Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta 2019

by Afif Alhidayatulloh
Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta - IG 1 nk.taurus88

MEDIAINDO.CO.ID – Harga Tiket, Spot dan Lokasi Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta 2019 Bagi anda para pecinta museum seni rupa maka salah satu destinasi wisata yang ada di Jakarta patut untuk Anda kunjungi yaitu museum seni rupa dan keramik. Museum ini menjadi salah satu lokasi yang akan memberikan keunikan tersendiri terutama bagi para pecinta seni rupa dan seni keramik dikarenakan di lokasi ini terdapat banyak sekali koleksi dari Sang Maestro seni rupa dan keramik yang ada di Indonesia dimana untuk pembuatan seni rupa dan keramik nya sendiri dipastikan masih menggunakan tangan baik untuk patung, totem, dan beberapa kerajinan tangan lainnya.

Museum seni rupa dan keramik Jakarta merupakan salah satu museum yang sudah sangat terkenal ke berbagai daerah di tanah air sampai luar negeri dikarenakan lokasi ini, bukan sembarang museum karena hanya menyajikan beberapa seni rupa dan keramik dari Maestro yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Ada fakta sejarah dari museum seni rupa dan keramik ini yang pastinya bisa membedakan dengan beberapa museum lain yang ada di tanah air.

Sejarah museum seni rupa dan keramik Jakarta

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum, apabila bangunan museum seni rupa dan keramik yang ada di Jakarta ini ternyata mengalami pergantian fungsi di mana pada mulanya lokasinya bukanlah museum akan tetapi kantor pemerintahan malahan dibangun sebelum Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1870.

Selanjutnya pada tahun 1870 lokasi museum ini dahulunya dipakai sebagai lembaga peradilan tertinggi Belanda dan selanjutnya ketika diduduki oleh Jepang yang dijadikan sebagai asrama militer dan 22 tahun setelah Indonesia merdeka yaitu tepatnya di tahun 1967 resmi digunakan sebagai Kantor Walikota Jakarta.

Selanjutnya pada tanggal 20 Agustus 1976, lokasi museum ini sempat dijadikan sebagai Gedung Balai seni rupa oleh Presiden Soeharto dan tepat pada tanggal 10 Juni 1977, bangunan ini diresmikan oleh Ali Sadikin sebagai Museum keramik sampai sekarang.

Spot wisata di museum seni rupa dan keramik Jakarta

Di lokasi ini ada beberapa tempat yang bisa anda lihat dan kunjungi malahan diperbolehkan untuk berfoto selfie di antaranya adalah sebagai berikut:

Melihat koleksi seni rupa yang sangat banyak

Ketika anda semua berkunjung ke lokasi wisata ini maka dipastikan Anda sebuah akan melihat sedikitnya 500 karya seni dari berbagai daerah di Indonesia yang menggunakan dua dimensi dan tiga dimensi dengan teknik yang jadul sampai modern.

Di lokasi ini Anda bisa melihat bagaimana sebuah karya seni seperti patung, sketsa, batik lukis, dan beberapa seni rupa dan keramik lainnya yang pastinya sangat penuh historis.

Melihat koleksi keramik di museum

Sesuai dengan nama museum nya sendiri, maka di lokasi ini para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi seni rupa dari tempo dulu sampai yang terbaru dan Kebanyakan yang terdapat di lokasi museum ini yaitu keramik dari lokal dan internasional. Semua keramik dari berbagai daerah ada disini seperti keramik Aceh, keramik Jawa, keramik Bandung, dan beberapa keramik dari berbagai Nusantara dengan desain yang sangat unik dan futuristik.

Salah satu keramik yang sangat melegenda di museum seni rupa dan keramik Jakarta yaitu sebuah keramik yang berasal dari zaman Majapahit di abad ke-14 yang mempunyai corak yang sangat indah dan mempunyai historis tinggi.

Melihat perpustakaan dan studio gerabah

Di lokasi ini pun para pengunjung bisa membaca banyak sekali buku dan pastinya bukan hanya sebagai hiburan akan tetapi para pengunjung akan mendapatkan edukasi yang sangat banyak. Di lokasi ini pun para pengunjung bisa belajar membuat gerabah dimana pelatihannya terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh siapapun.

Lokasi museum seni rupa dan keramik Jakarta

Untuk lokasi museum seni rupa dan keramik berada di Jalan Pos Kota, rT 9 rW 7, pinangsia, kecamatan Tamansari, jakarta Barat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan untuk menghubungi nomor telepon (021) 6907062.

Harga tiket masuk museum seni rupa dan keramik

Untuk anda semua yang belum pernah berkunjung ke lokasi ini maka di bawah ada daftar harga untuk tiket masuk ke museum seni rupa dan keramik di tahun 2019 ini.

Harga Tiket Masuk Museum Seni Rupa & Keramik
Harga Tiket Perorangan
Tiket Dewasa Rp2.000
Tiket Mahasiswa Rp1.000
Tiket Anak – anak / pelajar Rp600
Harga Tiket Rombongan Minimal 20 orang
Tiket Dewasa Rp1.500
Tiket Mahasiswa Rp750
Tiket Anak – anak / pelajar Rp500
Jam Operasional
Hari Selasa – Minggu Jam 09.00 – 15.00 WIB
Hari Senin dan hari besar Tutup

You may also like