Fungsi Gear Pada Motor Yang Jarang Diketahui

by Afif Alhidayatulloh
Fungsi Gear Pada Motor - IGbakulgear_sss

MEDIAINDO.CO.ID РFungsi Gear Pada Motor Yang Jarang Diketahui Salah satu komponen yang ada pada kendaraan terutama sepeda motor adalah gear. Di mana gear sendiri mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting untuk sebuah sepeda motor dikarenakan ketika gear mengalami masalah maka dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa berjalan sehingga fungsi utama dari gear tersebut yaitu untuk sistem pergerakan sepeda motor supaya bisa berjalan dengan kecepatan penuh. Gear bersama rantai merupakan sebuah komponen yang terbilang kecil akan tetapi fungsinya sangat penting untuk sepeda motor walaupun untuk harganya sendiri Memang tidak mahal.

Fungsi gear pada motor yaitu untuk menggerakkan setiap komponen pada mesin sepeda motor terutama di bagian roda Sehingga nantinya akan menghasilkan kecepatan yang maksimal dalam sebuah kendaraan sepeda motor. Banyak sekali fungsi dari gear itu sendiri dan pada artikel kali ini, kami akan membahas Apa saja fungsi gear kendaraan terutama sepeda motor yang mungkin saja belum Anda ketahui.

Fungsi Gear Pada Motor

Seperti dikutip dari berbagai sumber, sedikitnya ada 5 fungsi utama dari salah satu komponen kendaraan motor ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Berfungsi untuk menyeimbangkan roda belakang sepeda motor

Fungsi pertama yang harus anda ketahui dari Gear yaitu gear belakang pada sepeda motor ternyata berfungsi untuk memberikan keseimbangan atau menyeimbangkan roda belakang sepeda motor, terutama ketika sedang berakselerasi.

Meningkatkan atau menurunkan akselerasi kendaraan

Selanjutnya fungsi kedua dari Gear yaitu untuk melakukan modifikasi ringan dengan cara merubah final gear ratio pada sebuah kendaraan roda dua di mana para pengguna bisa mengatur peningkatan atau penurunan akselerasi spontan yang dimiliki oleh motor. Sehingga bisa disimpulkan apabila fungsi dari Gear yaitu bisa meningkatkan ataupun menurunkan terhadap akselerasi sepeda motor yang Anda gunakan sehingga hal ini sangat penting.

Mengatur napas perpindahan gigi di motor

Selanjutnya fungsi gear yang lain yaitu bisa membantu mengatur napas pada kendaraan sepeda motor di mana gear set yang ada pada sepeda motor memakai ukuran mata Gear yang berbeda-beda dan biasanya ada kombinasi ukuran mata gear baik untuk gear depan yang biasa dikenal dengan engine spocket atau gear belakang yang biasa dikenal dengan rear spocket. Kedua gear ini nantinya akan menghasilkan tenaga dan nafas dari sepeda motor supaya bisa berjalan dengan baik.

Gear berfungsi untuk mentransfer putaran mesin ke roda motor

Fungsi selanjutnya dari Gear di sepeda motor yaitu bisa melakukan transfer putaran mesin ke roda sepeda motor sehingga ketika Gear masih baik perjalanan sepeda motor Anda pun tidak akan terhambat sama sekali atau tidak mogok. Hal inilah yang menjadikan Kenapa Gear walaupun menjadi salah satu elemen kecil dari sepeda motor namun sangat penting.

Gear sebagai penggerak roda

Fungsi utama gear sendiri yaitu untuk menggerakkan roda sepeda motor baik depan maupun belakang, sehingga ketika kendaraan Anda terasa berat maka kemungkinan besar ada hal yang salah pada area Gear.

You may also like