Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Tekstil Jakarta 2020

by Afif Alhidayatulloh
Museum Tekstil Jakarta - IG 1 handmade_craftsera

MEDIAINDO.CO.ID – Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Tekstil Jakarta 2020 Salah satu destinasi wisata yang ada di ibukota Jakarta yang menyajikan sebuah keunikan tersendiri dan jarang ada di beberapa wilayah di Indonesia yaitu Museum Tekstil Jakarta. Museum ini merupakan salah satu Museum terbesar di Jakarta yang yang mengoleksi seluruh tekstil yang ada di Indonesia dimana ketika para pengunjung berada di lokasi ini, maka mereka akan melihat banyak sekali koleksi kain tekstil yang beraneka ragam dan pastinya sangat lengkap sehingga bagi anda semua yang menyukai fashion, lokasi Museum Tekstil bisa menjadi tujuan wisata terbaru yang patut dikunjungi.

Museum Tekstil Jakarta merupakan salah satu museum terlengkap di Indonesia yang menyajikan berbagai macam tekstil yang ada dari pelosok nusantara sampai luar negeri di mana museum ini termasuk salah satu cagar budaya yang memang khusus mengumpulkan dan mengawetkan juga memamerkan Karya pertekstilan bangsa Indonesia. Museum tersebut sudah dibuka pada tanggal 28 Juli 1976 Silam dengan luas area sekitar 16 410 m dan sampai saat ini, museum ini ini sangat terawat dan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pada abad 19, gedung Museum Tekstil jakarta adalah rumah pribadi Seorang warga keturunan asal Prancis dan selanjutnya gedung tersebut berpindah kepemilikan dan dan selanjutnya berganti fungsi berdasarkan sang pemilih dan akhirnya pada tahun 1975, gedung ini pun diresmikan oleh pemerintah DKI Jakarta dan dijadikan sebagai Museum Tekstil.

Apabila dilihat dari luar maka bangunan Museum Tekstil Jakarta sangat khas dengan bangunan kolonial Belanda yang dipenuhi dengan warna putih dan berpadu dengan tembok semen dan juga menggunakan filler kayu yang Sangat kokoh dan selanjutnya untuk halaman Museum Tekstil ini, ditumbuhi dengan rumputan dan pohon yang sangat Teduh yang pastinya akan membuat suasana para pengunjung semakin betah.

Spot wisata di Museum Tekstil Jakarta

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini, maka mereka bisa menikmati beberapa lokasi spot wisata di museum ini di antaranya adalah sebagai berikut:

Museum Tekstil Jakarta - IG 1 handmade_craftsera
Museum Tekstil Jakarta - IG 1 handmade_craftsera

Melihat berbagai macam koleksi Museum Tekstil indonesia

Bagi para pengunjung ketika berada di lokasi ini maka mereka bisa melihat sepuasnya berbagai tekstil yang ada di seluruh Indonesia di mana di lokasi ini, terdapat sedikitnya 1000 buah tekstil dari berbagai wilayah di tanah air yang mempunyai keistimewaan masing-masing. Selanjutnya ada beberapa koleksi yang berasal dari tekstil tradisional Indonesia yang sudah langka dan selanjutnya dikelompokkan menjadi 4 bagian diantaranya adalah kain batik, kain tenun, peralatan dan koleksi campuran.

Untuk salatnya dipastikan sangat beragam dan mempunyai motif geometris yang sederhana sampai yang terumit dan biasanya untuk kategori rumit yaitu corak batik Yogyakarta, batik Solo, batik Cirebon, batik Pekalongan, dan sampai batik Riau.

Ada salah satu koleksi yang bisa kalian lihat di Museum Tekstil Jakarta yaitu bendera yang berasal dari Keraton Cirebon yang merupakan koleksi istimewa disini dikarenakan bendera tersebut adalah batik tulis dengan hiasan kaligrafi Arab yang bahannya terbuat dari kapas dan bendera tersebut mirip dengan plakat peninggalan sejarah tahun 1776 masehi di Cirebon yang biasanya dahulu kala bendera ini dijadikan sebagai simbol syiar Islam di Kota Cirebon.

Melihat koleksi kain bukan tenun

Di sini pun para pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi kain akan tetapi bukan tenun dan terdapat 12 pemain yang masuk dalam koleksi yang menjadi hiasan dan menjadi wastra untuk teknik bukan tenun tersebut diantaranya adalah ikat dari Cirebon, kunfe dari Sulteng, kain panjang dan Parung dari Lasem.

Melihat koleksi busana

Di lokasi ini pun para pengunjung dapat melihat berbagai macam koleksi busana yang sudah jadi di mana museum tersebut mempunyai 3 koleksi yaitu Lemba dari suara asli Tengah, sape buri dari Kalbar, dan kopiah meukeutop dari Aceh Besar.

Selain beberapa spot wisata di atas di Museum Tekstil Jakarta ini pun para pengunjung bisa melihat koleksi kain tenun yang sangat beragam dari berbagai wilayah di Indonesia, melihat keindahan Taman pewarna alam dengan luas 2 m2, dan beberapa destinasi Spot lainnya yang pastinya akan membuat para pengunjung semakin betah.

Lokasi Museum Tekstil Jakarta

Untuk lokasinya sendiri museum ini berada di Jalan Aipda kS Tubun, nomor 24 rT 4 rW 2, kota Bambu sel, palmerah, jakarta Barat.

Harga tiket masuk museum Tekstil Jakarta

Di bawah ini adalah beberapa harga terbaru di bulan Agustus 2020 sampai bulan September yang kami rangkum dari berbagai sumber dan ternyata harga tiketnya adalah:

Harga Tiket Masuk Museum Tekstil 2020
Tiket masuk Rp.5.000
Jam Buka
Hari Selasa – Minggu Jam 09.00 – 15.00 WIB
SHari enin dan hari libur nasional Tutup
Jam Buka Workshop Batik
Hari Selasa – Minggu Jam 09.00 – 15.00 WIB
Hari Senin dan hari libur nasional Tutup
Hari Workshop Pewarnaan Alami Perjanjian dengan pengelola terlebih dahulu

You may also like