Cara Pemupukan Eco Farming untuk Kelapa Sawit

by Mujahid Sahroni
Cara Pemupukan Eco Farming untuk Kelapa Sawit

Eco farming merupakan salah satu metode pertanian yang sangat cocok dilakukan di Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki iklim tropis dan merupakan negara agraris dengan lahan pertanian yang sangat luas. Cara pemupukan eco farming juga terbilang cukup mudah, terutama pada tanaman kelapa sawit.

Proses pemupukan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil budidaya dan kualitas kelapa sawit yang dihasilkan. Teknik pemupukan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi pada tanaman. Untuk Anda yang masih bingung bagaimana cara pemupukan eco farming untuk kelapa sawit yang benar, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Pemupukan Eco Farming untuk Kelapa Sawit

Sebelum mulai melakukan pemupukan, petani terlebih dulu harus melalui tahap pra-pemupukan antara lain buka-bersih piringan, pembuatan pasar pikul, dan juga pembersihan gawangan. Setelah itu, baru bisa dilakukan pemupukan pada tanaman kelapa sawit. Berikut ini adalah penjelasan tentang pemupukan eco farming untuk kelapa sawit yang perlu Anda perhatikan.

  1. Tepat Jenis

Jenis pupuk yang akan digunakan untuk kelapa sawit harus sesuai dengan kebutuhan tanaman agar tetap menjaga kandungan unsur haranya.

  1. Tepat Dosis

Dosis atau takaran pupuk yang digunakan wajib disesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tanaman kelapa sawit.

  1. Tepat Waktu

Pupuk harus diberikan sesuai dengan waktu pertumbuhan dan musim kelapa sawit karena akan berkaitan dengan ketersediaan air di kebun.

  1. Tepat Cara Aplikasi

Pupuk harus diaplikasikan sesuai dengan bentuk, jenis, serta metode pemupukan untuk kelapa sawit supaya lebih efisien dari segi waktu, tenaga kerja, dan biaya.

  1. Tepat Sasaran

Pengaplikasian pupuk dapat dilakukan pada ujung terluar dari piringan jika sasarannya adalah tanah. Namun, jika sasarannya adalah penyemprotan pada daun, maka bagian yang diberi pupuk adalah bagian bawah daun yang memiliki banyak stomata.

Pengaplikasian Pupuk Eco Farming untuk Kelapa Sawit

Adapun pengaplikasian pupuk eco farming untuk kelapa sawit yang berumur lebih dari empat tahun adalah sebagai berikut.

  1. Untuk proses penyemprotan lahan sebanyak 6 tube yang sudah dilarutkan dengan air larutan eco farming. Dosis aplikasi standar untuk lahan adalah 20-50 ml per tangki dengan kapasitas 15-20 liter. Waktu penyemprotan bisa dilakukan saat pagi atau sore hari dan hanya pada bagian piringan atau gawangan tanaman kelapa sawit saja.
  2. Untuk proses penyemprotan lahan sebanyak 4 tube yang sudah dilarutkan dengan air larutan eco farming, maka bisa dibagi menjadi 4 kali tahapan penyemprotan dengan waktu sekitar jam 7-19 ketika stomata daun tanaman kelapa sawit sedang terbuka. Pengaplikasian pupuk yang tepat adalah di bagian bawah daun tanaman kelapa sawit.

Demikian penjelasan tentang cara pemupukan eco farming untuk kelapa sawit yang perlu Anda ketahui. Saat akan mengaplikasikan pupuk pada tanaman, pastikan dosis dan sasarannya sudah tepat agar proses penyerapan pada tanaman bisa lebih maksimal.

You may also like