejahatan yang beragam dengan cara yang bervariasi. Salah satunya adalah spoofing. Lantas, apa itu spoofing ?

Pasti belum ada dari sebagian Anda yang paham mengenai apa itu spoofing dan dampak negatif yang diberikan nya, terutama pada bisnis. Tanpa basa – basi lagi, mari kita memahami lebih dalam apa itu spoofing.

Baca juga : Harga domain .com terbaru

Memahami Apa itu Spoofing

Kalau Anda adalah salah satu korban dari penipuan dari dunia maya baik itu lewat surel, media sosial, pesan masuk, dan lain sebagainya, maka kamu termasuk bagian dari korban spoofing.

Spoofing ini salah satu bagian dari penipuan, di mana pelaku akan menggunakan keahlian nya untuk meretas akun dunia maya perusahaan untuk menipu Anda.

Bahkan pelaku membuat akun dunia maya baru namun mengatasnamakan organisasi dan/atau perusahaan untuk melakukan tindak kejahatannya.

Dengan strategi yang ampuh tersebut, mudah saja bagi Anda untuk terlena dan kalap dengan rayuan mesra dari sang pelaku. Dari spoofing tersebut, sang pelaku bisa mendapatkan berbagai data yang amat sangat menguntungkan dari Anda.

Misalnya merusak sistem dari akun dunia maya milik Anda dan mendapatkan data pribadi Anda juga mengambil harta kekayaan Anda. Senjata dan amunisi pelaku dalam spoofing pun sangat banyak.

Dari penyerangan lewat malware sampai serangan DDos pun mereka lakukan demi mendapatkan apa yang mereka tuju. Ragam spoofing pun ternyata bervariasi. Tiap ragam nya memiliki alur dan proses yang berbeda dalam menyerang.

Dari ragam spoofing tersebut kita akan jelaskan satu per satu apa saja.

Aneka Ragam Spoofing

Spoofing memiliki berbagai macam bentuk. Di antaranya adalah:

1.      Surel Spoofing

Ada yang pernah dapat surel palsu ? atau mungkin ada surel aneh yang tak dikenal ? Bisa jadi itu adalah salah satu dari surel spoofing. Gaya spoofing yang satu ini sudah mainstream terjadi.

Pelaku biasanya mengirimkan alamat email yang tak biasa dengan berisikan sesuatu yang akan memaksa orang yang melihat untuk mengklik tombol atau tautan yang ada di email tersebut.

Baca juga : Belajar Android studio Baca disini

Kalau Anda tidak mengklik tombol atau tautan tersebut, Anda aman. Tapi, bila sudah terlanjur ? maka apa yang akan terjadi ? Tentunya malware yang tersimpan pada tombol atau tautan tersebut sudah melakukan aksinya.

Dengan malware yang sudah ditempelkan pada tautan tersebut, pelaku sudah bisa mendapatkan data yang dia inginkan, menghancurkan sistem hingga bahkan mengambil uang Anda.

2.      Situs Web Spoofing

Hati – hati dengan tautan situs website yang Anda klik, bisa jadi situs tersebut adalah hasil tiruan atau situs palsu yang dikreasikan oleh sang peretas. Jika Anda sudah terlanjur mengkliknya, bisa jadi itu adalah situs web spoofing.

Situs web spoofing adalah gempuran spoofing dari para peretas untuk bersama membuat sebuah situs yang mirip dengan aslinya. Bahkan, sampai pada tampilan nya pun juga terlihat sama padahal sebenarnya itu hanya tipuan belaka.

Strategi gempuran dari situs web spoofing ialah sang peretas akan mengarahkan tautan situs palsunya untuk disambungkan pada situs aslinya, sehingga korban akan terkecoh dan masuk dalam perangkap.

Selain itu, peretas pun juga akan mengirimkan surel spoofing sebagai opsi strategi lainnya agar korban makin terperangkap dan masuk kedalam jurang malware.

Akhir nya, bila korban sudah didapatkan, maka peretas akan mendapatkan jamuan data pribadi korban yang lezat dan menguntungkan. Jadi, waspadalah!

3.      ID Pemanggil Spoofing

Tanpa Anda sadari sebenarnya Anda dan bahkan sebagian orang pernah mengalami ID Pemanggil Spoofing. Kenapa bisa demikian ? Coba cek ponsel pintar yang ada di genggaman Anda. Apa disana ada nomor ponsel yang aneh ?

Misal, apa disana ada nomor ponsel yang tidak diawali dengan kode +62 ? seperti kode nomor ponsel luar negeri misalnya. Contoh kodenya seperti +880, +54, +374.

Jika Anda mengalami hal seperti itu, maka tidak diragukan lagi itu adalah ID Pemanggil Spoofing.

ID Pemanggil Spoofing adalah salah satu strategi lumrah yang sering digunakan oleh penipu tapi tetap jadi langganan para penipu karena masih banyak yang tertipu oleh nomor palsu tersebut.

Proses nya nanti pelaku bisa mengganti kode nomor ponsel sesuka hati mereka untuk nanti digunakan saat panggilan atau telepon. Penipu itu melakukan perubahan kode nomor agar tidak dapat dilacak.

Setelah itu, dengan kelicikan dan kepicikan si penipu, dia akan menelepon korban dan melakukan rayuan gombal dan bujukkan mesra agar korban jatuh kedalam pelukkan si penipu dan akhirnya data pribadi korban didapatkan dengan mudah.

Dampak Spoofing dalam Bisnis

Dalam bisnis, pengumpulan data dan riset sangatlah penting untuk mengetahui target pasar yang ingin dicapai. Tapi, bila pengumpulan data nya melakukan strategi spoofing maka itu adalah strategi yang kurang tepat.

Memang pengumpulan data dengan spoofing bisa sangat cepat. Misalnya, ada organisasi tertentu memiliki pasukan buzzer yang melakukan spoofing untuk mengumpulkan data konsumen nya

Lalu, mereka gencar mengambil data secara sepihak tanpa diketahui oleh konsumen. Itu bisa membuat citra organisasi tersebut menjadi buruk.

Maka dari itu, bila Anda adalah seorang pengusaha atau pebisnis yang ingin mengumpulkan data konsumen dengan cepat, janganlah menggunakan strategi spoofing. Lakukan strategi pengumpulan data lainnya yang lebih reliabel.

Itulah segala hal yang bisa Anda pahami tentang apa itu spoofing dan dampaknya dalam bisnis. Semoga kejahatan dunia maya semakin berkurang dan mari kita sama – sama sebarkan hal positif di dunia maya.

You may also like