Kenapa GBWhatsApp Sering Pending? Simak Penjelasan dan Cara Mengatasinya

by Mujahid Sahroni
Kenapa GBWhatsApp Sering Pending Simak Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Pengguna WA Mod seperti GBWhatsApp tentu sudah tidak asing dengan fiturnya yang lebih beragam. Meski pemakaiannya mudah dan lebih bervariasi, cukup banyak yang menanyakan kenapa GBWhatsApp sering pending. Hal ini bisa saja terjadi, dan tentunya cukup mengganggu aktivitas komunikasi.

Penyebab GB WhatsApp Pending

Sama seperti aplikasi lain, GB WA pun tidak terlepas dari gangguan. Gangguan yang cukup sering dilaporkan adalah pending. Misalnya pesan tidak masuk walaupun internetnya lancar, status tidak bisa terkirim, dan lain sebagainya. Inilah beberapa faktor yang dapat menyebabkan GB WhatsApp pending:

1. Masalah Pada Jaringan

Hal utama yang menyebabkan pending di GB WhatsApp adalah jaringan yang bermasalah. Seringkali pengguna tidak menyadari bahwa jaringannya lemah, karena sinyal yang terlihat tinggi di layar belum tentu menandakan kondisi jaringan yang stabil. Ada kalanya jaringan tersebut mengalami gangguan sehingga menimbulkan gangguan pada berbagai aplikasi online termasuk GB WhatsApp.

2. Aplikasi Error

Kenapa GBWhatsApp sering pending? Belum tentu disebabkan oleh jaringan, melainkan aplikasinya. Tidak perlu khawatir, hampir semua aplikasi bisa mengalami error dan gangguan minor lainnya. Penyebab error cukup beragam misalnya cache sudah menumpuk, pengaturan yang kurang tepat, hingga virus.

3. Gangguan Server

Penyebab lainnya yang membuat GB WA error adalah servernya. Server ini berperan sebagai penggerak aktivitas pemakaian WhatsApp dari berbagai penjuru dunia. Wajar jika ada kalanya terjadi gangguan sehingga menurunkan kapasitas aplikasinya. Hal ini biasanya tidak berlangsung lama dan WA bisa segera digunakan kembali.

Cara Mengatasi GB WhatsApp Pending

Sesudah memahami kenapa GBWhatsApp sering pending, langkah berikutnya adalah menentukan tindakan. Ada beberapa hal yang bisa diupayakan sehingga GB WA bisa digunakan dengan normal kembali. Simak penjelasan berikut.

1. Restart Hp

Lakukan restart pada smartphone yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan hp dari berbagai sampah atau data yang mengganggu sehingga menyebabkan bug/error di aplikasi WA GB. Khususnya hp yang jarang dimatikan, sebaiknya rutin melakukan restart untuk membersihkannya dari berbagai gangguan.

Hal yang paling umum adalah RAM penuh. RAM merupakan penggerak yang mengendalikan berbagai aktivitas di hp termasuk pemakaian aplikasi. RAM ini terbatas dan kapasitasnya berbeda di tiap hp, maka restart bisa menjadi alternatif untuk mengistirahatkan dan meningkatkan kembali performanya.

2. Menghapus Cache

Melansir dari officialjimbreuer.com, salah satu penyebab kenapa GBWhatsApp sering pending adalah cache atau sisa data tidak terpakai yang menumpuk. Sama seperti memakai apps lain, pengguna GB WA juga perlu rutin menghapus cache melalui menu pengaturan. 

Caranya dengan memilih “Kelola Aplikasi”, lalu cari apps “GB WhatsApp” kemudian klik. Langkah selanjutnya adalah masuk ke “Penyimpanan” lalu tekan “Hapus Cache”. Rutin membersihkan cache bisa mengurangi terjadinya pending dan error lain pada aplikasi.

3. Mematikan Setting Privasi

Nonaktifkan setting privasi pada WA GB. Beberapa pengaturan tambahan yang terdapat di apk mod ini bisa membuat pesan masuk terlambat meski jaringannya bagus, salah satunya di pengaturan privasi. Langkah untuk mematikannya adalah memilih tombol titik tiga pada layar GB WA, kemudian masuk ke pengaturan.

Carilah opsi “Privasi & Keamanan” lalu pilih “Chat”. Lanjutkan dengan memilih “Kontak”, kemudian hilangkan tanda centang yang ada di opsi “Sembunyikan Centang”. Selanjutnya tekan “Ok” untuk menyimpan. Lakukan hal yang sama dalam pengaturan grup serta siaran.

Itulah penjelasan kenapa GBWhatsApp sering pending serta cara untuk mengatasinya. Sebagai apps modifikasi dari WA, GB WhatsApp masih termasuk dalam aplikasi yang paling populer di antara WA Mod lainnya. Hal ini wajar, mengingat penggunaannya yang mudah dan fitur lengkap.

You may also like