Inilah Persiapan untuk Masuk Kampus Psikologi

by Mujahid Sahroni
Inilah Persiapan untuk Masuk Kampus Psikologi

Siswa SMA di tahun terakhir tentunya sudah mulai mencari jurusan kuliah yang sesuai dan kemudian disusul mencari kampus terbaik. Pemilihan jurusan sendiri tentu akan melibatkan sejumlah pertimbangan, mulai dari minat, bakat, biaya pendidikanya, dan lain sebagainya. Jika kamu merasa tertarik dan berminat ke jurusan psikologi, maka tidak ada salahnya menjadikannya sebagai pilihan.

Sebab dilihat dari prospek kerjanya sendiri memang meyakinkan, tidak heran jika jurusan ini sering menjadi jurusan favorit mahasiswa baru. Berhubung peminatnya banyak maka saat proses pendaftaran dijamin persaingannya ketat. Oleh sebab itu kamu yang ingin masuk jurusan ini perlu melakukan persiapan yang matang.

Persiapan Sebelum Masuk Kampus Psikologi

Berikut adalah sejumlah persiapan yang bisa kamu lakukan agar bisa masuk ke kampus psikologi favorit:

 

1. Mengenal Jurusan Psikologi dengan Baik

Persiapan pertama tentu saja mengenal jurusan atau ilmu psikologi dengan baik, sehingga menjadi bekal untuk masuk ke jurusan satu ini. Mengetahui psikologi tentu tidak cukup hanya mengandalkan informasi yang berseliweran di masyarakat. Sebaiknya dari sumber terpercaya, karena apa yang diketahui masyarakat awam belum tentu sesuai dengan fakta di jurusan tersebut.

Adapun sumber terpercaya ini bisa dari buku terkait psikologi, website kredibel yang mengupas seluk beluk jurusan psikologi, dosen psikologi, maupun dari sanak famili yang lebih dulu masuk ke jurusan psikologi. Salah satu website terpercaya yang bisa kamu andalkan untuk mengetahui seluk beluk psikologi adalah di KampusPsikologi.com.

 

2. Memilih Kampus yang Terbaik

Setelah memahami jurusan psikologi dengan lebih baik dari sebelumnya, dan kemudian masih yakin jurusan ini adalah pilihan terbaik. Maka persiapan selanjutnya adalah memilih kampus. Pertama, pilih kampus dengan reputasi yang baik entah itu kampus swasta maupun negeri.

Kedua, cari tahu seberapa ketat persaingan masuk ke jurusan psikologi di kampus tersebut. Ketiga, tidak ada salahnya mencari informasi terkait biaya masuk ke jurusan psikologi. Sebab semakin kamu paham karakter kampusnya semakin siap menghadapi ujian masuk dan memperbesar peluang untuk lolos seleksi.

 

3. Mempersiapkan Biaya Pendidikan

Persiapan selanjutnya adalah terkait biaya, meskipun biaya kuliah nanti akan ditanggung oleh orang tua. Tidak ada salahnya kamu membahas masalah ini dengan mereka, untuk memastikan memang tidak ada masalah dari segi biaya. Apabila ada masalah, misal dirasa terlalu mahal maka bisa mencari kampus alternatif yang biaya pendidikan di jurusan psikologinya lebih sesuai kapasitas kantong.

 

4. Mempersiapkan Tujuan Kenapa Mengambil Psikologi

Masuk ke jurusan psikologi akan terasa mudah kalau kamu punya motivasi, jadi tetapkan dan tentukan tujuan yang jelas kenapa kamu masuk ke jurusan ini. Mengapa? Sebab dengan memiliki tujuan, maka kamu sudah tahu setelah lulus akan menjadi apa dan menekuni profesi apa. Sehingga punya bahan bakar semangat untuk berjuang masuk ke jurusan psikologi yang memang persaingannya cukup ketat.

 

5. Belajar untuk Ujian Masuk

Sukses menembus proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di jurusan psikologi tentu sebuah prestasi. Jika persaingannya sengit maka kamu tidak bisa hanya mengandalkan faktor keberuntungan. Kamu perlu menciptakan keberuntungan yang besar secara mandiri. Salah satunya dengan belajar, terutama untuk mata pelajaran yang diujikan saat masuk ke jurusan psikologi. Jika nilai ujian masuknya bagus maka kesempatan untuk diterima semakin besar.

 

6. Membangun Relasi

Keinginan kamu yang kuat untuk masuk ke jurusan psikologi perlu diimbangi dengan ikhtiar yang maksimal. Selain belajar, kamu juga perlu membangun relasi baik itu dari teman seangkatan selama di SMA maupun dari senior yang lebih dulu masuk ke psikologi. Sebab lewat relasi ini kamu bisa mendapatkan info terkait jurusan psikologi, termasuk tahapan ujian masuk, mata kuliah, dan lain-lain.

 

Persiapan yang dipaparkan di atas akan membantu kamu menjadi mahasiswa di jurusan psikologi, sehingga tepat untuk dicoba.

You may also like