Langkah Cara Menggunakan Alat Bantu Pendengaran dan Tips Memilihnya

by Mujahid Sahroni
Langkah Cara Menggunakan Alat Bantu Pendengaran dan Tips Memilihnya

Seseorang yang mengalami gangguan pada telinga akan kesulitan dalam berinteraksi dengan orang sekitar. Lantas, bagaimana jika seseorang sudah terlanjur mengalami gangguan pada telinga? Salah satu solusinya adalah menggunakan alat bantu pendengaran. Dalam tulisan ini akan membahas tips memilih dan cara menggunakan alat bantu pendengaran yang benar.

Sebenarnya apa saja penyebab seseorang dapat kehilangan fungsi pendengaran? Penyebabnya antara lain sering mendengarkan suara-suara yang terlalu keras atau bagian telinga ada yang rusak, mungkin karena kecelakaan atau terkena benda keras. Selain itu, faktor usia juga dapat menyebabkan turunnya fungsi pendengaran seseorang. Berikut ini merupakan cara menggunakan alat bantu dengar:

1. Biasakan Mendengarkan Suara Sekitar Rumah

Saat ini alat bantu dengar dapat ditemukan di berbagai tempat. Calon pengguna dapat membeli sesuai dengan kebutuhannya. Setelah membeli, gunakan alat bantu dengar dengan benar berpedoman dengan buku petunjuknya. Setelah itu, coba dengarkan suara-suara sekitar rumah. Misalnya suara angin, suara burung, dan lain sebagainya.

2. Mendengar Orang Berbicara

Cara menggunakan alat bantu pendengaran kedua adalah mendengarkan orang berbicara. Seseorang yang baru saja memakai alat bantu pendengaran harus melewati step demi step. Jangan langsung menggunakan alat bantu dengar tersebut untuk mendengarkan suara yang lantang dan terlalu keras. Dengarkan suara orang yang berbicara sambil menyesuaikan diri.

3. Latihan Berinteraksi dengan Satu Orang

Jika langkah kedua adalah mendengarkan orang yang berbicara, maka selanjutnya adalah mencoba berbicara dengan orang. Cobalah mendengarkan dan memberikan respon berupa jawaban. Cukup dengan 1 orang terlebih dahulu. Ajak orang tersebut untuk memberikan respon dengan berbagai intonasi. Rasakan dan hayati kegiatan tersebut untuk mencari kenyamanan dari alat bantu dengar tersebut.

4. Mulai Mendengar Suara yang Lebih Keras

Setelah dirasa cukup nyaman berinteraksi dengan 1 orang, cobalah untuk mendengarkan suara yang lebih keras. Misalnya suara musik atau acara di televisi. Tinggikan volume secara berkala agar tidak kaget ketika menerima suara tersebut. Lakukan beberapa saat sampai pengguna benar-benar bisa menerima suara-suara tersebut.

5. Berinteraksi dengan Banyak Orang

Langkah terakhir adalah mencoba berinteraksi dengan orang banyak. Orang-orang tersebut dapat kita temui di jalan, di sekolah, tempat kerja dan lain sebagainya. Jika pengguna merasa kurang nyaman sebaiknya konsultasi ke klinik atau orang yang paham dengan masalah pendengaran agar mendapatkan rekomendasi selanjutnya.

Tips Memilih Alat Bantu Pendengaran

Memilih alat bantu pendengaran tidak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan alat bantu pendengaran merupakan alternatif pengganti fungsi pendengaran yang bermasalah. Itulah mengapa memilih alat bantu pendengaran sangatlah penting. Berikut ini adalah tips memilih alat bantu dengar.

Calon pengguna harus jeli ketika akan membeli alat bantu pendengaran. Jika kurang paham mengenai alat bantu dengar bisa langsung konsultasi ke dokter atau petugasnya. Dengan konsultasi, calon pengguna akan tau alat bantu dengar mana yang lebih cocok yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, ketika membeli alat bantu dengar sebaiknya memilih yang ada garansinya. Jika ada kerusakan dari alat tersebut pembeli bisa langsung mengklaim dan minta untuk diperbaiki. Tanyakan dengan jelas apakah barang tersebut bergaransi dan kapan tenggat garansinya.

Itulah tips-tips dan cara menggunakan alat bantu pendengaran yang bisa dijadikan referensi. Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan alat bantu pendengaran secara berkala. Selalu pantau perkembangan fungsi pendengaran dengan berkonsultasi ke klinik. Untuk lebih jelasnya, pengguna alat bantu pendengaran bisa langsung berkonsultasi ke Aqm-hearingcenter.com.

You may also like