Jangan Salah Ini 5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar Agar Tetap Aman

by Mujahid Sahroni
Jangan Salah Ini 5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar Agar Tetap Aman

Upaya melepasaki biasanya karena sudah tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Masalah tersebut membuat pemilik mobil harus menggantinya dengan yang baru. Hanya saja untuk cara melepas aki mobil yang benar sebagian masih belum mengetahuinya. Padahal ini penting bagi pengendara jika terkendala pergi ke bengkel.

Aki mobil harus dengan hati-hati dan tidak dilepas serta kelengkapan alat yang tepat. Upaya tersebut dilakukan agar tidak menambah masalah baru pada mobil. Bagi yang penasaran cara melepas aki mobil sesuai dengan panduan bengkel bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Siapkan Alat Pelepas Aki

Tentu saja langkah pertama yang perlu dilakukan untuk melepaskan aki yaitu menyiapkan alat-alatnya. Beberapa alat tersebut antara lain kunci inggris, obeng minus dan tang serta alat-alat lainnya jika diperlukan. Perkakas pelengkap lain yang dibutuhkan untuk melepas aki ini biasanya kunci pas nomor 10 atau tidak 12. Pastikan alat-alat yang sudah disebutkan agar dapat melepas aki lebih efisien dan tepat.

2. Lepaskan Bagian Kutub Negatif

Pada langkah melepaskan bagian negatif, pastikan terlebih dahulu terlebih dahulu kunci kontak sudah mati atau mati. Kutub negatif yang perlu dilepas tersebut memiliki warna hitam dengan tanda minus.

Cara untuk melepaskan kutub tersebut yaitu mulai dengan melepas kabel klem agar terhindar dari bahaya hubungan arus pendek. Sebab jika tidak bisa terjadi di korsleting yang terjadi pada kaki bermasalah, bahkan juga berbahaya bagi yang sedang melepas kutub negatif tersebut.

3. Lepaskan Bagian Kutub Positif

Setelah berhasil melepaskan bagian kutub negatif cara melepas aki mobil yang benar selanjutnya adalah giliran melepaskan bagian kutub positifnya. Tanda plus menunjukkan bagian kutub positif ini. Untuk langkah melepasnya sama dimulai dengan melepas baut, kabel dan klem. Jika sudah berhasil terlepas, menghindari foto body mobil sebab kemungkinan sisa listrik masih ada.

4. Lepaskan Braket Aki

Perangkat yang menghubungkan aki dengan rangka mobil adalah braket. Untuk langkah selanjutnya dalam upaya melepaskan aki ini yaitu harus juga mencopot bagian tersebut pada body aki. Perkakas yang diperlukan untuk melepas braket tersebut adalah kunci pas nomor 10 atau nomor 12.

5. Angkat Aki dengan Tegak Lurus Perlahan

Cara terakhir untuk mencopot aki mobil adalah mengangkat aki dari rangka mobil. Pengangkatan akan aman jika sudah melakukan langkah-langkah kedua kutub tadi. Pada langkah ini usahakan agar mengangkat aki dengan hati-hati dan posisi tegak lurus. Upaya tersebut dilakukan agar masalah cairan aki tumpah tidak terjadi.

Itulah 5 langkah cara melepas aki mobil yang benar dan aman. Tentu saja dalam melakukan langkah-langkah tersebut pemilik mobil harus melakukannya dengan teliti dan hati-hati. Saran tersebut agar terhindar dari masalah korsleting dan membahayakan diri sendiri. Pada situs Mobilku, terdapat beberapa tips melepas aki lainnya yang penting juga untuk diketahui tuan mobil.

Originally posted 2022-02-01 03:03:38.

You may also like