Contoh Alternatif CAD Selain AutoCAD, Salah Satunya ZWCAD

by Mujahid Sahroni
alternatif CAD

Dikenal karena kompatibilitas yang kuat dan sebagai aplikasi standar untuk desain berbantuan komputer, Autodesk AutoCAD mendukung beragam format file. Padahal ada alternatif CAD lain yang mendukung pembukaan file .dwg yang menyimpan data 2D dan 3D dengan fitur yang serupa dan harga yang lebih terjangkau.

Karena AutoCAD adalah perangkat lunak berbayar, Anda mungkin ingin melihat banyak alternatif lain yang tersedia. Selain itu, meskipun AutoCAD tersedia pada sistem operasi desktop dan seluler yang paling populer, AutoCAD tidak memiliki klien berbasis Linux.

 

ZWCAD

Sebagai alternatif CAD nomor satu di daftar ini, perangkat lunak ZWCAD adalah alat CAD yang sangat andal dan kuat karena mampu memenuhi kebutuhan desain 2D/3D dan industri penyusunan, termasuk arsitektur, teknik, konstruksi (MEA), mekanik, elektronik, dan lainnya yang membuat gambar CAD.

Berkat teknologi pemrosesan multi-core, kinerja ZWCAD 2020 tidak akan mengecewakan Anda. ZWCAD 2020 menyediakan antarmuka Classic dan Ribbon yang sudah dikenal. Dengan perintah CAD serupa, Anda dapat menggunakan ZWCAD segera tanpa biaya belajar ulang.

 

FreeCAD

FreeCAD adalah pemodel 3D CAD parametrik tujuan umum. Pengembangan sepenuhnya Open Source (Lisensi LGPL). FreeCAD ditujukan langsung pada teknik mesin dan desain produk tetapi juga cocok dalam berbagai kegunaan yang lebih luas di sekitar teknik, seperti arsitektur atau spesialisasi teknik lainnya. FreeCAD menampilkan alat yang mirip dengan Catia, SolidWorks atau Solid Edge, dan karenanya juga masuk dalam kategori MCAD, PLM, CAx, dan CAE.

 

DraftSight

DraftSight adalah alternatif CAD 2D kelas profesional dan terbuka untuk pengguna yang menginginkan cara yang lebih baik untuk membaca, menulis, dan berbagi file DWG. DraftSight mudah digunakan dan tersedia bagi pengguna CAD profesional, siswa, dan pendidik untuk mengunduh dan mengaktifkan secara gratis. * Berdasarkan arsitektur canggih, DraftSight memiliki jejak kecil, perlu waktu kurang dari beberapa menit untuk mengunduh, dan berjalan pada banyak operasi sistem, termasuk Windows XP®, Windows Vista® dan Windows® 7.

 

LibreCAD

LibreCAD (awalnya QCad lalu CADuntu) adalah alternatif CAD 2D open source untuk Windows, Apple dan Linux. Ini didasarkan pada Qt, yang merupakan aplikasi lintas platform dan kerangka pengembangan UI terkemuka. LibreCAD dapat membaca file DWG (dan lainnya) pada build Nightly terbaru. Ini menulis file DXF, tetapi juga dapat mengekspor SVG, JPG, PNG, PDF dan file lainnya.

 

BricsCAD

BricsCAD solusi desain CAD all-in-one pertama di .dwg yang menjawab semua kebutuhan Anda; Penyusunan 2D, pemodelan 3D, desain mekanis, dan BIM. Rangkaian produk BricsCAD® menghadirkan alternatif CAD multi-platform yang hemat biaya untuk Windows, macOS, dan Linux. BricsCAD tersedia sebagai lisensi permanen & lisensi langganan abadi, untuk komputer yang jaringan atau berdiri sendiri. Anda juga dapat menambahkan All-In Maintenance untuk kemudahan menjaga informasi terbaru.

You may also like