Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Sri Baduga Bandung 2020

by Afif Alhidayatulloh
Museum Sri Baduga Bandung - IG 1 dheanindii

MEDIAINDONESIA.CO.ID – Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Sri Baduga Bandung 2020 Salah satu museum yang sangat terkenal dan berada di kota Bandung yaitu Museum Sri Baduga Bandung, di mana museum ini mempunyai banyak sekali koleksi artefak sejarah dan budaya khas Jawa Barat dan yang paling unik, apabila musim ini terdapat beberapa koleksi peninggalan sejak zaman prasejarah sampai kolonial dan sampai sekarang ini di tahun 2019 Sudah mengkoleksi beberapa benda purbakala sebanyak 6.720. Maka ketika anda semua berkunjung ke lokasi ini, selain mendapatkan hiburan akan tetapi anda pun dipastikan mendapatkan banyak sekali edukasi terkait sejarah tempo dulu dan sekarang.

Museum Sri Baduga Bandung resmi dibuka untuk umum yaitu pada tahun 1980 di mana untuk gedungnya sendiri menggunakan kantor pembantu bupati atau wedana tegalega dan selanjutnya dijadikan sebagai Museum Sri Baduga. Untuk namanya sendiri museum ini diambil dari nama Prabu Siliwangi yang memang mempunyai gelar Sri Baduga Maharaja dan sampai saat ini, museum tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik yang patut dikunjungi oleh anda semua.

Spot wisata museum Sri Baduga Bandung

Untuk anda semua yang berkunjung ke lokasi wisata ini akan ada beberapa kegiatan di beberapa spot wisata yang pastinya sangat menarik dikarenakan museum ini bersifat untuk umum yang menyajikan banyak sekali benda purbakala baik untuk koleksi bidang geografi, koleksi arkeologi, dan koleksi seni budaya Sunda.

Untuk 80% koleksi yang ada di museum ini dipastikan masih asli dan selanjutnya 20% adalah replika, selanjutnya gedung ini mempunyai tiga lantai yang didalamnya berisi koleksi yang berbeda-beda berdasarkan kronologi.

Menikmati ruang pamer 1

Untuk ruang pamer 1 di Museum Sri Baduga Bandung terdapat beberapa peninggalan purbakala mulai dari peninggalan sejarah dan perkembangan Jawa Barat, ketika anda berada di pameran 1 maka bisa melihat arca, kubur batu, replika gua tempat tinggal, dan beberapa naskah kuno Pajajaran dan beberapa hewan purbakala.

Menikmati sejarah Bandung purba

Selanjutnya ketika Anda memasuki sebuah ruangan bernama sejarah Bandung purba maka akan disambut dengan relief interaktif sejarah terjadinya Danau Bandung purba di mana danau yang dulunya mempunyai luas 75 km2 membentang mulai dari wilayah Bandung Raya meliputi kota Bandung, cimani, kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Melihat replika Kereta Kencana Paksi naga liman

Di lokasi ini pun ada sebuah kereta yang sangat mempunyai historis yaitu replika Kereta Kencana Paksi naga liman dari Keraton Kanoman Cirebon.

Replika Gua Pawon

Selanjutnya di lokasi Ruang pameran 1 terdapat replika Gua Pawon yang masih ada sangkut pautnya dengan zaman purba dan untuk Gua Pawon merupakan tempat tinggal manusia purba yang ada di cekungan Bandung sekitar 5900 tahun yang lalu.

Ruang pamer 2

Selanjutnya untuk ruangan pameran 2 atau berada di lantai kedua, para pengunjung bisa menikmati beberapa kehidupan masyarakat Jawa Barat di lokasi ini terdapat beberapa peninggalan seperti tekomas, melihat alat permainan tradisional, baju tradisional dan alat musik tradisional. Di lokasi ini pun terdapat beragam busana pengantin dari beberapa daerah di Jawa Barat.

Selanjutnya anda pun bisa menikmati sebuah naskah kuno sebanyak 147 naskah dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Anda pun bisa menikmati peralatan masyarakat tradisional seperti alat pertanian, alat dapur tempo dulu, uang dari zaman prasejarah sampai zaman kolonial.

Ruang pamer 3

Di lokasi ini berada di lantai 3 atau ruang Masterpiece yaitu sebuah ruangan yang paling terbaik yang ada di Museum Sri Baduga Bandung Di mana para pengunjung bisa melihat beberapa benda purbakala dan hasil karya seni yang mempunyai nilai tinggi dibandingkan beberapa koleksi lainnya seperti melihat tetapi naga Maung, dan melihat koleksi peninggalan sejarah khas jawa Barat.

Lokasi Museum Sri Baduga Bandung

Untuk lokasinya sendiri museum ini berada di Jalan BKR nomor 185, pelindung hewan, astana Anyar, kota Bandung, jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi melalui telepon (022) 5210976.

Harga tiket masuk Museum Sri Baduga Bandung

Selanjutnya di bawah ini adalah harga tiket masuk terbaru 2020 sebagai informasi yang pastinya sangat bermanfaat untuk anda semua dan juga waktu operasional dari museum tersebut.

Harga tiket Museum Sri Baduga Bandung 2020
Tiket Dewasa Rp.3.000
Tiket Anak-anak Rp.2.000
Jam Buka
Hari Selasa – Jumat Jam 08.00 – 16.00
Hari Sabtu, Minggu Jam  08.00 – 12.00
Hari Senin, Libur Nasional Tutup

You may also like