Manfaat Jika Perusahaan Menggunakan Payroll Outsourcing

by Mujahid Sahroni
Manfaat Jika Perusahaan Menggunakan Payroll Outsourcing

Salah satu kewajiban perusahaan kepada karyawan dalam memberikan gaji yang layak. Untuk memproses gaji setiap bulan, tidak jarang perusahaan mengalami berbagai kesulitan sehingga proses penggajian terhambat. Jika sudah begini, ada baiknya perusahaan bisa menggunakan jasa payroll outsourcing.

Singkatnya, jasa payroll akan membantu proses penggajian dalam perusahaan. Pihak perusahaan cukup memberikan data penggajian karyawan kepada pihak penyedia jasa lalu tinggal  menunggu hasilnya selesai.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat yang akan didapatkan perusahaan ketika menggunakan jasa payroll outsourcing?

Data Bisa Diperbaharui Secara Online

Ada berbagai macam data yang dibutuhkan untuk penggajian. Sering kali data tersebut berubah sewaktu-waktu dan harus di-update agar pengelolaan penggajian dapat berjalan lancar. Untungnya data penggajian ini bisa diubah secara online oleh perusahaan. Jadi perusahaan bisa dengan mudah mengubah data kapan saja dan di mana saja.

Aman

Data penggajian seperti status karyawan, nominal gaji, dan nomor induk karyawan adalah data konfidensial yang harus dijamin keamanannya. Tak jarang ada berbagai masalah akibat data payroll yang bocor. Misalkan ada karyawan yang cemburu sosial karena mengetahui gaji rekan satu divisi yang posisinya sama lebih tinggi. Padahal penetapan gaji ini tergantung berbagai faktor.

Untungnya jasa payroll outsourcing dapat menyimpan data karyawan dengan aman dan rahasia.  Sehingga berbagai masalah soal kebocoran data bisa diminimalisir.

Contoh jasa payroll outsourcing yang dikenal menjamin keamanan dan kerahasiaan data karyawan adalah LinovHR. Sudah banyak perusahaan yang mempercayai pengelolaan gaji karyawan kepada LInovHR karena jaminan tersebut.

Ditangani Ahli

Kendala penggajian dalam perusahaan biasanya juga disebabkan karena tidak ada staf ahli payroll dalam perusahaan. Sebab, pengelolaan gaji dalam perusahaan tidak hanya soal perhitungan gaji, melainkan juga soal pengelolaan pajak penghasilan dan, iuran BPJS Ketenagakerjaan, dan lainnya.

Pengelolaan gaji oleh payroll outsourcing ditangani langsung oleh staf ahli. Perusahaan juga dapat berkonsultasi tentang pajak penghasilan dan jaminan sosial yang akan diberikan untuk karyawan.

Menghasilkan Data Akurat

Karena ditangani oleh staf ahli, data penggajian yang dihasilkan pun lebih akurat. Berbagai kekeliruan dalam penggajian seperti salah hitung gaji, komponen gaji terkutar, dan masalah penetapan penghasilan tidak kena pajak bisa diminimalisir. Alhasil, proses penggajian pun berjalan lebih cepat.

Perusahaan Bisa Fokus Ke Inti Bisnis

Penggajian yang akurat dapat membuat segala masalah seputar penggajian bisa teratasi. Sehingga perusahaan dapat fokus kepada bisnis inti dan pengembangan tenaga kerja, contohnya melakukan statregi pengembagan operasional, merumuskan performance appraisal untuk karyawan, dan sebagainya.  Tidak perlu lagi berkutat dengan rumitnya sistem penggajian.

Itulah beberapa manfaat dari jasa payroll outsourcing. Jika perusahaan Anda mengalami kendala dalam pengelolaan payroll, maka tak ada salahnya mulai menggunakan jasa payroll ini. Semoga ulasan di atas bisa membantu!

Originally posted 2021-06-30 00:47:28.

You may also like