Dokter Mobil Spesialis Service AC Mobil dan Tune Up No. 1 di Indonesia

by Mujahid Sahroni
1. Dokter Mobil

Kendaraan yang jadi andalan saat bepergian jauh adalah mobil. Selain bisa untuk mengangkut banyak orang, di mobil para penggunanya tidak khawatir terkena hujan dan panas. Maka dari itu, salah satu komponen wajib yang ada di mobil adalah AC. Maka dari itu, pengguna harus melakukan perawatan terhadap AC mobil. Salah satu bengkel profesional adalah dokter mobil.

Perawatan AC Mobil yang Penting Diketahui

Pasalnya, saat AC mobil mengalami kerusakan tentu ini menjadi permasalahan yang harus segera ditangani. Pasalnya berada di dalam kendaraan dalam waktu yang lama pasti akan gerah jika tidak ada AC. Maka dari itu ada sebelum terjadi kerusakan pengguna bisa melakukan perawatan terhadapnya berikut ulasannya:

1. Membersihkan Bagian Filter AC

Hal pertama yang bisa dilakukan saat ingin melakukan perawatan AC Mobil adalah dengan membersihkan bagian filter AC. Pasalnya tanpa disadari saat mobil digunakan setiap hari maka secara tidak langsung AC juga akan menyala setiap saat. Maka akan ada banyak kotoran yang menempel pada bagian filter AC tersebut.

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka bagian dalam dasbor mobil terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan membuka kompartemen filter AC. Pastikan tidak salah dengan bagian blower. Jika sudah terlepas, pengguna bisa langsung membersihkan dengan cara mengetuk perlahan atau menggunakan semacam sikat halus. Tidak perlu menyiram air pada AC tersebut.

2. Membawa Kendaraan Ke Service AC Mobil

Dan cara yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan membawa kendaraan ke dokter mobil spesialis service AC mobil. Pasalnya tidak semua orang bisa melakukan perawatan secara mandiri. Dan selain itu, bagi yang sibuk dengan pekerjaan lain maka solusinya adalah dengan membawa kendaraan tersebut ke jasa service AC mobil.

Selain tempat tersebut bisa membersihkan AC mobil yang kotor, dengan menyerahkan penanganan kepada dokter mobil bisa sekaligus mengganti filter yang rusak. Jadi, pengguna jasa ini bisa lebih tenang sebab para tenaga di jasa service AC sudah tentu orang-orang yang berpengalaman dan profesional dibidangnya.

Penyebab Kerusakan AC Mobil yang Sering Diabaikan

Tanpa disadari AC mobil juga rentan mengalami kerusakan, jika dibandingkan dengan bagian lainnya. Adapun penyebabnya akan diulas pada pembahasan berikut ini:

  • Mesin AC yang memang sudah tua, sudah pasti akan membuat performa mesin juga menurun.
  • Evaporator pada AC mobil yang kotor. Mungkin banyak orang yang sering mengabaikan hal ini. Dimana saat mobil sering dipakai maka secara tidak langsung akan membuat AC kotor. Karena beberapa hal seperti debu, jamur dan maupun mikroorganisme lainnya.
  • Filter yang tidak diganti. Bagaimanapun mesin dalam mobil memang seharusnya dilakukan pergantian secara berkala. Untuk pergantian tersebut pengguna bisa memanfaatkan jasa bengkel langganan atau dokter mobil spesialis AC.
  • Freon pada AC yang sudah habis juga bisa membuat AC tidak lagi dingin. Hal tersebut menunjukkan adanya kebocoran pada sistem AC.
  • Motor ekstra fan pada AC yang bermasalah juga bisa menjadikan penyebab AC mobil tidak lagi berfungsi seperti biasanya. Indikator utamanya adalah AC mobil tidak cukup dingin seperti biasanya.
  • Tidak hanya evaporator yang kotor, kondensor kotor juga bisa membuat AC bermasalah. Adapun penyebab kondensor kotor adalah bisa karena lumpur dan sebagainya.

Demikian itu beberapa cara service AC mobil yang bisa dilakukan baik secara mandiri atau dengan bantuan dokter mobil spesialis AC. Walaupun terlihat sepele, namun jika bagian AC mobil tidak dilakukan perawatan yang tepat maka bisa menimbulkan kerusakan mesin hingga penyebaran penyakit yang tidak diinginkan.

 

 

 

Originally posted 2022-02-14 12:48:42.

You may also like