Cara Untuk Menghemat Biaya Kuliah

by Mujahid Sahroni
Cara Untuk Menghemat Biaya Kuliah

Setelah menyelesaikan pendidikan pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) ada dua pilihan yang bisa kamu ambil. Pilihan pertama adalah bekerja di suatu tempat dan pilihan kedua adalah melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jika kamu memilih untuk melanjutkan ke perguruan tinggi maka memerlukan beberapa persiapan. Persiapan dari segi materi belajar hingga persiapan uang kuliah. Jika kamu ingin melanjutkan ke UPH maka persiapan pertama adalah mengetahui jadwal pendaftaran UPH dan hal terkait lainnya.

Pentingnya Menghemat Biaya Hidup Saat Kuliah

Bagi mahasiswa khususnya mereka yang jauh dari tempat tinggal atau biasa dikenal dengan mahasiswa rantau, harus terbiasa dengan keadaan awal bulan dan akhir bulan. Keadaan awal bulan adalah hari-hari awal atau minggu-minggu awal setelah masuknya uang bulanan. Sedangkan untuk akhir bulan ini adalah tanggal tua dimana kondisi keuangan semakin menipis. Pentingnya menghemat biaya hidup ini adalah agar kamu tidak perlu lagi merasakan tanggal tua yang sulit. Jika memiliki tabungan atau berhemat dari awal maka kamu dapat menikmati akhir bulan dengan aman.

TIPS Menghemat Biaya Kuliah

Setelah kamu lulus dari SMA dan ingin mendaftar ke perguruan tinggi di tahun 2020 ini tentunya harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai pendaftaran kuliah 2020. Salah satu informasi penting yang tak bisa dilewatkan adalah informasi mengenai biaya kuliah. Biaya kuliah di setiap perguruan tinggi berbeda-beda dari yang terjangkau hingga yang sulit dijangkau. Namun ada beberapa tips untuk dapat menghemat biaya kuliah yang akan kamu bayarkan ke perguruan tinggi pilihanmu. Apa sajakah tips untuk menghemat biaya kuliah? Berikut akan diulas mengenai beberapa tips dalam menghemat biaya kulah.

  • TIPS pertama adalah masuk kuliah melalui jalur beasiswa. Cara ini merupakan cara yang paling dapat membantu. Pasalnya selain kamu tidak perlu membayar uang kuliah, kamu juga akan mendapatkan uang saku setiap bulannya. Besaran beasiswa berbeda-beda bergantung dengan jenisnya. Untuk kamu yang tidak bisa masuk jalur beasiswa maka setelah sudah menjadi mahasiswa dapat mendaftarkan beasiswa yang ada. Sehingga jika diterima maka kamu tidak perlu membayarkan uang semester berikutnya.
  • TIPS kedua adalah menabung. Menabung menjadi salah satu cara yang juga sangat ampuh. Walaupun kamu sudah berhasil mendapatkan beasiswa namun bukan berarti kamu bisa menghabiskan uang dengan mudah. Tabunglah uang yang kamu miliki. Tabungan ini berguna untuk mengatasi masa sulit kamu saat akhir bulan yang pahit datang. Tabungan ini juga menjadi dana darurat untuk mu jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.
  • TIPS ketiga adalah belajar mengatur keuangan sendiri. Pisahkan antara biaya untuk kebutuhan pribadi dan biaya untuk kebutuhan pendidikan. Utamakan biaya untuk pendidikan terlebih dahulu, usahakan untuk memisahkan pada amplop atau tempat yang berbeda. Setelah itu untuk biaya sehari-hari atau sisa dari biaya pendidikan juga pisahkan menjadi tiga kategori yaitu primer, sekunder, tersier. Hal ini bertujuan agar uang bulanan tidak mudah habis karena membeli keinginan bukannya kebutuhan.
  • TIPS keempat adalah bekerja freelance. Menjadi freelancer ini sangat cocok untuk mahasiswa, khususnya sebagai seorang penulis lepas. Dapat menambah uang jajan dengan pekerjaan yang fleksibel.

Nah itulah tadi beberapa tips yang perlu kalian perhatikan untuk menghemat biaya pendidikan. Mendaftar kuliah secara online juga dapat membantu menghemat biaya kuliah, yaitu dengan mengunjungi goKampus. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kamu yang baru ingin mendaftarkan diri menjadi mahasiswa.

You may also like