Kenali 4 Manfaat Coaching Untuk Peningkatan Potensi Personal

by Mujahid Sahroni
Manfaat Coaching

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah coaching. Istilah tersebut, bisa jadi sudah Anda dengar ketika bekerja di salah satu perusahaan, atau merupakan istilah sering muncul dalam beberapa kegiatan training, seminar, atau lainnya. Lantas, apa definisi sebenarnya dari coaching ini? Apa saja manfaat coaching? Berikut akan dibahas mengenai apa itu coaching dan manfaat coaching:

Apa Itu Coaching

Istilah “coach”, pada awalnya merupakan istilah untuk moda transportasi, yang berfungsi memindahkan orang dari satu tempat ke tempat yang lain. Adapun menurut ICF, International Coaching Federation, coaching merupakan bentuk partnership atau kerja sama antara  coach dan coachee ( orang yang di-coaching ) untuk membangun potensi maupun profesional dari coachee melalui proses kreatif. 

Jika melihat istilah yang dikeluarkan tersebut maka terdapat suatu keseimbangan antara coach dan coachee. Hal ini dikarenakan dalam coaching terjadi proses dialog dua arah antara coach dan coachee. Satu dengan yang lain mempunyai kedudukan sederajat, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi. 

Jadi bisa disimpulkan jika coaching ini dijalankan untuk orang yang merasa ingin berkembang lagi dan memperbaiki kinerjanya. Bukan hanya untuk orang yang bermasalah saja coaching diperlukan karena banyak orang berpandangan jika coaching dilakukan pada orang bermasalah saja.

Manfaat Coaching

Coaching dilakukan tentu bukan tanpa alasan, seperti yang diketahui coaching dilakukan supaya orang bisa memperbaiki kinerjanya. Namun tidak hanya itu manfaat dari coaching, ada juga manfaat lain yang bisa dirasakan baik itu untuk sang coach, coachee dan juga organisasinya.

1. Mengeluarkan Potensi Diri

Manfaat pertama dari suatu program coaching adalah seseorang bisa membantu dirinya untuk menemukan dan mengeluarkan potensi diri sesungguhnya. Proses coaching ini bisa membantu dirinya dalam memicu pemikiran yang ada untuk bangkit dari permasalahan yang dihadapi. Tidak hanya dipikirkan, seseorang juga akan terpicu untuk mengatasinya dengan tindakan.

Berbeda halnya dengan yang kesulitan menemukan pemicu untuk bergerak dan bertindak. Orang tersebut bisa saja kesulitan dalam menghadapi situasi yang dihadapinya tanpa berpikir untuk menemukan solusinya.

2. Membantu dalam Pengambilan Keputusan

Disaat seorang coachee melakukan pengambilan keputusan dalam hidupnya, pasti dirinya merasa sangat bingung. Pada saat tersebut coachee juga merasa pemikirannya itu sudah yang paling benar. Padahal masih ada perspektif lain yang bisa dibuka sehingga membuka pilihan lain.

Dengan adanya coaching, pesertanya bisa mendapatkan pilihan lain dalam pengambilan keputusan. Peluang hadirnya keputusan yang lebih baik juga bisa meningkat dengan pemikiran yang didapatkan dari beberapa perspektif baru. Beda halnya jika keputusan diambil dengan pemikiran sendiri yang sempit.

3. Meningkatkan Motivasi

Bagi para pekerja yang merasa jenuh dalam aktivitasnya sehari-hari, coaching sangatlah diperlukan. Mereka bisa merasakan untuk berdiskusi dengan coach atau pelatih yang bisa memberikannya solusi atas apa yang dirasakannya. Motivasi ini dibutuhkan supaya mendapatkan metode yang tepat dalam menghadapi pekerjaannya.

Manfaat coaching ini sangat berharga pastinya bagi karyawan untuk bisa kembali lagi menemukan semangatnya dalam bekerja, meskipun proses menemukan motivasi ini akan berlangsung tidak sebentar.

4. Membangun Teamwork yang baik

Coaching juga bisa menumbuhkan kerjasama tim yang baik dan juga solid. Dalam membangun suatu kinerja yang baik dalam tim, apa yang ada didalamnya harus memahami kelebihan serta kekurangan satu sama lainnya. Dengan kerjasama yang baik, maka suasana kerja yang nyaman bisa terbentuk.

Coaching ini juga bisa membantu orang dalam menemukan rasa empati satu sama lain juga rasa memiliki. Sehingga kualitas hubungan antar individu bisa semakin kuat.

Nah itulah beberapa hal yang bisa diketahui dari coaching, mulai dari istilahnya sampai ke manfaat coaching tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan coaching yang diikuti bisa membawa suatu perubahan untuk mereka yang mengikutinya.

You may also like