Dampak Limbah B3 Terhadap Lingkungan, Jenis Beserta Pengolahannya

by Mujahid Sahroni
1DAMPA~1

Tak dapat kita pungkiri, saat ini limbah menjadi salah satu permasalahan yang harus kita tangani. Sebab, dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan bahkan menimbulkan kerusakan. Salah satu yang kini menjadi ancaman adalah limbah B3.

Bukan tanpa alasan kita berupaya untuk mengatasi dan mengolah limbah tersebut. Apabila limbah ini kita biarkan berlarut-larut, maka akan mempengaruhi kehidupan kita.

Bahkan bisa berdampak sangat buruk. Terutama menurunkan tingkat kesuburan tanah hingga ketersediaan air bersih yang semakin berkurang.

Maka dari itulah, bila kedua hal tersebut tidak ingin terjadi dalam kehidupan kita, penanganan dan pengolahan limbah ini harus segera kita lakukan.

Apa Itu Limbah B3?

Secara garis besar, limbah sendiri merupakan bahan sisa atau hasil dari sebuah kegiatan maupun proses produksi. Baik itu, pada skala yang kecil seperti usaha rumah tangga hingga skala besar sekalipun seperti halnya industri, pertambangan, dan lain sebagainya.

Limbah tersebut tidak hanya berbentuk cair saja, melainkan juga berbentuk gas dan padat. Bahan sisa yang sering kita sebut sebagai B3 ini adalah bahan yang berbahaya dan juga beracun.

Maka dari itulah, limbah atau bahan sisa ini menjadi perhatian kita bersama. Demi kepentingan bersama, tentu saja kita tidak boleh abai begitu saja

Jenis Limbah B3

Pada dasarnya, limbah ini terdiri dari berbagai jenis. Berdasarkan PP Nomor 101 Tahun 2014, limbah tersebut dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut.

Berasal dari Sumber Spesifik

Berbagai macam limbah dengan sifat berbahaya yang berasal dari kegiatan utama industri merupakan kategori limbah jenis ini atau sumber spesifik. Misalnya saja seperti pelarut terhalogensi, antara lain klorobenzena dan juga metilen klorida.

Sedangkan untuk pelarut yang tidak terhalogensi antara lain seperti asam fosfat, asam sulfat, natrium hidroksida, nitrobenzena, aseton, dan juga toluena. Bahkan limbah seperti aki bekas dan bahan sisa laboratorium juga termasuk ke dalamnya.

Berasal dari Sumber Tidak Spesifik

Jenis limbah B3 lainnya yakni berasal dari sumber yang tidak spesifik. Limbah ini juga berasal dari kegiatan industri.

Bedanya, limbah jenis ini bukan berasal dari kegiatan utama industri. Namun, asalnya dari kegiatan sampingannya. Seperti berasal dari pemeliharaan alat, pengemasan, pencucian, pelarutan keran, dan lain sebagainya.

B3 yang Telah Kadaluwarsa, Tumpah, dan Bekas Kemasan B3

Limbah yang tumpah maupun bekas kemasan B3 termasuk ke dalam jenis limbah yang satu ini. Adapun contoh limbah tersebut antara lain adalah gas flour, endrin, barium sianida, karbon disulfida, tembaga sianida, dan lain sebagainya.

Pengolahan Limbah

Saking banyaknya jenis limbah ini, tentu saja dalam pengolahannya tidak bisa sembarangan. Demi mendapatkan penanganan dengan hasil terbaik, anda bisa mempercayakannya kepada perusahaan pengolahan limbah B3 dengan layanan terlengkap.

Pengolahan limbah ini merupakan proses untuk menguraikan dan/atau menghilangkan sifat berbahaya dan sifat beracun tersebut. Sehingga nantinya tidak akan memberikan dampak yang buruk dan merugikan terhadap lingkungan kita.

Pengolahan limbah ini membutuhkan berbagai proses tertentu yang terukur dan sistematis. Selain itu, dalam menjalankan proses tersebut harus besertakan izin yang jelas.

Oleh karena itulah, anda bisa menggunakan jasa pengangkutan limbah B3 di Jakarta. Dengan menggunakan jasa ini, anda akan mendapatkan laporan alur limbah yang sistematis. Selain itu, juga menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan memiliki izin secara jelas. Sehingga hasil pengolahan limbah yang anda butuhkan sesuai dengan harapan.

You may also like