Kelebihan AC Multi Split yang Perlu Diketahui

by Mujahid Sahroni
Kelebihan AC Multi Split yang Perlu Diketahui

Air Conditioner atau AC bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi masalah udara panas. Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia pun familiar dengan penggunaan AC, termasuk pemanfaatan AC Multi Split yang juga tak kalah populer.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang AC Multi Split, ternyata AC juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan. Menurut Dr. Allert Benedicto, AC juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Yakni, mencegah terjadinya gangguan pernapasan.

“Manfaat AC bagi kesehatan yang pertama ialah mengurangi resiko gangguan pernapasan, terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan yang tingkat polusinya tinggi dan berdebu. Karena AC dilengkapi penyaring udara guna menangkal masuknya polusi udara ke dalam rumah atau ruangan. Pastikan AC harus selalu rutin dibersihkan,” ujarnya.

Ada banyak jenis AC yang bisa Anda gunakan. Selain AC konvensional dan multi split, ada pula AC Cassette yang cenderung digunakan jika ruangan tersebut memiliki plafon.

Saat ini banyak banyak orang yang ingin mendapatkan AC terbaik sekaligus AC hemat energi. Selain itu, orang juga mulai sadar akan pemikiran pentingnya menjaga lingkungan. Maka, untuk memastikan AC yang mereka gunakan ramah lingkungan, banyak orang yang mulai beralih ke AC multi split.

AC multi split merupakan AC split yang diciptakan dengan mengkombinasikan 1 unit outdoor bersama 2-3 unit indoor. Dengan sistem ini, hunian Anda tidak perlu lagi memasang banyak outdoor. Anda juga tidak mengeluarkan lebih banyak biaya karena cukup satu saja sudah bisa melengkapi 3 unit indoor.

Lantas, apa saja kelebihan dari jenis AC ini? Simak ulasannya berikut ini :

1. Suku Cadang Lebih Mudah Diperoleh

Kelebihan pertama dari jenis AC ini adalah suku cadangnya yang lebih mudah untuk Anda dapatkan. Sebab, Anda bisa membelinya di mana saja. Jadi ketika terjadi kerusakan pada suatu komponen bisa dengan mudah diperbaiki.

Hal tersebut karena jenis AC ini dianggap salah satu ac terbaik. Serta juga banyak digunakan oleh pengguna. Kemudian, ketersediaan dari suku cadang untuk jenis ac ini yang juga sangat merata. Perusahaan banyak menyediakan suku cadang demi memenuhi kebutuhan penggunanya.

2. Lebih Hemat

Keunggulan berikutnya adalah lebih hemat saat digunakan oleh pengguna. Hal ini juga menjadi poin kelebihan lainnya. Sebab daya yang diperlukan tidaklah besar pada saat sudah Anda gunakan.

Apabila Anda memakai menggunakan AC tipe, Anda ini tidak perlu menambah unit lain. Anda hanya perlu menggunakan AC indoor sebanyak 1 unit saja. Sementara jika ingin tambahan lain, Anda bisa menggunakan 1 AC outdoor.

3. Lebih Cepat Dingin

Berikutnya yang tak kalah penting adalah, AC ini juga lebih cepat dingin saat digunakan. Hal tersebut dikarenakan menggunakan sistem interver yang juga bisa disesuaikan. Selain itu juga dibebaskan kecepatan tertinggi saat pemakaian.

Dengan adanya fitur ini, ini juga bisa memudahkan pengguna untuk mengatur berapa tekanan daya yang diperlukan.

Terakhir, untuk pemilihan kombinasi besaran tenaga AC, bisa disesuaikan dengan kebutuhan ruangan Anda. Kemudian, bisa dikombinasikan menggunakan tools bantuan multi split yang custom. Dengan teknologi, pengaturan besaran tenaga AC bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Sebagai contoh, salah satu kamar yang cenderung lebih panas karena beratap rendah, bisa diatur besaran tenaga AC yang lebih besar. Sedangkan kamar lain yang cenderung memiliki ketersediaan ruangan yang lebih besar, bisa lebih hemat penggunaan besaran tenaga AC. Sehingga, hematnya lebih fleksibel.

You may also like