Inilah 4 Indikator Trading Paling Akurat Wajib Diketahui

by Mujahid Sahroni
Inilah 4 Indikator Trading Paling Akurat Wajib Diketahui

Indikator dalam trading digunakan untuk membaca tren yang sedang terjadi. trader. Melalui hal ini, trader dapat mengatur strategi sekaligus menganalisis tren agar bisa mendapatkan keuntungan dalam trading. Untuk memilih indikator sendiri bisa disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing trader. Berikut ini adalah 4 indikator trading paling akurat yang bisa trader gunakan, yaitu:

1. MA

Pertama, indikator trading paling akurat adalah moving average (MA). Indikator satu ini terbilang sederhana dan paling banyak digunakan, sehingga sebagai trader sebaiknya mempelajarinya dengan baik. Cara kerja indikator MA ini pun juga cukup mudah untuk dipahami. Indikator akan menampilkan garis yang membantu trader membaca pergerakan tren.

Untuk mengetahui kapan melakukan sell atau buy, perhatikan pergerakan garis MA yang berperiode pendek dan garis MA yang berperiode panjang. Buy dilakukan jika garis periode pendek memotong ke atas pada garis berperiode panjang. Sebaliknya, apabila garis berperiode pendek tersebut memotong ke arah bawah maka lakukan sell.

2. BB

Indikator selanjutnya yang bisa digunakan uruk membaca tren dengan akurat adalah BB atau Bollinger Bands. Indikator ini digunakan untuk membaca kekuatan tren terkini. Untuk melihat arah tren ini, para trader harus memperhatikan pergerakan harga ketika melewati batas support dan resistance.

Sebab ketika harga bergerak terus ke atas dan mencapai resistance, maka harga akan memantul ke bawah. Begitu Pula ketika harga bergerak turun. Namun ketika harga bergerak melewati support atau resistance maka kondisi tersebut disebut dengan breakout. Dengan mengetahui ini maka akan lebih mudah bagi trader untuk menentukan langkah.

3. MACD

Selanjutnya, indikator yang satu ini merupakan indikator trend oscillator. Indikator tersebut berada terpisah dengan dengan grafik pergerakan harga. Berbeda dengan dua indikator di atas yang merupakan indikator overlay dengan tampilan garis yang menumpuk pada harga pasar. Indikator MACD dapat digunakan oleh para trader untuk membaca kekuatan tren.

Cara memahami indikator MACD adalah  ketika garis berada di bawah titik nol, maka menunjukkan downtrend. Lain halnya jika garis di atas titik nol menunjukkan uptrend. Untuk membuat garis dengan lebih lengkap, para trader bisa mengunjungi situs sickforprofit.com. Selain itu, dalam situs tersebut juga terdapat tips serta rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk trading.

4. RSI

Terakhir, indikator trading paling akurat yang bisa digunakan adalah RSI. Indikator ini digunakan untuk membaca kondisi overbought dan juga oversold. Indikator RSI juga hampir mirip dengan indikator sebelumnya dalam menggunakan angka.

Indikator RSI menyediakan skala, dengan nilai 1-100. Ketika harga menyentuh nilai di atas 70 maka kondisi sedang terjadi overbought. Selanjutnya ketika sampai di bawah 30 maka menjadi oversold. Bisa dibilang indikator satu ini cukup mudah dimengerti oleh para trader pemula sekalipun.

Itulah informasi mengenai 4 indikator trading paling akurat yang bisa digunakan untuk membaca tren pasar. Tidak semua trader menggunakan semua indikator di atas. Namun trader bisa menggunakan indikator mana saja yang dirasa nyaman digunakan.

Originally posted 2022-02-16 10:32:21.

You may also like